Berita Utama

7 Cara Mengatasi Muka Berminyak dengan Bahan Alami

Salah satu permasalahan wajah yang sering dialami yakni muka berminyak. Sebenarnya cara mengatasi muka berminyak dengan bahan alami ini bisa dilakukan dengan mudah.

Tentunya dengan muka berminyak, sebagian orang merasa kurang percaya diri dengan tampilannya. Oleh karenanya, mereka berupaya bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Sebenarnya hanya dengan memanfaatkan beberapa bahan alami saja sudah bisa menjadikan muka tanpa berminyak. Lantas sebenarnya bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya?

Untuk itu, dalam penjelasan kali ini akan diberikan uraian terkait dengan bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi muka berminyak hanya dengan menggunakan bahan alami. Berikut rangkaiannya:

1. Membersihkan Wajah dengan Rutin

Cara pertama dalam mengatasi wajah berminyak adalah dengan rutin mencuci wajah. Kegiatan mencuci wajah ini bisa membantu mengurangi kadar minyak di kulit. Disarankan untuk menggunakan sabun yang lembut, seperti sabun gliserin, dan menghindari sabun yang mengandung pewangi atau bahan kimia keras yang bisa menyebabkan iritasi kulit. Pastikan untuk mencuci wajah dua kali sehari.

2. Memanfaatkan Madu

Berkat sifat antibakteri dan antiseptiknya, madu mampu menghilangkan kelebihan minyak pada wajah dengan cepat. Selain itu, madu juga melembabkan kulit dan mengurangi produksi minyak secara alami. Madu dapat diaplikasikan langsung pada wajah atau dicampurkan ke dalam masker.

Untuk menggunakan madu sebagai solusi kulit berminyak, siapkan 2-3 sendok teh madu mentah. Pastikan tangan dan wajah sudah bersih dari debu dan kotoran. Dengan ujung jari, pijatkan madu mentah ke seluruh wajah. Biarkan selama 20-30 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

3. Menggunakan Sunscreen

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu penyebab utama kulit kusam, berminyak, dan berjerawat adalah paparan sinar UV matahari yang berlebihan.

Untuk mencegah hal ini, selalu lindungi kulit Anda dengan memakai sunscreen atau tabir surya, terutama saat melakukan aktivitas di luar ruangan.

4. Memanfaatkan Tomat

Berikut cara lain untuk mengatasi wajah berminyak, yaitu dengan menggunakan tomat. Kandungan asam dalam tomat mampu menyerap minyak berlebih pada kulit dan membuka pori-pori.

Asam salisilat yang ada dalam tomat berfungsi sebagai eksfolian alami yang membantu membersihkan racun, kotoran, minyak berlebih, dan sel kulit mati dari permukaan kulit. Cara alami menggunakan tomat untuk mengatasi wajah berminyak adalah dengan menempelkan irisan tomat langsung pada wajah atau menggunakannya sebagai masker wajah.

5. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat adalah salah satu cara mengatasi muka berminyak dengan bahan alami. Oleh karena itu, Anda bisa mengonsumsi makanan yang bermanfaat untuk kulit, seperti brokoli, alpukat, tahu, yoghurt, dan kacang-kacangan.

6. Menggunakan Pelembab

Menggunakan pelembab adalah langkah penting untuk mengatasi wajah berminyak. Meski banyak orang cenderung menghindari pelembab saat kulit mereka berminyak, sebenarnya pelembab tetap penting.

Memilih pelembab yang sesuai dapat memberikan manfaat untuk kulit berminyak. Pelembab yang bebas minyak dapat membantu menjaga kelembaban dan melindungi kulit tanpa menambah rasa berminyak.

7. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat astringent alami yang efektif untuk mengatasi kulit wajah berminyak. Gel lidah buaya mampu melembabkan dan meremajakan kulit tanpa menyebabkan kelebihan minyak.

Beberapa senyawa dalam lidah buaya memberikan efek menenangkan alami pada kulit. Dengan sifat anti-inflamasinya, lidah buaya dapat menenangkan kulit dan membantu penyembuhan jerawat yang sering muncul pada kulit berminyak.

Itulah uraian terkait dengan cara mengatasi muka berminyak dengan bahan alami. Tentunya dengan menggunakan beberapa metode yang telah disampaikan tersebut, maka wajah akan kembali normal dan lebih sehat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button