Berita Utama

6 Penyebab Tumbuh Sariawan di Lidah yang Harus Diwaspadai

Sariawan di lidah adalah hal yang sering terjadi. Meskipun umumnya tidak berbahaya, sariawan di lidah bisa menjadi indikasi adanya masalah kesehatan yang lebih serius. Lantas sebenarnya penyebab tumbuhnya sariawan di lidah apa saja?

Sariawan pada lidah bisa sangat mengganggu. Sensasi perih yang sering kali disebabkan olehnya dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan dan ketidaknyamanan saat berbicara.

Gejala sariawan pada lidah terlihat seperti luka atau lepuhan berwarna putih. Selain di lidah, sariawan juga dapat muncul di bagian dalam pipi, gusi, amandel, dan bahkan di bagian belakang tenggorokan.

Untuk itu, dalam penjelasan kali ini akan diberikan beberapa penyebab dari sariawan yang ada di lidah. Berikut beberapa diantaranya:

1. Kekurangan Asupan Vitamin B12 dan Zinc

Kekurangan nutrisi tertentu seperti vitamin B12 dan zinc dapat menjadi pemicu sariawan. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia yang salah satu gejalanya adalah sariawan pada lidah.

Sementara itu, kekurangan zinc dapat menyebabkan sariawan yang sudah ada kambuh kembali dan sulit sembuh. Selain itu, kekurangan zat besi, vitamin B9 (asam folat), dan vitamin B2 juga dapat menyebabkan terjadinya sariawan.

2. Mulut yang Terlalu Kering

Sariawan lidah dapat disebabkan oleh mulut kering (xerostomia) karena produksi air liur yang kurang mencukupi di dalam mulut. Kondisi ini umumnya terjadi pada individu yang mengalami dehidrasi.

Selain itu, kecemasan berlebihan, atau kurang menjaga kebersihan mulut. Perlu diketahui bahwa mulut kering juga dapat meningkatkan risiko pertumbuhan bakteri di dalam mulut yang berpotensi menyebabkan infeksi.

3. Lidah yang Tergigit

Penyebab tumbuh sariawan di lidah yang selanjutnya yakni dikarenakan lidah yang tergigit. Seperti yang telah diketahui bahwa lidah sariawan sering disebabkan oleh lidah tergigit secara tidak sengaja.

Hal ini bisa terjadi saat makan sambil berbicara atau terburu-buru. Gigitan tersebut dapat menyebabkan luka dan memicu timbulnya sariawan yang terasa nyeri di ujung lidah.

4. Karena Makan Makanan Tertentu

Sariawan di lidah bisa dipicu oleh jenis makanan tertentu, seperti makanan yang memiliki tekstur tajam atau keras seperti keripik. Selain itu, makanan yang terlalu asam atau pedas juga sering menjadi penyebab sariawan.

Hal ini karena dapat mengiritasi lidah dan jaringan lunak di dalam mulut. Akibatnya, iritasi ini dapat berkembang menjadi sariawan yang dapat sangat menyakitkan dan bahkan menyebabkan sensasi terbakar pada lidah, serta menurunkan nafsu makan penderitanya.

5. Terbentur Barang/Sesuatu

Sariawan pada lidah bisa disebabkan oleh trauma, seperti benturan saat menyikat gigi terlalu keras. Selain itu, gesekan antara lidah dengan gigi yang tajam, gigi palsu, atau behel juga dapat menjadi pemicu sariawan.

6. Penyebab Lain

Sariawan di lidah juga bisa disebabkan oleh masalah kesehatan spesifik yang terjadi di dalam mulut. Contoh kondisinya termasuk Pemphigus vulgaris dan Sindrom Sjogren.

Dimana, Pemphigus vulgaris ini merupakan suatu penyakit yang menyebabkan timbulnya lepuhan pada berbagai bagian tubuh termasuk mulut. Lepuhan ini mudah pecah dan berkembang menjadi luka yang mirip dengan sariawan. Kondisi ini mungkin dipicu oleh gangguan pada sistem kekebalan tubuh.

Sedangkan untuk sindrom Sjögren merupakan sebuah gangguan autoimun. Sehingga hal inilah yang dapat menyebabkan peradangan pada kelenjar air mata dan air liur, mengakibatkan mulut dan mata menjadi kering secara kronis.

Itulah beberapa penyebab tumbuh sariawan di lidah yang harus dihindari. Tentunya dengan memenuhi asupan makanan sehat ataupun vitamin C, tentu seseorang tidak akan mudah terkena sariawan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button