Berita Utama

6 Cara Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami Bagi Penderita Awal

Asam urat merupakan penyakit medis yang penyebabnya berasal dari penumpukan kristal yang ada di dalam sendi, sehingga menyebabkan rasa sakit. Rasa sakit itu hingga pembengkakan, dan kekakuan. Meskipun ada obat-obatan yang tersedia untuk mengobati asam urat, beberapa orang mungkin memilih pendekatan alami untuk mengurangi gejalanya. Berikut ini akan dibahas cara menyembuhkan asam urat secara alami dengan benar.

Bagi yang sedang menjalani perawatan asam urat, maka perlu menyimak uraian ini sampai selesai. Berikut adalah beberapa cara alami yang dapat membantu untuk menyembuhkan asam urat:

1. Minum Banyak Air

Cara menyembuhkan asam urat secara alami adalah dengan minum banyak air. Dengan Minum banyak air, hal ini jadi sangat penting dalam menjauhi kadar asam urat yang tinggi, yang ada di dalam tubuh.

Air membantu meningkatkan volume urin, yang pada gilirannya membantu tubuh dalam mengeluarkan lebih banyak asam urat melalui proses buang air kecil. Dengan memperbanyak asupan air, maka dapat membantu mencegah pembentukan kristal asam urat yang menyebabkan peradangan dan rasa sakit di sendi.

2. Mengompres dengan Es

Cara penyembuhan berikutnya adalah dengan mengompres dengan es. Pengompresan area yang terkena asam urat dengan es dapat membantu meredakan rasa sakit dan peradangan.

Seperti yang diketahui es dapat membantu menyempitkan pembuluh darah di sekitar area yang terkena, mengurangi aliran darah dan meredakan pembengkakan serta nyeri. Kompress es dapat diterapkan secara berkala pada area yang terkena untuk memberikan bantuan yang cepat dan sementara.

3. Mengangkat Sendi yang Sakit

Selanjutnya mengangkat sendi yang terkena asam urat, hal ini dapat membantu mengurangi resiko tekanan pada sendi tersebut dan mengurangi rasa sakit. Dengan memberikan istirahat yang cukup pada sendi yang sakit, maka dapat membantu mengurangi sendi yang sedang meradang sehingga dapat membantu proses penyembuhan.

Selain itu jauhi dahulu aktivitas yang membebani sendi yang terkena selama periode peradangan untuk mencegah memperburuk kondisi.

4. Minum Air Lemon

Cara ampuh berikutnya adalah dengan minum air lemon. Air lemon memiliki sifat alkalis yang dapat membantu menetralkan asam urat dalam tubuh. Minum air lemon secara teratur dapat membantu mengurangi tingkat asam urat dan mencegah pembentukan kristal yang menyebabkan rasa sakit di sendi. Selain itu, vitamin C yang terkandung dalam air lemon ini juga dapat membantu dalam mengurangi peradangan.

Bagi penderita penyakit asam urat, dianjurkan untuk menyetok air lemon untuk diminum sehari harinya.

5. Konsumsi Seledri

Jangan lupa untuk rutin mengkonsumsi seledri. Seledri mengandung senyawa yang memiliki sifat antiinflamasi dan diuretik alami, yang dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan produksi urine untuk mengeluarkan asam urat dari tubuh.

Mengonsumsi seledri secara teratur dalam makanan atau jus dapat membantu mengurangi risiko serangan asam urat dan meredakan gejalanya.

6. Jauhi Alkohol dan Minuman Manis

Minuman manis dan Alkohol sangat berpotensi untuk meningkatkan risiko serangan asam urat. Alkohol dapat mengganggu kemampuan tubuh dalam mengeluarkan asam urat, sementara minuman manis dapat memicu produksi asam urat yang lebih tinggi.

Dengan menghindari konsumsi alkohol dan minuman manis, maka dapat membantu dalam menjaga kadar asam urat yang ada di dalam tubuh agar tetap stabil dan mengurangi kemungkinan serangan asam urat yang lebih lanjut.

Mengelola asam urat secara alami melibatkan perubahan gaya hidup serta pola makanĀ  yang sehat. Dengan mengikuti langkah-langkah seperti minum banyak air, mengonsumsi makanan sehat seperti seledri, dan menghindari faktor risiko seperti alkohol, dapat membantu mengurangi gejala asam urat dan meningkatkan kualitas hidup.

Namun, jika gejala parah atau tidak membaik dengan pengobatan alami, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk konsultasi lebih lanjut dan pengobatan yang sesuai. Demikianlah pembahasan mengenai cara menyembuhkan asam urat secara alami.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button