Berita Utama

Penyebab Perempuan Gampang Marah dan Menangis Saat Haid Serta Cara Mengatasinyauan Gampang Marah dan Menangis Saat Haid

Apakah kamu pernah merasa tiba-tiba bete atau menangis untuk hal-hal yang biasa, atau mendadak marah dan sangat sensitif saat mendekati jadwal menstruasi? Mungkin kamu mengalami mood swing PMS. Penyebab perempuan gampang marah dan menangis saat haid ini memang cukup beragam.

Mood swing saat premenstrual syndrome (PMS) adalah hal yang umum terjadi di minggu menjelang menstruasi. Penyebab pasti dari perubahan suasana hati ini belum diketahui. Namun, para ahli percaya bahwa mood swing saat PMS terkait erat dengan fluktuasi hormon selama menstruasi.

Selain itu, gejala PMS lainnya, seperti perut kembung, badan pegal, jerawat, dan nyeri payudara, juga bisa memperburuk suasana hati. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab dari kenapa perempuan mudah marah dan juga nangis ketika haid:

Penyebab Perempuan Gampang Marah dan Menangis Saat Haid

PMS atau Pre-menstrual Syndrome adalah kondisi alami yang dialami oleh setiap wanita. PMS merupakan gejala yang muncul secara rutin seiring dengan siklus menstruasi. Gejala ini mencakup tanda-tanda emosional dan fisik yang mempengaruhi wanita selama satu atau dua minggu sebelum menstruasi dimulai.

Gejala umum yang muncul selama fase PMS antara lain ketidakstabilan emosi seperti mudah marah, cepat lelah, berkurangnya konsentrasi, munculnya jerawat, sakit kepala, nyeri punggung, serta rasa tidak nyaman pada payudara dan kram perut.

Setelah fase ini, tubuh melepaskan sel telur yang menyebabkan kadar estrogen dan progesteron menurun. Pergeseran hormon ini dapat menimbulkan gejala fisik dan emosional.

Perubahan kadar estrogen dan progesteron juga berdampak pada kadar serotonin, neurotransmitter yang berperan dalam mengatur suasana hati, siklus tidur, dan nafsu makan. Kadar serotonin yang rendah dikaitkan dengan perasaan sedih dan mudah tersinggung, serta kesulitan tidur dan keinginan makan yang tidak biasa.

Dengan kata lain, perubahan hormon estrogen dan progesteron yang meningkat tajam selama menstruasi membuat wanita menjadi lebih sensitif dan mudah marah. Penurunan kadar serotonin juga berkontribusi terhadap perubahan suasana hati yang drastis.

Cara Mengatasi Moodswing Pada Perempuan Ketika Haid

Setelah mengetahui berbagai penyebabnya, langkah selanjutnya yang perlu diketahui yakni terkait dengan bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Berikut diantaranya:

1. Perbaiki Pola Makan

Cobalah untuk memperbaiki pola makan ketika mengalami perubahan suasana hati saat PMS. Kurangi konsumsi makanan yang tinggi garam, gula, dan lemak serta minuman berkafein dan beralkohol.

Makanan dan minuman ini dapat memperburuk masalah pencernaan, seperti kembung dan mual, yang membuatmu semakin tidak nyaman. Makanan tinggi gula, alkohol, dan kafein juga dapat memperparah perubahan suasana hati saat PMS.

2. Berolahraga Secara Teratur

Selain memberikan manfaat kesehatan secara umum, olahraga juga memiliki efek positif terhadap suasana hati dengan cara meningkatkan produksi hormon bahagia.

Pilihlah jenis olahraga yang kamu sukai, seperti bersepeda, berenang, atau berjalan kaki, sehingga kamu bisa melakukannya dengan konsisten setiap hari. Usahakan untuk berolahraga setidaknya selama 30 menit setiap kali.

3. Kelola Stres

Jika kamu merasa suasana hati berubah-ubah menjelang haid, cobalah melakukan beberapa aktivitas yang menyenangkan dan menyehatkan. Misalnya, meditasi, yoga, olahraga, pijat, atau berkumpul dengan teman-teman. Kegiatan-kegiatan tersebut juga dapat membantu mengelola stres.

4. Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Apabila gejala nyeri akibat PMS sangat mengganggu, fluktuasi suasana hati yang ditimbulkannya juga dapat semakin parah. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi obat pereda nyeri seperti naproxen, paracetamol, atau ibuprofen. Namun, pastikan penggunaan obat tersebut sesuai dengan rekomendasi dokter.

Itulah uraian terkait dengan penyebab perempuan gampang marah dan menangis saat haid. Dalam uraian ini, juga telah diberikan penjelasan terkait dengan bagaimana upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button