Blog

7 Cara Mengatasi Leher Kaku Agar Lebih Rileks dan Nyaman

Nyeri pada leher bagian belakang dapat disebabkan oleh posisi tidur yang tidak tepat, duduk terlalu lama di depan komputer, atau postur tubuh yang kurang baik. Sebenarnya ada beberapa ada cara mengatasi leher kaku yang bisa dilakukan.

Nyeri leher adalah kondisi yang umum terjadi. Kabar baiknya, rasa tidak nyaman pada leher jarang menunjukkan masalah kesehatan yang serius. Sebagian besar nyeri leher ringan dapat diatasi sendiri di rumah. Terkadang, nyeri leher ini bisa menyebar menjadi sakit kepala di bagian belakang, baik di sisi kanan maupun kiri.

Untuk itu, dalam uraian berikut ini akan diberikan beberapa penjelasan terkait dengan bagaimana cara  yang bisa dilakukan untuk mengatsi leher yang terasa kaku. Berikut diantaranya:

1. Kenakan Penyangga Leher

Gunakan penyangga leher yang lembut atau kerah lunak untuk memberikan kelegaan sementara pada area leher. Meskipun demikian, hindari penggunaan penyangga atau kerah tersebut dalam jangka waktu lama karena dapat menyebabkan melemahnya otot.

Selain itu, penggunaan penyangga leher sebaiknya dibatasi hanya saat benar-benar dibutuhkan, misalnya saat nyeri leher terasa sangat mengganggu. Penggunaan yang terlalu lama bisa menyebabkan ketergantungan pada penyangga dan membuat otot-otot leher menjadi kurang aktif, yang pada akhirnya dapat memperlambat proses pemulihan.

2. Berendam dalam Larutan Garam

Berendam dalam larutan garam dapat membantu meredakan nyeri pada bagian leher belakang. Garam yang sering digunakan untuk tujuan ini adalah garam Epsom.

Metode ini diketahui mampu membantu merilekskan otot yang tegang, mengurangi stres, serta memperbaiki aliran darah. Selain itu, aktivitas berendam dalam air garam juga bisa memberikan efek relaksasi pada pikiran.

3. Menggunakan Kompres Hangat dan Dingin

Menggunakan air hangat untuk mandi atau menempatkan bantalan pemanas di bagian belakang leher dapat meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen ke area tersebut, serta membantu merelaksasi otot-otot leher.

Selain itu, Pengguna juga dapat menerapkan kompres dingin pada leher. Untuk melakukannya, bungkus es dengan kain bersih, lalu tempelkan pada leher selama beberapa menit untuk meredakan rasa sakit.

4. Menggerakan Otot Leher

Lakukan pergerakan otot leher dengan lembut. Cobalah untuk menggerakkan leher dalam pola melingkar agar otot-otot yang tegang dapat direnggangkan. Selanjutnya, variasikan gerakan tersebut dengan menggerakkan leher ke depan dan belakang, kemudian ke kiri dan kanan.

Secara bertahap, Pengguna akan merasakan peningkatan rentang gerak otot leher seiring dengan latihan yang dilakukan. Namun, jika Pengguna merasakan nyeri, segera hentikan gerakan tersebut.

5. Rutin Berolahraga

Melakukan olahraga ketika leher terasa kaku mungkin terasa sulit. Namun, latihan secara rutin dapat membantu mempercepat pemulihan leher yang kaku. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai jenis olahraga yang aman untuk dilakukan dalam situasi ini.

6. Memperhatikan Posisi Tidur

Posisi tidur yang tidak tepat dapat menyebabkan nyeri pada leher bagian belakang. Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk memperbaiki posisi tidur dengan memilih bantal yang tidak terlalu tebal dan menjaga agar kepala tetap sejajar, sehingga tidak terangkat terlalu tinggi.

7. Memperbaiki Postur Tubuh

Selain memperbaiki posisi tidur, salah satu metode yang mudah untuk mengurangi sakit leher belakang adalah dengan memperbaiki postur tubuh. Biasakan untuk duduk dan berdiri dengan tubuh tegak agar tulang dan sendi tetap berada dalam posisi yang benar.

Dengan cara ini, tekanan berlebih pada otot leher akan berkurang, sehingga rasa nyeri akibat sakit leher belakang dapat diminimalkan.

Itulah uraian terkait dengan beberapa cara mengatasi leher kaku yang bisa dilakukan. Tentunya dengan menerapkan beberapa cara tersebut maka bisa membantu meredakan nyeri yang ada di bagian leher.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button