Berita Utama

7 Cara Mengatasi Perut Terasa Panas Setelah Makan Pedas Secara Alami

Rasa panas di perut setelah mengonsumsi makanan pedas dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi beberapa orang. Jika sering mengalami gejala ini, penting untuk memahami bagaimana cara mengatasi perut terasa panas setelah makan pedas.

Bagi banyak orang, menyantap makanan tanpa sambal terasa kurang memuaskan. Namun, mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan dapat menyebabkan perut terasa panas, disertai mulas, dan bahkan memicu frekuensi ke kamar mandi yang lebih tinggi akibat gangguan pencernaan.

Beruntungnya, tidak semua orang merasakan efek panas di perut setelah makan pedas. Masalah ini lebih cenderung terjadi jika Pengguna mengonsumsinya dalam jumlah yang terlalu banyak atau terlalu sering.

Namun jika mengalaminya, maka bisa simak uraian berikut ini terkait dengan bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi perut yang terasa panas setelah mengkonsumsi makanan pedas. Berikut diantaranya:

1. Menghindari Rokok dan Minuman Berkafein

Usai menikmati makanan yang pedas, penting untuk menjauhi kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol. Kebiasaan yang tidak sehat ini dapat melemahkan otot lambung, sehingga meningkatkan risiko naiknya asam lambung ke kerongkongan. Situasi ini dapat memperburuk rasa panas dan nyeri di perut yang mungkin muncul setelah makan pedas.

2. Mengkonsumsi Nasi/Roti

Mengonsumsi nasi atau roti merupakan salah satu cara untuk mengatasi ketidaknyamanan perut setelah menyantap makanan pedas. Meskipun tidak dapat sepenuhnya menghilangkan capsaicin, nasi atau roti dapat menyerap molekul senyawa tersebut, sehingga membantu meredakan sensasi panas di dalam perut.

3. Mengkonsumsi Madu

Cara mengatasi perut terasa panas setelah makan pedas yang selanjutnya, yaitu dengan mengonsumsi madu. Madu dapat menyerap minyak dari makanan pedas, sehingga membantu mengurangi sensasi panas di perut.

Selain itu, karena teksturnya yang kental, rutin mengonsumsi madu juga dapat berperan dalam menjaga keseimbangan asam lambung di dalam perut. Metode untuk mengonsumsi madu ini sangat mudah. Pengguna bisa langsung mengonsumsi satu sendok madu atau mencampurkannya ke dalam satu gelas air hangat.

4. Minum Teh Peppermint

Teh peppermint adalah minuman herbal yang diyakini efektif dalam meredakan rasa panas di perut setelah mengonsumsi makanan pedas. Kandungan senyawa dalam peppermint memiliki sifat antinyeri, yang dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan dan rasa panas di perut.

Selain itu, minuman herbal ini juga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan lainnya, termasuk sindrom iritasi usus besar (IBS), perut kembung, kram perut, serta mual dan muntah.

5. Minum Susu

Salah satu cara untuk mengatasi perut yang terasa panas setelah mengonsumsi makanan pedas adalah dengan mengonsumsi susu atau produk olahan susu lainnya. Kandungan protein kasein dalam susu dapat mengikat dan melarutkan capsaicin, zat yang menyebabkan sensasi panas dan terbakar di perut setelah makan makanan pedas.

6. Kompres dengan Air Hangat

Kompres hangat terbukti efektif dalam meredakan rasa panas di perut setelah mengonsumsi makanan pedas, karena dapat membantu otot perut menjadi lebih relaks. Namun, penting untuk memperhatikan suhu kompres hangat tersebut agar tidak terlalu panas, karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

7. Makan Alpukat dan Pisang

Konsumsi buah-buahan yang lembut dan bergizi, seperti pisang dan alpukat, saat perut Pengguna merasa tidak nyaman akibat makanan pedas dan berminyak. Tekstur lembut dari kedua jenis buah ini dapat membantu menetralkan capsaicin yang merangsang reseptor rasa sakit, sehingga dapat meredakan ketidaknyamanan dan sensasi panas di area perut.

Itulah uraian terkait dengan cara mengatasi perut terasa panas setelah makan pedas yang bisa dilakukan. Tentunya dengan melakukan beberapa hal ini, maka perut akan kembali sehat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button