Berita Utama

6 Cara Mengatasi Mata Lelah Akibat Menatap Layar Gadget Agar Kembali Segar

Bagi pekerja kantoran, durasi yang lama menatap layar gadget seringkali menjadi penyebab utama mata terasa lelah. Sebenarnya cara mengatasi mata lelah akibat menatap layar gadget ini bisa dilakukan dengan beberapa metode.

Seperti yang telah diketahui bahwa, menghabiskan waktu berlama-lama di depan layar telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat modern. Baik pekerja kantoran, pelajar, mahasiswa, maupun ibu rumah tangga, semuanya tidak lepas dari penggunaan gadget, termasuk handphone (HP).

Namun, kebiasaan ini dapat menyebabkan kelelahan pada mata akibat terlalu sering melihat layar. Oleh karenanya, harus dibatasi agar tidak terjadi masalah yang serius.

Perlu diingat bahwa kelelahan mata tidak hanya berdampak pada penglihatan. Tetapi juga dapat menimbulkan masalah pada bagian tubuh lainnya, seperti nyeri di bahu, leher, serta sakit kepala.

Untuk itu, dalam penjelasan kali ini akan diberikan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mata lelah karena terlalu lama menatap layar gadget. Berikut diantaranya:

1. Kompres Mata dengan Air Hangat

Anda dapat merelaksasi mata yang lelah dengan menggunakan air hangat atau obat tetes mata. Metode ini dapat memberikan sensasi nyaman pada mata dan membantu mengurangi gejala iritasi yang disebabkan oleh kelelahan.

2. Jaga Jarak Pandang Mata ke Layar

Banyak individu mengalami kelelahan pada mata akibat menatap layar ponsel dari jarak yang terlalu dekat serta posisi layar yang tidak tepat. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan jarak pandang mata terhadap layar ponsel.

Untuk menjaga kesehatan mata, sebaiknya Pengguna menempatkan ponsel pada jarak yang cukup jauh, tidak terlalu dekat. Jarak yang dianjurkan adalah sekitar 60 cm, atau sejauh panjang lengan, dengan posisi layar sedikit lebih rendah dari tingkat pandangan mata.

3. Istirahatkan Mata

Berikan istirahat pada mata Pengguna setiap 20 menit dengan cara melihat objek yang berjarak 20 kaki selama 20 detik. Metode ini dikenal sebagai 20-20-20 dan dirancang untuk membantu mengurangi ketegangan pada mata. Dengan menerapkan cara ini secara rutin, mata Pengguna akan merasa lebih segar dan tidak cepat lelah.

4. Gunakan Kacamata Khusus

Terdapat jenis kacamata khusus yang dirancang untuk digunakan saat berinteraksi dengan ponsel. Kacamata ini dilengkapi dengan lensa yang dirancang untuk membantu mata berfokus pada jarak ideal saat menggunakan perangkat elektronik, termasuk smartphone.

Lensa tersebut dapat menyesuaikan fokus mata secara otomatis ketika melihat layar ponsel, baik dari jarak dekat, sedang, maupun jauh. Perlu dicatat bahwa kacamata dengan lensa khusus ini berbeda dari kacamata yang memiliki filter blue light.

5. Hindari Penggunaan Gadget Saat Gelap

Menggunakan gawai di ruangan yang gelap dapat meningkatkan ketegangan pada mata. Saat cahaya rendah, mata harus bekerja lebih keras untuk melihat layar, yang dapat menyebabkan kelelahan dan ketidaknyamanan.

Oleh karena itu, penting untuk menghindari penggunaan perangkat seperti smartphone, tablet, atau komputer dalam kondisi pencahayaan yang minim, terutama saat menonton film atau melakukan aktivitas yang memerlukan perhatian visual.

6. Gunakan Tetes Mata

Tetes mata yang tersedia tanpa resep dapat berfungsi untuk mencegah dan meredakan rasa sakit pada mata yang disebabkan oleh kekeringan. Penting untuk terus menggunakan tetes mata meskipun mata terasa normal. Ini bertujuan untuk memastikan kelembaban mata tetap terjaga dan mencegah gejala kembali muncul.

Itulah uraian terkait dengan beberapa cara mengatasi mata lelah akibat menatap layar gadget yang bisa dilakukan. Tentunya hal ini harusĀ  diimbangi dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan mata.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button