Jamu untuk Menjaga Imunitas Tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat adalah kunci bagi keluarga sehat, apalagi belakangan ini pandemik Corona atau Covid-19 yang sedang menguji Indonesia, maka sudah menjadi tugas kita untuk menjaga kesehatan keluarga supaya tak tertular. Jamu untuk menjaga imunitas tubuh jadi primadona.

Mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah melakukan aktivitas, serta menjaga jarak dari orang yang batuk dan bersin sangat dianjurkan. Supaya lebih tenang dan aman, jaga imunitas tubuh dengan maksimal dengan menggunakan jamu.

Macam-Macam Jamu untuk Kesehatan

Ada banyak jenis jamu yang bisa dikonsumsi untuk membentuk imunitas keluarga sehat. Terdiri dari berbagai macam tanaman herbal khas yang ada di Indonesia, seperti jahe, kencur, kunyit, cengkeh dan masih banyak lagi.

Berikut adalah beberapa macam jamu yang bisa memperkuat imunitas tubuh, pastikan kita mengonsumsinya dengan teratur ya!

Jamu Kunyit Asam

Bahan yang digunakan adalah kunyit, asam jawa dan gula aren sebagai penambah rasa manis. Cara membuatnya juga sangat mudah, cukup mengiris-iris kunyit, didihkan dengan gula aren yang sudah disisir halus juga gula aren. Masukkan sejumput garam untuk membuat rasanya lebih gurih.

Jamu yang satu ini rasanya manis, asam dan segar. Sangat cocok untuk dijadikan minuman di tengah hari, masukkan dulu ke dalam lemari es supaya rasanya lebih mantap.

Wedang Susu Berempah

Jika ingin meminum minuman yang hangat dan creamy, daripada minum kopi terus lebih baik mencoba resep jamu yang satu ini. Terbuat dari susu segar, jahe merah yang dibakar lalu digeprek, serai, kayu manis dan juga cengkeh.

Jangan lupakan gula aren untuk membuat rasa wedang susu ini jadi lebih manis, sekaligus lebih wangi aromanya. Cocok untuk diminum malam hari, sambil mengobrol dengan keluarga.

Wedang Sereh

Biasanya sereh hanya digunakan untuk menambah aroma pada masakan, namun sebenarnya sereh juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh, termasuk meningkatkan imunitas tubuh. Coba resep jamu imunitas tubuh yang satu ini!

Cukup siapkan batang sereh yang sudah digeprek, gula aren yang disisir halus, kayu manis, cengkeh dan juga daun pandan supaya aromanya lebih mantap. Rebus semua bahan sampai wangi dan menyusut.

Rasanya hangat di tubuh, manis di lidah dan memberikan relaksasi juga jika dihirup dalam-dalam.

Di atas hanyalah sedikit dari ribuan resep jamu tradisional yang bisa kita coba, apalagi sekarang kita sedang berada dalam kondisi di mana imunitas tubuh harus benar-benar ditingkatkan.

Pastikan rutin mengonsumsi jamu, jangan hanya satu atau dua kali lalu berhenti. Sebab imunitas akan semakin kuat dan semakin baik jika ditambah dengan asupan herbal yang tepat, dalam jangka waktu terus menerus.

Yuk biasakan untuk mengonsumsi jamu untuk memperkuat imunitas dan juga berbagai manfaat lainnya. Keluarga sehat dimulai dari kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published.