Berita Utama

6 Manfaat Jus Tomat dan Wortel Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Jus tomat dan wortel memiliki manfaat yang luar biasa, mulai dari memberikan kilau pada kulit hingga mencegah berbagai penyakit. Sebenarnya manfaat jus tomat dan wortel untuk kesehatan ini cukup beragam.

Kombinasi antara buah tomat yang merah dan sayuran wortel yang oranye ini menghasilkan minuman yang tidak hanya lezat dan menyegarkan, tetapi juga kaya akan nutrisi. Kandungan nutrisi dalam jus tomat dan wortel menjadi sumber manfaatnya.

Keduanya kaya akan vitamin A yang berperan penting untuk kesehatan mata dan vitamin C yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit. Oleh karenanya, tak heran jika banyak yang mengkonsumsi jus ini.

Selain itu, tomat dan wortel juga mengandung serat serta berbagai mineral penting bagi tubuh, seperti magnesium, kalium, dan fosfor. Jus ini juga mengandung banyak antioksidan, termasuk beta karoten, likopen, lutein, dan zeaxanthin.

Penasaran apa saja manfaat dari jus tomat dan wortel untuk kesehatan ini? Untuk itu, simak beberapa manfaatnya berikut ini:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat pertama dari jus tomat dan wortel adalah kemampuannya untuk meningkatkan sistem imun. Hal ini disebabkan oleh keberadaan vitamin A, vitamin C, dan likopen yang terdapat dalam kedua sayuran tersebut. Nutrisi-nutrisi ini sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh agar tetap optimal, sehingga kamu dapat terhindar dari berbagai penyakit.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Salah satu keuntungan yang paling dikenal dari wortel adalah kemampuannya untuk meningkatkan kesehatan mata. Hal ini disebabkan oleh adanya vitamin A, lutein, dan zeaxanthin dalam wortel.

Ketiga nutrisi ini telah terbukti efektif dalam melindungi penglihatan dari masalah, seperti degenerasi makula. Selain wortel, nutrisi tersebut juga dapat ditemukan dalam tomat.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Jus tomat dan wortel memiliki manfaat penting dalam menjaga kesehatan jantung. Kandungan kalium dan antioksidan yang tinggi dalam jus ini berperan dalam mempertahankan tekanan darah pada level yang normal, mencegah hipertensi, serta menurunkan kadar kolesterol jahat.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Konsumsi jus tomat dan wortel juga berkhasiat untuk memperlancar proses pencernaan serta mencegah terjadinya sembelit. Kandungan serat yang ada pada wortel dan tomat berperan penting dalam hal ini.

Serat yang terkandung dalam jus ini mampu menyerap air, sehingga membuat feses menjadi lebih lembut. Akibatnya, pengeluaran feses menjadi lebih mudah dan frekuensi buang air besar pun menjadi lebih teratur.

5. Berpotensi Menurunkan Berat Badan

Jus wortel dan tomat tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan jantung, tetapi juga merupakan pilihan yang baik untuk program diet. Kandungan serat dalam jus tomat dan wortel membantu meningkatkan rasa kenyang, sehingga dapat mengurangi kalori yang masuk.

Untuk memaksimalkan manfaat dari jus ini, sebaiknya pilihlah varian tanpa tambahan gula. Konsumsi minuman yang kaya gula justru dapat menyebabkan peningkatan berat badan.

6. Membuat Kulit Lebih Cerah

Mau mendapatkan kulit yang sehat dan lebih bercahaya? Cobalah untuk rutin mengonsumsi jus tomat dan wortel.

Minuman ini mengandung vitamin C dan beta karoten yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen serta menjaga kelembapan kulit. Selain itu, jus ini juga kaya akan likopen, yang berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan radikal bebas.

Itulah uraian terkait dengan beberapa manfaat jus tomat dan wortel untuk kesehatan. Tentunya tak heran jika banyak  yang memilih untuk menjaga kesehatannya dengan menggunakan jus buah ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button