Berita Utama

5 Penyebab Kenapa Ada Benjolan di Ketiak yang Wajib Diketahui!

Sebagai salah satu organ vital di tubuh, ketiak perlu perhatian khusus dalam perawatannya. Terdapat beberapa kasus di mana muncul benjolan aneh di ketiak. Oleh karena itu, penting untuk menyimak kenapa ada benjolan di ketiak agar bisa mengatasinya.

Adapun terdapat banyak kemungkinan atas penyebab dari munculnya benjolan tersebut. Tentu tidak perlu khawatir dan tergesa-gesa untuk mencari tahu sebab dan cara mengatasi benjolan yang muncul di ketiak.

Di bawah ini, terdapat ulasan mengenai faktor penyebab mengapa bisa terdapat benjolan di ketiak. Hal ini kerap luput dari perhatian, padahal bisa saja munculnya benjolan adalah tanda yang berbahaya bagi tubuh. Simak ulasannya di bawah ini!

1. Akibat Gigitan Serangga

Seperti yang telah banyak diketahui sebelumnya, serangga seperti nyamuk dapat menimbulkan benjolan yang serius di area ketiak. Kondisi ini diakibatkan oleh gigitan  yang awalnya hanya berupa bintik merah mengembang menjadi benjolan karena kerap digaruk secara terus-menerus.

Oleh karena itu, penting untuk tidak menggaruk area yang digigit nyamuk secara berlebihan untuk menghindari  benjolan  di ketiak. Bekas gigitan di ketiak ini juga dapat ditangani dengan kompres dengan air hangat dan terus dijaga kebersihannya.

2. Adanya Peradangan Kelenjar Keringat

Apabila benjolan di sekitar area ketiak yang muncul terasa sakit saat ditekan, benjolan ini bisa disebabkan oleh peradangan kelenjar keringat. Ini biasanya dipicu oleh folikel rambut yang terinfeksi dan rambut yang tumbuh ke dalam kulit.

Selain selangkangan, paha, lutut, dan siku, ketiak juga merupakan area yang rentan gesekan, sehingga memperbesar kemungkinan untuk terbentuknya saluran nanah akibat peradangan. Tersumbatnya folikel rambut dan kelenjar keringat juga berkaitan dengan hormon dan respons sistem imun.

3. Terdapat Masalah Hormon

Baik bagi wanita maupun pria, terdapat kemungkinan bahwa munculnya benjolan di ketiak disebabkan oleh masalah yang berkaitan dengan hormon. Pembengkakan ini dipicu oleh produksi hipertiroid yang berlebihan sehingga memunculkan adanya benjolan di area ketiak.

Bagi wanita, penting untuk rutin mengecek area ketiak saat masa menstruasi agar tahu ada benjolan atau tidak. Perawatan khusus harus ditindak apabila pembesaran benjolan tersebut mengganggu aktivitas, tetapi apabila tidak, itu normal akibat pengaruh hormonal.

4. Munculnya Infeksi Jamur

Infeksi jamur yang mudah tumbuh di permukaan kulit yang hangat dan lembap dapat membuat adanya benjolan di ketiak. Benjolan berupa rasa gatal dan ruam ini disebabkan oleh jamur Candida yang tumbuh karena kulit ketiak mengalami iritasi.

Di samping infeksi jamur, infeksi bakteri seperti streptokokus atau stafilokokus hingga bakteri limfadenitis pada kelenjar getah bening juga riskan untuk menjadi penyebab kenapa ada benjolan di ketiak. Tindakan yang perlu dilakukan adalah rutin menjaga kebersihan.

5. Masalah Fibroadenoma

Penyebab selanjutnya mengapa muncul benjolan di ketiak adalah fibroadenoma atau tumor payudara jinak. Kendati bersifat non kanker, fibroadenoma perlu diwaspadai karena tidak terasa sakit dan dapat tumbuh dengan mudah di area ketiak dengan ukuran yang variatif.

Untuk mencegahnya, penerapan gaya hidup sehat dengan memperhatikan pola makan dapat dilakukan. Selain itu, pemeriksaan sejak dini diperlukan untuk mengidentifikasi langkah selanjutnya. Pada beberapa kasus, dibutuhkan pertimbangan guna menjalankan prosedur pengangkatan fibroadenoma melalui lumpektomi dan krioterapi

Demikian ulasan tentang kenapa ada benjolan di ketiak yang wajib diketahui beserta cara pencegahannya. Pasalnya, walaupun bersifat tidak berbahaya, pemeriksaan oleh dokter wajib dilakukan untuk mengetahui perawatan guna penghilangan benjolan di sekitar area tersebut.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button