Berita Utama

Cara Mengecilkan Lengan Tangan Secara Mandiri dan Mudah

Penumpukan lemak dapat terjadi di berbagai bagian tubuh, termasuk perut dan lengan atas. Penumpukan lemak di lengan dapat menyebabkan lengan menjadi kendur. Sebenarnya ada beberapa cara mengecilkan lengan tangan yang bisa dilakukan dengan mudah.

Adapun untuk mengatasi masalah ini, diperlukan olahraga khusus untuk mengecilkan lengan. Latihan khusus ini bertujuan untuk melatih otot lengan agar menjadi lebih kencang dan terlihat lebih kecil. Biasanya, olahraga untuk mengecilkan lengan fokus pada latihan otot bisep di lengan atas dan otot trisep di lengan bawah.

Mungkin selama ini Anda berpikir bahwa hanya dengan mengurangi asupan kalori atau melakukan olahraga kardio sudah cukup untuk mengecilkan lengan. Namun, meskipun aktivitas-aktivitas tersebut dapat menurunkan berat badan, belum tentu mereka dapat membuat lengan menjadi kecil dan kencang.

Penurunan berat badan akibat pengurangan kalori sering kali meninggalkan kulit yang kendur, termasuk di bagian lengan. Oleh karena itu, penting untuk melakukan olahraga khusus yang dirancang untuk mengecilkan dan mengencangkan lengan.

1. Push Up

Metode yang paling efektif untuk mengecilkan lengan adalah dengan melakukan push up. Mulailah dengan berbaring tengkurap, gunakan kedua tangan sebagai penopang dengan posisi tegak lurus terhadap lantai.

Pastikan kaki lurus sejajar dengan tubuh. Kemudian, turunkan tubuh ke arah lantai tanpa menyentuhnya dan kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan ini sebanyak 20-30 kali setiap hari.

2. Olahraga Angkat Beban

Olahraga ini merupakan latihan fisik yang efektif untuk mengecilkan lengan. Kamu hanya perlu menyesuaikan berat dumbel yang digunakan, misalnya 1,5 kg atau 3 kg.

Terdapat berbagai macam gerakan yang dapat dilakukan. Kamu bisa memulai dengan latihan angkat beban, mengangkat dumbel, lalu mengayunkannya ke lengan. Lakukan gerakan ini berulang kali selama 3 hingga 5 menit.

Untuk mengurangi lemak pada lengan bagian belakang sekaligus membentuk otot bahu, kamu bisa mengangkat satu dumbel dengan kedua tangan sejajar, lalu menurunkannya ke belakang bahu. Ulangi gerakan ini selama 3 hingga 5 menit. Untuk latihan ini, disarankan menggunakan dumbel berukuran 3 kg.

3. Skipping

Skipping atau lompat tali ternyata tidak hanya efektif untuk mengecilkan paha, tetapi juga dapat mengencangkan lengan. Kamu cukup melakukannya selama 5 menit setiap hari.

4. Plank

Plank merupakan latihan yang efektif untuk mengecilkan dan membentuk otot lengan. Saat melakukan plank, berat tubuh bertumpu pada lengan sehingga memaksa otot-otot lengan bekerja lebih keras, yang pada akhirnya membuatnya lebih cepat kencang dan terbentuk.

Sebagai alternatif, kamu bisa melakukan plank dengan menggunakan dumbbell atau hanya dengan telapak tangan. Penggunaan dumbbell bisa memberikan efek yang lebih signifikan pada otot lengan, terutama otot bagian atas, karena membutuhkan kerja yang lebih maksimal.

5. Memutar Lengan

Salah satu metode sederhana untuk mengecilkan lengan adalah dengan memutar lengan. Langkahnya adalah merentangkan kedua tangan ke samping, sejajar dengan bahu. Kemudian, lakukan gerakan melingkar ke arah depan dan belakang. Ulangi gerakan ini sebanyak 50 kali secara rutin.

6. Bench Dips

Anda bisa memanfaatkan meja atau kursi yang berat di rumah untuk membantu mengecilkan lengan. Caranya adalah dengan duduk di lantai, menghadap ke belakang, dan menggunakan tangan untuk memegang meja sebagai penopang. Luruskan kaki dan perlahan angkat bokong.

Mulailah gerakan dengan meluruskan tangan, lalu tekuk kembali tanpa menyentuh lantai dengan bokong. Ulangi gerakan ini sebanyak 30-35 kali secara rutin setiap hari.

Itulah uraian terkait dengan beberapa cara mengecilkan lengan tangan yang bisa dilakukan secara mandiri. Tentunya dengan melakukan beberapa cara yang telah disebutkan, lengan bisa kembali kecil dan normal.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button