Berita Utama

6 Manfaat Kentang Rebus, Ternyata Bisa Mengontrol Berat Badan

Kentang rebus sering digunakan sebagai alternatif nasi dalam program diet. Namun, manfaat kentang rebus tidak hanya terbatas pada penurunan berat badan. Ada banyak manfaat lain yang bisa Anda peroleh dengan memilih untuk mengolah kentang dengan cara direbus atau dikukus, daripada digoreng.

Jika Anda biasanya mengolah kentang dengan cara digoreng, cobalah merebusnya. Kentang rebus tidak mengandung lemak dan kolesterol, bahkan rendah kalori. Mengolah kentang dengan cara direbus juga membantu mempertahankan nutrisi kentang yang lebih banyak, sehingga Anda dapat merasakan lebih banyak manfaat dari kentang tersebut.

Penasaran apa saja manfaat dari kentang rebus bagi kesehatan tubuh? Untuk lebih jelasnya, simak beberapa uraian berikut ini terkait dengan manfaat dari kentang rebus bagi kesehatan:

1. Mengontrol Berat Badan

Banyak yang berpendapat bahwa mengganti nasi putih dengan kentang rebus dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Pendapat ini tidak sepenuhnya salah.

Kentang mengandung serat, protein, dan karbohidrat kompleks yang dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama. Hal ini membantu dalam mengendalikan nafsu makan. Selain itu, kentang rebus tidak mengandung lemak sehingga cocok untuk dikonsumsi saat sedang menjalani diet.

Namun, perlu diperhatikan pula bagaimana lauk pendamping kentang rebus disiapkan. Disarankan untuk menghindari pengolahan lauk-pauk dengan cara menggoreng atau menggunakan bahan berlemak agar tidak menambah kalori pada hidangan utama.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol yang tinggi merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Konsumsi kentang rebus dapat membantu mengontrol tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung.

Kentang rebus juga bebas kolesterol, sehingga tidak menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Hal ini menjaga aliran darah tetap lancar dan mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan.

3. Memperkuat Imunitas Tubuh

Kentang rebus kaya akan vitamin C dan antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi kentang rebus secara teratur dapat membantu tubuh tetap sehat dan melawan penyakit.

Namun, untuk memperoleh manfaat maksimal, penting juga untuk menjaga pola makan seimbang dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan bergizi.

4. Mengontrol Gula Darah

Kentang rebus mengandung karbohidrat kompleks dan antioksidan dengan kandungan yang cukup tinggi. Karbohidrat kompleks ini dicerna lebih lambat oleh tubuh, yang mengurangi risiko lonjakan kadar gula darah yang cepat.

Kentang rebus yang mengandung antioksidan juga dapat meningkatkan kinerja insulin dalam mengontrol gula darah, membantu mencegah resistensi insulin dan risiko diabetes.

Namun, penting untuk membatasi konsumsi kentang karena memiliki indeks glikemik yang tinggi. Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

5. Melancarkan Pencernaan

Kentang rebus mengandung pati dan serat yang berfungsi sebagai prebiotik, bermanfaat bagi kesehatan usus. Ketika mencapai usus besar, prebiotik ini menjadi sumber nutrisi bagi bakteri baik. Kehadiran bakteri baik ini penting untuk mencegah masalah pencernaan seperti sembelit dan diare, serta dapat meredakan gejala sindrom iritasi usus besar.

6. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kentang rebus, terutama yang masih berkulit, kaya akan kalium dan asam klorogenat yang berpotensi menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, kandungan natrium dalam kentang rebus juga rendah, sehingga dapat membantu mengontrol tekanan darah pada individu yang menderita hipertensi.

Itulah beberapa manfaat kentang rebus yang bisa dirasakan bagi yang mengkonsumsinya secara rutin. Namun tentu perlu diingat bahwa, jika mengkonsumsi kentang rebus ini sebaiknya disesuaikan dengan rekomendasi dari ahli gizi ataupun dokter yang bersangkutan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button