Berita Utama

4 Cara Atasi Sariawan pada Tenggorokan Serta Penyebabnya

Memiliki sakit sariawan pada tenggorokan memang cukup mengganggu dan menyakitkan. Sariawan yang muncul di tenggorokan akan menghambat pencernaan dan mengurangi nafsu makan.

Untuk itu, perlu segera ditangani agar tidak lebih parah. Adapun berikut beberapa penyebab serta cara mengatasi sakit sariawan yang terjadi di area tenggorokan.

Penyebab Sariawan Pada Tenggorokan

Sakit sariawan dapat menyerang berbagai usia dari muda sampai tua dan di beberapa bagian seperti lidah, bibir bahkan tenggorokan. Penyebab dari sakit sariawan yang terjadi di tenggorokan juga cukup beragam, seperti berikut:

  • Mengkonsumsi makanan yang memiliki rasa terlalu pedas ataupun asam.
  • Adanya cedera mulut yang disebabkan perawatan gigi tidak tepat atau bisa juga karena tenggorokan mengalami benturan keras.
  • Menggunakan obat kumur yang tidak seharusnya dilakukan yakni yang mengandung zat iritan misalnya sodium lauryl sulfate.
  • Mengalami perubahan hormon saat terjadinya menstruasi pada Wanita.
  • Seseorang mengalami stress.
  • Kekurangan suatu nutrisi seperti seng, vitamin B12, zat besi, serta folat.
  • Terjangkit infeksi bakteri maupun virus yang menyerang tenggorokan.

Cara Mengatasi Sariawan Pada Tenggorokan

Ketika mengalami sariawan tentu menjadi kondisi yang tidak mengenakkan. Ada beberapa makanan yang tidak bisa dimakan, hingga kehilangan selera.

Terdapat beberapa penyebab yang telah dijelaskan sebelumnya. Namun, tidak perlu khawatir sebab ada beberapa cara mengatasinya seperti yang berikut.

1. Berkumur Menggunakan Air Garam atau Baking Soda

Untuk mengatasi sariawan, cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan berkumur menggunakan air garam atau larutan baking soda. Melakukan kumur dengan air garam akan membantu dalam mengurangi rasa sakit dan untuk mencegah sariawan makin parah.

Caranya, bisa dengan melarutkan 1 sendok teh garam dan dicampurkan ke dalam segelas air hangat. Kemudian, bisa lakukan kumur pada tenggorokan kurang lebih satu menit saja.

Lalu, buang bekas airnya, pastikan tidak menelan air kumur tersebut. Jika di rumah terdapat baking soda, maka bisa dicoba sama seperti air garam.

2. Meningkatkan Konsumsi Vitamin C

Timbulnya sariawan pada tenggorokan bisa disebabkan banyak hal, salah satunya kekurangan konsumsi vitamin C. Untuk itu, cara mengatasi sariawan bisa dengan menambah tingkat konsumsi vitamin C.

Biasanya, vitamin ini ada di dalam kandungan buah, seperti kiwi, jeruk, pisang, apel, serta paprika. Tentunya, dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan tersebut akan semakin membantu dalam penyembuhan.

Selain itu, bisa juga langsung memakan suplemen vitamin C. Namun, perlu diperhatikan tingkatan dosisnya, akan lebih baik jika mengkomunikasikan dengan dokter.

3. Mengkonsumsi Yoghurt

Kandungan pada yoghurt juga dapat membantu untuk menghilangkan sariawan yang terjadi dalam tenggorokan. Pasalnya, yoghurt mengandung probiotik baik yang mampu untuk mendorong produksi bakteri baik dalam mulut.

Dengan hadirnya bakteri baik tersebut akan membantu melawan virus atau bakteri jahat sariawan. Dengan demikian, sariawan akan lebih mudah sembuh dan menurunkan jumlah jamur jadi normal.

Untuk cara mengobatinya, bisa dengan minum satu sdt yoghurt. Lalu, yoghurt tersebut biarkan di dalam mulut kurang lebih 5 menit. Setelah itu, barulah menelannya.

4. Memakan Bawang Putih

Cara untuk atasi sariawan yang menyerang pada bagian tenggorokan bisa dengan mengobatinya menggunakan bawang putih. Hal ini karena, bawang putih mengandung sebuah zat allicin yang berguna untuk antijamur serta antivirus yang cukup kuat.

Untuk penerapan caranya bisa dengan mengunyah langsung bawang putih mentah. Cara ini bisa dilakukan satu atau dua kali dalam sehari. Namun, perlu diketahui konsumsi bawang putih akan menimbulkan bau pada mulut serta efek panas.

Demikian beberapa informasi mengenai penyebab sariawan pada tenggorokan serta cara mengatasinya. Jika mengalami sariawan tersebut, bisa dengan beberapa cara di atas untuk mengatasinya. Dijamin sariawan akan lebih mudah hilang dan lebih sehat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button