Berita Utama

5 Rekomendasi Jus Untuk Diet, Cocok Bagi yang Ingin Cepat Kurus

Selain membantu menurunkan berat badan, diet yang tepat juga berfungsi untuk melindungi tubuh dari berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit jantung dan diabetes. Salah satu cara yang efektif adalah dengan mengonsumsi salah satu dari banyaknya rekomendasi jus untuk diet.

Untuk meningkatkan efektivitas program diet yang sedang dilakukan, ada beberapa jenis jus yang bisa dicoba. Mengonsumsi jus selama proses diet dapat membantu mengurangi keinginan untuk minuman manis yang mengandung banyak gula dan kalori.

Jus yang baik untuk diet biasanya terbuat dari buah-buahan atau sayuran. Pada dasarnya, semua jenis buah dan sayur memiliki manfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

Penasaran apa saja rekomendasinya: Berikut adalah beberapa jenis buah dan sayur yang disarankan untuk dikonsumsi saat diet, yang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian, termasuk vitamin, mineral, dan antioksidan, diantaranya:

1. Jus Nanas

Salah satu pilihan minuman yang baik untuk program diet adalah jus nanas. Ketika disiapkan tanpa tambahan gula, jus ini mengandung kalori yang rendah, sekitar 50 kalori untuk setiap 100 gram nanas, sehingga efektif dalam mendukung upaya menjaga berat badan yang sehat.

Selain itu, nanas kaya akan bromelain, senyawa yang dapat memfasilitasi pembakaran lemak serta membantu menekan nafsu makan. Di samping itu, bromelain juga memiliki manfaat dalam mengurangi peradangan pada sendi dan menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung.

2. Jus Buah Bit

Jus buah bit merupakan pilihan minuman sehat yang direkomendasikan untuk program diet, berkat kandungan kalori yang relatif rendah. Setiap 100 gram jus bit tanpa tambahan gula mengandung sekitar 43 kalori. Selain itu, bit juga kaya akan serat, yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mengurangi rasa lapar.

Selain manfaat kalori dan serat, warna merah yang khas pada buah bit disebabkan oleh zat betalain, yang termasuk dalam kelompok antioksidan. Konsumsi antioksidan secara teratur dapat membantu tubuh dalam mengurangi peradangan yang disebabkan oleh radikal bebas.

3. Jus Wortel

Rekomendasi jus untuk diet yang selanjutnya yakni wortel. Wortel menjadi pilihan utama karena sayuran ini hanya mengandung 40 kkal per 100 gram. Jika dikombinasikan dengan aktivitas fisik, konsumsi makanan rendah kalori dapat membantu mempercepat proses penurunan berat badan.

Meskipun kalori yang terkandung sedikit, wortel memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga dapat membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Selain itu, wortel kaya akan beta karoten, yang kemudian diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Nutrisi ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan mata.

4. Jus Pisang

Pisang merupakan buah yang dapat diolah menjadi jus yang bermanfaat untuk program diet, karena dapat meningkatkan metabolisme dan membuat perasaan kenyang lebih lama. Manfaat ini berasal dari kandungan pati resisten dalam pisang.

Untuk tujuan diet, disarankan untuk memilih pisang hijau atau yang belum matang. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa seiring dengan kematangan pisang, kadar pati resisten di dalamnya akan berkurang.

5. Jus Timun

Jus timun adalah pilihan berikutnya yang bagus untuk program diet. Dengan kalori yang rendah, hanya sekitar 10-15 kalori per 100 gram, timun kaya akan kandungan air dan serat. Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat dan air diyakini dapat berkontribusi pada penurunan berat badan.

Itulah uraian terkait dengan beberapa rekomendasi jus untuk diet yang bisa dikonsumsi. Namun agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal, maka jus ini harus dikonsumsi secara rutin.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button