Berita Utama

Alasan Kenapa Perut Sering Kram Serta Cara Tepat Mengatasinya

Kram yang terasa pada perut memang menjadi hal yang sangat tidak nyaman. Terlebih lagi jika kram terjadi cukup sering. Tentunya perlu diketahui alasan kenapa perut sering kram agar bisa diatasi segera agar tidak semakin parah.

Alasan dari kram perut yang sering muncul perlu diketahui terlebih dahulu karena penanganan kram pada perut juga harus disesuaikan dengan penyebabnya. Berikut ini merupakan beberapa alasan kenapa perut sering kram serta cara mengatasinya antara lain:

1. Terdapat Penumpukan Gas Dalam Perut

Kandungan gas yang berlebihan di dalam perut bisa saja menjadi penyebab kenapa perut sering kram. Adanya penumpukan gas di dalam perut ini lebih sering dikenal oleh orang Indonesia dengan istilah perut kembung atau begah.

Agar kram perut yang disebabkan karena penumpukan gas di dalam perut ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang menghangatkan perut. Selain itu, bisa juga ditambah dengan menghindari kegiatan di ruangan terbuka terlalu lama.

2. Otot Perut Yang Tegang

Kram perut juga bisa terjadi karena otot perut yang tegang. Otot perut yang tegang biasanya terjadi karena melakukan olahraga yang melatih kekuatan otot perut terlalu sering sehingga akan memicu otot perut yang tegang.

Ketika menyadari bahwa kram perut yang dirasakan disebabkan karena olahraga otot perut terlalu sering maka segeralah hentikan sejenak kegiatan tersebut. Setelah dirasa kram perut sudah pulih, bisa kembali melakukan olahraga tersebut dengan intensitas yang sesuai.

3. Sembelit

Ketika tubuh kekurangan asupan serat yang cukup maka bisa menyebabkan sembelit. Saat sedang mengalami sembelit pasti buang air besar menjadi lebih membutuhkan tenaga yang membuat perut menjadi tertekan sehingga dapat memicu kram pada perut.

Untuk mengatasi kram perut yang disebabkan karena sembelit maka harus bersabar dan tidak menekan perut terlalu keras ketika buang air besar. Jika dirasa sembelit sudah sangat tidak nyaman bisa menggunakan obat pemicu buang air besar.

4. Kurangnya Cairan Dalam Tubuh

Cairan adalah zat yang paling penting dalam tubuh karena dalam tubuh manusia membutuhkan banyak cairan. Jika tubuh kekurangan cairan akan mengakibatkan beberapa masalah pada tubuh yang salah satunya adalah kram yang terjadi pada perut.

Menjaga tubuh tetap mendapatkan cairan dalam jumlah banyak dan cukup akan membawa manfaat yang sangat besar bagi tubuh. Banyak minum air putih sangat dianjurkan tidak hanya untuk mencegah kram perut namun juga menjaga kesehatan tubuh.

5. Iritasi Pada Usus Besar

Tidak semua kram pada perut bisa dianggap enteng begitu saja. Jika intensitas kram yang dirasakan cukup sering, bisa saja itu karena ada iritasi pada bagian usus besar. Jika demikian, hendaknya cepat periksa ke dokter.

Kram pada perut yang disebabkan karena adanya iritasi pada usus besar akan lebih dianjurkan untuk mengikuti saran dokter. Dokter bisa saja memberikan obat ataupun memberitahukan makanan apa yang seharusnya dihindari untuk sementara waktu.

6. Hipokalemia

Tubuh yang kekurangan kandungan Kalium atau Potasium di dalam darah disebut dengan kondisi Hipokalemia. Ternyata kondisi Hipokalemia bisa juga ditandai dengan adanya kram pada perut yang sering muncul.

Kram perut tidak menjadi satu-satunya gejala dari Hipokalemia ini. Jika ternyata kram perut yang sering terjadi disertai dengan rasa lemas hingga jantung berdebar-debar maka cepat ke dokter untuk memastikan apakah benar terjadi Hipokalemia.

Alasan kenapa perut sering kram yang telah dibahas di atas hanyalah sedikit dari banyaknya hal yang bisa membuat perut sering kram. Jika kram perut dirasa terlalu sering maka sebaiknya langsung saja memeriksakan diri ke dokter.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button