Berita Utama

7 Ciri Kuku Tidak Sehat yang Bisa Menandakan Suatu Penyakit

Kuku yang sehat adalah cermin dari kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, terkadang mengabaikan tanda-tanda kecil yang mungkin menandakan masalah kesehatan yang serius. Salah satu indikator yang sering diabaikan adalah ciri kuku tidak sehat. Pada uraian ini akan dibahas secara lengkap mengenai ciri kuku yang tidak sehat.

Bagi yang mengalami ciri ciri dibawah ini mungkin sedang tidak sehat dan segera mengobatinya. Adapun ciri kuku tidak sehat bisa disimak dibawah ini:

1. Kuku Terlihat Pucat

Ciri kuku tidak sehat pertama adalah kuku tampak pucat. Pandangan pertama ke kuku yang sehat akan mengungkap kemerahan yang berkilau, hampir seolah menggoda dengan kegelapan tipis di tepinya.

Tetapi perhatian ini bergeser ketika kuku memunculkan penampilan pucat, mengisyaratkan kondisi yang tak sehat.

Salah satu alasan untuk fenomena ini adalah kurangnya aliran darah menuju ujung-ujung tubuh kita. Anemia, misalnya, menandai ketiadaan protein pembawa oksigen dalam darah yang disebut hemoglobin (Hb), menjadi salah satu pemicu utama.

Komplikasi jantung juga mampu memudarkan kecantikan kuku dan ujung jari, karena hambatan pada fungsi pompa darah yang mengakibatkan distribusi yang tidak merata ke bagian-bagian tubuh terjauh.

2. Kuku Berwarna Putih

Selanjutnya kuku berwarna putih. Tak seperti kelelahan pucat, leukonikia menyampaikan pesannya dengan warna putih yang memenuhi bagian kuku atau menciptakan bercak-bercak pucat.

Meskipun bercak ini mungkin hilang dengan sendirinya, terkadang tanda ini berasal dari trauma atau dampak fisik lainnya pada kuku. Tapi, jika mereka bertahan, mereka menandakan kekurangan nutrisi atau bahkan infeksi jamur yang perlu diatasi.

3. Kuku Kebiruan

Kuku yang menunjukkan bayangan kebiruan memberi kita petunjuk keadaan tubuh yang kekurangan oksigen. Sama seperti kulit yang pucat, kuku biru menunjukkan keadaan darurat di dalam tubuh, seringkali disertai dengan sesak napas sebagai tanda-tanda kekurangan oksigen.

Jangan abaikan peringatan ini, karena kondisi seperti masalah paru-paru atau jantung bisa menjadi akar dari masalah ini.

4. Kuku Kekuningan

Warna kuning pada kuku bisa menjadi sinyal peringatan atas masalah kesehatan yang mendasarinya. Psoriasis, gangguan pernapasan, disfungsi tiroid, atau masalah hati adalah beberapa di antaranya. Jangan abaikan tanda ini, karena mengabaikannya bisa berakibat fatal.

5. Garis Hitam Pada Kuku

Garis hitam tegak lurus di atas kuku tidak boleh diabaikan. Ini bisa menjadi petunjuk awal adanya kanker kulit melanoma yang mematikan. Namun, dengan deteksi dini dan penanganan yang tepat, ada harapan untuk melawan penyakit ini.

6. Kuku Kering, Pecah-Pecah, atau Rapuh

Infeksi jamur pada kuku bisa menjadi biang keladi dari pecah-pecahnya dan perubahan warna menjadi kuning. Namun, ada juga gangguan pada bentuk kuku yang menunjukkan ketidakseimbangan dalam tubuh.

Penyakit tiroid sering dicurigai menjadi dalang di balik perubahan ini, ditambah dengan defisiensi nutrisi yang mungkin juga ikut campur.

7. Kuku Berbentuk Cakar

Lansia seringkali melupakan perawatan kuku mereka, dan hasilnya bisa dilihat dari tumpukan jaringan kuku yang tebal, melengkung, dan berganti warna menjadi kuning.

Ini adalah gejala jelas dari ketidaksehatan kuku yang terbentuk seperti cakar dan membutuhkan perhatian serius.

Itulah pembahasan mengenai ciri kuku tidak sehat. Pada pembahasan di atas tadi terdapat tujuh ciri kuku yang tidak sehat. Pada pembahasan di atas terdapat tujuh macam yang menyebabkan ciri kuku yang tidak sehat. Selain mengetahui ciri ciri diatas tentu jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan keseluruh badan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button