Berita Utama

6 Manfaat Buah Bengkoang Bagi Kesehatan Baik Luar dan Dalam Tubuh

Bengkoang, yang memiliki nama ilmiah Pachyrhizus erosus, termasuk dalam kategori umbi-umbian. Manfaat buah bengkoang bagi kesehatan sebenarnya cukup beragam.

Seperti yang telah diketahui bahwa, tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di Indonesia. Terutama di daerah yang memiliki iklim panas dan lembab, serta mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup.

Bengkoang memiliki kandungan air yang tinggi, dan juga kaya akan berbagai nutrisi seperti vitamin, protein, karbohidrat, kalium, magnesium, dan fosfor. Nutrisi-nutrisi ini memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Salah satu komponen penting dari bengkoang adalah serat, yang jumlahnya sekitar 5 gram per 100 gram bengkoang. Jumlah ini sudah memenuhi 10 hingga 15 persen dari kebutuhan serat harian yang disarankan.

Selain itu, bengkoang juga mengandung sejumlah kecil zat besi dan vitamin A serta B6. Semua nutrisi tersebut berkontribusi dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Untuk lebih jelasnya, dalam uraian ini akan diberikan beberapa penjelasan terkait dengan manfaat dari buah bengkoang yang bagus untuk tubuh. Berikut diantaranya:

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Bengkoang memiliki khasiat dalam memperlancar sistem pencernaan. Kandungan serat yang terdapat dalam bengkoang berperan penting dalam manfaat ini. Serat dapat melunakkan tekstur tinja, memudahkan proses pergerakan di dalam saluran pencernaan.

Di samping serat, kandungan air dan inulin yang ada dalam bengkoang juga turut berkontribusi. Kombinasi antara serat, air, dan inulin membantu mencegah serta mengatasi masalah sembelit.

2. Untuk Menurunkan Berat Badan

Selain memastikan asupan air putih yang cukup, pengguna juga disarankan untuk memasukkan buah-buahan dalam program diet mereka, salah satunya adalah buah bengkoang. Buah ini memiliki kandungan kalori yang tergolong rendah, yaitu sekitar 40 kalori per 100 gram.

Keberadaan bengkoang dalam diet dapat membantu menjaga rasa kenyang lebih lama, yang pada gilirannya dapat mendukung upaya penurunan berat badan. Buah ini dapat dinikmati langsung tanpa perlu dimasak terlebih dahulu.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Serat yang terkandung dalam bengkoang berperan penting dalam memelihara dan meningkatkan kesehatan jantung. Nutrisi ini berfungsi untuk mencegah dan mengurangi kadar kolesterol yang terakumulasi dalam aliran darah.

Selain itu, berbagai zat gizi yang terdapat dalam buah bengkoang juga mendukung kesehatan jantung. Cukupnya asupan serat dapat menghambat penyerapan kolesterol dan menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh, sehingga efektif untuk mengatasi masalah kolesterol tinggi.

4. Mencerahkan Kulit

Salah satu keuntungan utama dari bengkuang adalah kemampuannya dalam menjaga kesehatan dan memberikan kecerahan pada kulit. Jika merasa kulitmu tampak kusam, pertimbangkan untuk mencoba masker bengkoang.

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam bengkuang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat merawat kulit, membantu mencerahkan wajah, serta mencegah berbagai masalah kulit. Selain memanfaatkan bahan alami dari bengkoang, juga dapat menggunakan produk obat tradisional untuk mengatasi permasalahan kulit.

5. Membantu Pengobatan Diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit yang paling banyak dijumpai di Indonesia. Terdapat berbagai jenis diabetes, dengan diabetes tipe 2 menjadi yang paling umum. Penyakit ini muncul akibat pengurangan atau kekurangan sekresi insulin.

Selain itu, buah bengkoang mengandung allantoin, yang dapat membantu mengatasi stres oksidatif. Senyawa ini berpotensi meningkatkan fungsi hati, yang berperan dalam menjaga kadar insulin dan glukosa dalam tubuh.

6. Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi adalah keadaan di mana tubuh kehilangan sejumlah besar cairan. Idealnya, kadar air dalam tubuh berkisar antara 55 hingga 80 persen dari total berat badan. Namun, saat dehidrasi terjadi, volume serta tekanan darah akan mengalami penurunan.

Akibatnya, organ-organ vital dalam tubuh tidak menerima oksigen dan nutrisi yang cukup. Hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya syok hipovolemik, yaitu kondisi darurat yang disebabkan oleh kehilangan cairan tubuh.

Bengkuang, di sisi lain, adalah makanan yang mengandung lebih dari 85 persen air, sehingga efektif untuk mengatasi dehidrasi. Selain memberikan rasa kenyang berkat kandungan seratnya, umbi-umbian ini juga dapat membantu mencegah rasa haus dan menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Itulah uraian terkait dengan beberapa manfaat buah bengkoang bagi kesehatan. Tentunya dengan adanya berbagai manfaat ini, tak heran jika kini banyak yang ingin mengkonsumsi buah bengkoang untuk kesehatannya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button