Berita Utama

5 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami Agar Segera Membaik

Tingginya kadar kolesterol dapat menjadi penyebab berbagai penyakit serius, terutama yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah. Oleh karena itu, penting untuk waspada dan segera melakukan berbagai cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami jika kadar kolesterol dalam tubuh sudah melebihi batas normal.

Selain menggunakan obat-obatan yang direkomendasikan oleh dokter, kadar kolesterol tinggi juga dapat dikendalikan secara alami dengan melakukan perubahan pada pola makan dan gaya hidup.

Upaya untuk menurunkan kolesterol sebenarnya bisa dimulai dari langkah-langkah kecil, seperti menerapkan gaya hidup sehat dalam aktivitas sehari-hari. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh:

1. Rutin Berolahraga

Berolahraga adalah metode yang sangat efektif untuk menurunkan dan mempertahankan berat badan yang ideal. Selain itu, aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat serta meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Untuk menurunkan kolesterol jahat, disarankan untuk berolahraga selama minimal 30 menit setiap hari, lima kali dalam seminggu. Beberapa jenis olahraga ringan yang dapat dilakukan antara lain berjalan kaki, berenang, dan bersepeda dalam jarak dekat.

Namun, bagi individu yang memiliki masalah kesehatan tertentu, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai program olahraga. Ini karena beberapa jenis aktivitas mungkin tidak cocok untuk orang dengan kondisi medis tertentu.

2. Hindari Makanan Berlemak

Makanan yang mengandung lemak tinggi bisa menjadi ancaman bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya batasi konsumsi makanan berlemak, terutama makanan yang digoreng.

Sebagai alternatif, pilihlah makanan rendah lemak seperti ikan, ayam, daging sapi tanpa lemak, putih telur, kacang-kacangan, tahu, dan tempe. Pastikan untuk mengolah makanan tersebut tanpa menggorengnya.

3. Kontrol Berat Badan

Berat badan yang ideal sangat penting untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Individu yang memiliki kelebihan berat badan cenderung lebih mudah mengalami peningkatan kolesterol dalam tubuh. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan pola makan yang sehat guna menurunkan dan mempertahankan berat badan yang ideal.

4. Menghentikan Kebiasaan Merokok

Merokok berkontribusi pada peningkatan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh nikotin yang terdapat dalam rokok, yang dapat mengganggu transportasi kolesterol ke hati untuk disaring.

Akibatnya, kolesterol dapat menumpuk di dalam pembuluh darah, yang berpotensi menyebabkan penyumbatan dan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Selain itu, menghentikan kebiasaan merokok dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

HDL berfungsi untuk menghilangkan LDL dari darah dan membawanya kembali ke hati. Dengan cara ini, kadar kolesterol dalam tubuh dapat kembali ke level yang sehat.

5. Mengelola Stres

Salah satu cara untuk menurunkan kolesterol adalah dengan mengelola stres. Penelitian menunjukkan bahwa stres berkepanjangan dapat berdampak buruk pada kesehatan, termasuk meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam tubuh.

Saat seseorang mengalami stres, tubuh melepaskan hormon kortisol dan adrenalin, yang berpengaruh pada kadar kolesterol. Hormon-hormon ini memperbesar aliran darah ke otak.

Di satu sisi, ini memberikan tambahan energi karena kortisol meningkatkan kadar gula darah, yang berfungsi sebagai sumber energi. Namun, peningkatan ini juga dapat menyebabkan produksi trigliserida yang lebih tinggi, sehingga kadar kolesterol dalam tubuh meningkat.

Itulah uraian terkait dengan cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang bisa dilakukan. Sehinga kadar kolesterol tidak akan terlalu tinggi dan dapat terjaga untuk kedepannya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button