Berita Utama

Mengobati Batuk Pilek pada Bayi? Ini Dia Cara Aman Mengatasinya

Sebelum memutuskan pergi ke dokter, simak terlebih dahulu cara aman untuk mengobati batuk pilek pada bayi yang bisa dicoba di rumah. Masalah kesehatan ini sering terjadi, terutama pada musim perubahan cuaca atau saat mereka terpapar virus.

Batuk dan pilek pada bayi bisa menyebabkan kekhawatiran bagi orang tua. Namun dengan perawatan yang tepat, kendala kesehatan ini dapat diatasi dengan mudah. Berikut beberapa cara alami untuk mengobati batuk pilek pada bayi:

1. Memberikan Banyak Cairan

Orang tua harus memastikan bahwa bayi mendapat banyak cairan untuk membantu tubuhnya dalam melawan infeksi, sebab bayi yang mengalami batuk pilek biasanya kehilangan banyak cairan dari tubuh mereka, sehingga rentan dehidrasi.

Memberikan ASI atau formula dalam jumlah yang cukup sangat penting. Selain itu, memperbanyak air putih atau jus buah segar dapat membantu menggantikan cairan yang hilang. Memberi lebih sering akan lebih baik untuk mengontrol kadar cairan dalam tubuhnya tetap terjaga.

2. Menggunakan Pelembab Udara

Orang tua dapat menggunakan humidifier atau menyemprotkan udara ke dalam ruangan untuk membantu meningkatkan kelembaban di udara. Udara lembab dapat membantu mengurangi kekeringan di saluran pernapasan bayi, yang dapat membantu meredakan batuk pilek.

3. Menjaga Suhu Tubuh Bayi

Bayi yang mengalami batuk pilek mungkin lebih rentan terkena demam. Orang tua harus memastikan bahwa suhu tubuh bayi tetap stabil. Jika bayi demam, gunakan kompres dingin pada dahi atau bawah ketiak untuk membantu menurunkan suhu tubuh.

4. Kebersihan Menjaga Lingkungan

Selain mengobati batuk pilek pada bayi, orang tua harus memastikan bahwa lingkungan bayi selalu bersih dan bebas kuman. Bersihkan permukaan dan mainan dengan cairan pembersih yang aman untuk mengantisipasi infeksi virus yang dapat menyebar melalui udara.

5. Memijat bayi

Melakukan pijatan pada bayi dapat membantu memperlancar sirkulasi darah dan mengurangi kekakuan di dada. Pijat perlahan pada bagian dada, punggung, dan kaki bayi juga dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman dan meredakan batuk pilek.

6. Minyak Kayu Putih

Sejak dulu bahan alami dari minyak kayu putih dipercaya ampuh untuk meredakan batuk dan pilek pada bayi. Langkah pertama, siapkan kain bersih, lalu teteskan beberapa kali minyak kayu putih ke kain tersebut, simpan kain di dekat tempat tidur bayi.

Aroma dari minyak kayu putih akan membantu membersihkan saluran pernapasan bayi dan meredakan gejala batuk pilek, selain itu rasa hangat dari minyak kayu putih juga bisa memberikan rasa nyaman pada saluran pernafasannya.

7. Jus Bawang Putih

Dalam kandungan bawang putih yang memiliki senyawa allicin bisa membantu meredakan batuk pilek pada bayi. Caranya, haluskan dua siung bawang putih, lalu tambahkan sedikit air. Kemudian saring jus bawang putih dan tambahkan sedikit madu.

Orangtua bisa memberikan jus ini sebanyak 1-2 sendok teh setiap kali bayi mengalami batuk pilek, perlu diperhatikan kebersihan alat yang akan digunakan untuk meminimalkan bakteri yang dapat memperparah gejala batuk pilek.

8. Madu

Madu dikenal sebagai bahan alami yang efektif untuk meredakan batuk pilek pada bayi. Berikan 1 sampai 2 sendok teh madu murni setiap kali bayi mengalami batuk pilek. Madu membantu meredakan peradangan dan membersihkan saluran pernapasan bayi.

Namun perlu diingat bahwa bayi di bawah 1 tahun tidak dianjurkan diberikan madu karena dapat memicu risiko botulisme. Lebih baik, konsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli kesehatan untuk memastikan bahwa bahan alami tersebut aman dan sesuai untuk bayi.

Saat mengatasi batuk pilek pada bayi, penting untuk selalu memperhatikan kondisi kesehatan bayi. Jika gejalanya tidak kunjung hilang setelah beberapa hari, segera periksakan ke dokter. Terus memberikan perawatan yang tepat dan mencoba solusi alami yang aman, ya!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button