Berita Utama

Apa Penyebab Anus Gatal dan Ada Benjolan? Ini Jawabannya

Penyakit yang ada di bagian yang vital seperti anus bukanlah sesuatu yang bisa diabaikan begitu saja. Misalnya saja, muncul gejala yang mengkhawatirkan seperti anus gatal dan ada benjolan di bagian tersebut.

Sebenarnya secara sederhana, ada banyak penyakit yang memiliki gejala yang penting seperti anus yang gatal ini. Begitu pula dengan munculnya benjolan di anus yang gatal tersebut, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

1. Ambeien

Penyakit pertama yang menunjukkan gejala berupa anus yang dirasa gatal ini dikenal dengan nama ambeien. Penyakit ini juga bisa dibilang sangat populer saat ini, tak hanya menyerang generasi tua namun juga muda.

Biasanya gejalanya ditunjukkan dengan adanya benjolan yang ditemukan di dalam anus, tepatnya di liang rektum. Selain itu, gejala yang lainnya bisa ditunjukkan dengan adanya BAB berdarah dalam kurun waktu tertentu.

2. Kutil Anus

Kemudian ada penyakit yang lainnya yang dikenal dengan kutil anus yang jangan sampai diabaikan nantinya. Biasanya penyebab dari penyakit ini tak lain karena adanya infeksi dari virus yang bernama HPV.

Meski begitu, biasanya untuk ukurannya yang kecil tidak akan menimbulkan rasa nyeri atau keluhan lainnya. Tak heran jika banyak orang yang awalnya tidak merasa ada gejala dari kutil anus ini.

3. Kanker Anus

Jika mengalami masalah seperti anus gatal dan ada benjolan di situ, bisa saja kanker anus. Banyak orang yang sayangnya masih tidak tahu tentang penyakit ini apalagi stadium yang masih awal.

Tentu saja ada banyak faktor yang membuat penyakit kanker anus ini muncul di tubuh seseorang. Mulai dari kebiasaan yang suka menggonta-ganti pasangan untuk berhubungan seksual hingga mulai melakukan seks anal.

4. Fistula Ani

Masih terdengar asing, penyakit yang bernama fistula ani juga memiliki gejala seperti anus yang gatal. Selain itu, ada benjolan yang muncul di bagian tersebut yang biasanya terjadi karena adanya infeksi anus.

Bagian yang terinfeksi biasanya tak hanya anus, namun juga bagian rektum dan kulit yang ada di sekitarnya. Bahkan jika dibiarkan dalam waktu yang lama, benjolan yang ditemukan tersebut bisa membesar dan menimbulkan nanah.

5. Abses Perianal

Untuk yang mencari tahu penyebab anus gatal dan ada benjolan, mungkin karena penyakit abses perianal. Mungkin sudah pernah didengar sebelumnya, penyakit yang tergolong infeksi kulit ini biasanya dilengkapi dengan nanah.

Nanah tersebut ditemukan di daerah dekat anus dan tidak bisa dibiarkan saja tanpa pertolongan dari dokter. Selain itu, munculnya penyakit ini biasanya juga disebabkan oleh adanya infeksi bakteri yang ada di sana.

6. Kista Epidermoid

Selanjutnya, ada sebuah penyakit yang dikenal dengan nama kista epidermoid yang juga perlu diketahui sekarang. Penyakit ini juga biasanya muncul tak hanya di bagian anus, namun juga di area bokong.

Penyakit ini memang tidak memiliki sifat yang ganas seperti kanker namun bukan berarti bisa diremehkan. Apalagi biasanya penyakit ini juga muncul di beberapa tempat lainnya yang masih dekat alat kelamin.

7. Folikulitis

Terakhir, penyakit yang didahului dengan gejala seperti anus yang gatal dikenal juga dengan nama folikulitis. Penyakit ini biasanya berupa peradangan pada bagian rambut di kulit yang nanti menimbulkan benjolan yang merah.

Kondisi ini biasanya bisa memunculkan rasa gatal bahkan sampai nyeri di bagian yang merah tersebut. Tak hanya di bagian anus, masalah ini muncul juga di bagian bokong bahkan dada dan paha.

Demikian penjelasan untuk apa saja penyebab dari anus gatal dan ada benjolan yang sering terjadi. Ternyata gejala tersebut bisa menjadi tanda dari banyak penyakit mulai dari ambeien hingga kanker anus.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button