Berita Utama

5 Makanan Untuk Mengeringkan Luka Jahitan Agar Segera Sembuh

Pasien yang baru saja menjalani operasi perlu mengonsumsi makanan untuk mengeringkan luka jahitan dengan cepat. Ini karena makanan tersebut mengandung berbagai nutrisi yang dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

Sehingga merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru yang sehat. Akibatnya, luka jahitan akan cepat kering dan sembuh. Setelah operasi, fokus utama Anda adalah mempercepat penyembuhan luka dan pemulihan.

Pola makan yang baik dan cukup dapat membantu Anda mendapatkan kembali kekuatan dan pulih lebih cepat, sementara pola makan yang tidak memadai atau salah dapat menyebabkan malnutrisi, penyembuhan luka yang lebih lambat, dan peningkatan risiko infeksi.

Ada beberapa jenis makanan yang sangat bermanfaat setelah operasi untuk mendukung pemulihan dan penyembuhan. Secara umum, Anda mungkin akan membutuhkan lebih banyak kalori, protein, cairan, vitamin, dan mineral selama proses pemulihan. Berikut daftarnya:

1. Telur

Telur adalah sumber protein yang dapat diserap dengan mudah oleh tubuh. Protein memiliki peran vital dalam pembentukan jaringan kulit baru yang diperlukan untuk menutup luka.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Anesthesia and Analgesia pada tahun 2018, dianjurkan untuk mengonsumsi protein sebanyak 1,5 – 2 gram per kilogram berat badan setelah menjalani operasi.

Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses penyembuhan luka operasi.

Selain itu, telur juga mengandung nutrisi seperti vitamin A, vitamin B12, seng, zat besi, dan selenium, yang membantu mempercepat pengeringan luka.

2. Sayuran

Sayuran berdaun hijau seperti kangkung, bayam, sawi, dan pakcoy tidak hanya bermanfaat sebagai makanan penyembuh luka. Akan tetapi juga mengandung berbagai zat gizi yang dapat meredakan peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Kandungan vitamin C, mangan, magnesium, folat, dan provitamin A yang melimpah dalam sayuran-sayuran hijau ini sangat penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

3. Kedelai

Kedelai dikenal sebagai salah satu makanan untuk mengeringkan luka jahitan karena kandungannya yang kaya akan berbagai macam vitamin. Adapun vitamin tersebut seperti A, C, D, E, dan K, yang esensial untuk pembentukan jaringan baru.

Selain itu, kedelai juga meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatan kulit, serta merupakan sumber protein lengkap yang mengandung semua jenis asam amino esensial. Asam amino ini memainkan peran penting dalam pembentukan sel-sel baru, sehingga konsumsi kedelai atau produk olahannya dapat membantu dalam proses penyembuhan luka kulit.

4. Salmon

Daging ikan salmon mengandung berbagai nutrisi penting seperti protein, vitamin B, selenium, zat besi, seng, dan lemak omega-3.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam BMC Cancer (2017), lemak omega-3 yang terdapat dalam ikan salmon dapat mempercepat proses penyembuhan luka, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mengurangi peradangan.

Sebagai contoh, mengonsumsi sekitar 85 gram daging ikan salmon dapat memenuhi lebih dari 70% kebutuhan harian akan selenium, mineral yang berperan dalam mengatur peradangan dan respons imun.

Namun, bagi mereka yang akan menjalani operasi, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen minyak ikan.

5. Daging Ayam

Asam amino adalah komponen penting dari protein. Mereka berperan krusial dalam proses penyembuhan luka dan dukungan sistem kekebalan tubuh.

Daging unggas seperti ayam dan bebek kaya akan glutamin dan arginin, dua jenis asam amino yang mendukung pemulihan luka.

Penelitian yang dimuat dalam Advances in Wound Care (2014) menunjukkan bahwa glutamin dapat melindungi sel-sel jaringan dari infeksi pada luka.

Sementara itu, arginin membantu dalam pembentukan kolagen dan mempercepat proses penyembuhan luka. Karena tubuh cepat menghabiskan arginin, penting untuk meningkatkan asupan asam amino ini.

Itulah uraian terkait dengan beberapa makanan untuk mengeringkan luka jahitan yang bisa diketahui. Tentunya dengan mengkonsumsi makanan yang telah disebutkan secara wajar, maka luka jahitan akan segera sembuh.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button