Berita Utama

7 Sayur yang Bagus Untuk Asam Urat, Jenisnya Terbatas!

Pilihan sayur yang bagus untuk asam urat ini tidak banyak. Kebanyakan jenis makanan memiliki kandungan asam urat tinggi. Penderita memang harus selektif dan disiplin menjauhi pantangan yang dianjurkan dokter agar asam urat tak kambuh.

Namun penderita asam urat tetap bisa menjalankan pola makan sehat, dengan mengkonsumsi sayuran. Ada beberapa sayur dengan kandungan kadar asam urat rendah. Tak hanya bermanfaat mencegah, ada juga yang bisa menurunkan asam urat yang tinggi, diantaranya:

1. Kentang

Pada posisi teratas, sayur yang bagus untuk asam urat adalah kentang. Selain mengandung kalium, selenium, magnesium, zat besi, juga fosfor, kentang mengandung vitamin C yang mampu menekan kadar asam urat.

Kandungan vitamin B6 di dalamnya memiliki efek anti radang yang bisa digunakan untuk meredakan nyeri dan bengkak akibat asam urat. Pilih mengolah kentang, dengan mengukus atau merebusnya, daripada menggorengnya.

2. Tomat, Terong, dan Timun

Tiga jenis sayuran yang memiliki banyak biji didalamnya ini, memiliki kadar asam urat yang rendah. Kandungan zat likopen, tembaga, magnesium, fosfor, kalium, mangan, thiamin, juga vitamin A, B6, C, dan K di dalam ketiganya mampu mengontrol kadar asam urat.

Manfaat lain mengkonsumsi tomat, terong, atau timun adalah mencegah kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mengeluarkan kolesterol atau lemak yang menumpuk.

3. Wortel dan Lobak

Berasal dari golongan yang sama, kedua sayuran ini direkomendasikan untuk penderita asam urat. Selain rasa wortel dan lobak yang menyegarkan, namun juga memiliki berbagai kandungan.

Kandungan tersebut diantaranya: zat besi, asam folat, tembaga, mangan, magnesium, dan fosfor, ada juga vitamin A, B8, C, dan K. Antioksidan dari wortel dan lobak membantu mengeluarkan asam urat, juga meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Seledri

Seledri mengandung zat besi, fosfor, seng, kalium, tembaga, natrium, kalium, kalsium, magnesium, juga vitamin A, D, E, K, dan C. Luteolin dalam seledri bermanfaat menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh.

Seledri yang sering ditambahkan dalam sup atau campuran jus akan menurunkan darah tinggi, kolesterol, juga melancarkan peredaran pembuluh darah. Serta dapat mengurangi tekanan pada sendi.

5. Paprika

Sangat baik bagi penderita asam urat untuk mengonsumsi sayur yang kaya vitamin C karena dapat menurunkan tingkat asam urat. Mengkonsumsi paprika juga akan melindungi sel tulang rawan dan menjaga kepadatan tulang.

6. Bawang Bombai, Merah, dan Putih

Telah dibuktikan melalui penelitian bahwa ada kandungan kuersetin di dalam bawang yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Disulphine di dalam bawang juga bermanfaat meredakan inflamasi pada sendi, juga mengurangi enzim berbahaya untuk tulang rawan.

7. Pare

Pare yang juga dikenal dengan nama paria atau pepareh sering dimanfaatkan untuk bahan pangan dan pengobatan. Kandungan fosfor, besi, kalsium, kalium, zinc, folasan, juga vitamin A, E, B1, B3, B2, B9, C yang bermanfaat menurunkan asam urat.

Vitamin K di dalam pare juga bermanfaat mendistribusikan kalsium ke seluruh tubuh juga pembentukan protein osteokalsin untuk proses pengerasan tulang.

Bosan dengan pilihan sayur yang terbatas, jangan menjadi alasan penderita asam urat kompromi dengan makanan pantangan. Olahan sayur yang bagus untuk asam urat tersebut dapat divariasikan dengan mengukus, merebus, menumisnya atau dapat juga dipanggang.

Dianjurkan bagi penderita asam urat untuk mencukupi cairan tubuh dengan minum sebelum merasakan haus berlebihan. Cairan yang cukup akan merangsang ginjal memproduksi urine untuk mengeluarkan kreatinin, kelebihan asam urat, dan juga limbah lainnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button