Jangan Anggap Remeh! 3 Penyakit yang Mengintai Jika Tidur dengan TV Menyala

Jangan Anggap Remeh! 3 Penyakit yang Mengintai Jika Tidur dengan TV Menyala

Infokeluarga.com – Jangan Anggap Remeh! 3 Penyakit yang Mengintai Jika Tidur dengan TV Menyala. Banyak di antara kita yang tidur malam di depan televisi masih menyala. Padahal, hal tersebut dapat berdampak buruk terhadap kesehatan.

Dikutip dari New York Post, para peneliti di Fakultas Kedokteran Universitas Northwestern meneliti dampak cahaya sekitar terhadap kesehatan dan kebiasaan tidur yang dilakukan oleh 522 orang dengan rentang usia 63 hingga 84 tahun.

Studi tersebut menemukan bahwa mereka yang tidur dengan pencahayaan encompassing sekecil apapun lebih tinggi memiliki kemungkinan risiko diabetes, obesitas, dan hipertensi. “Orang harus menghindari atau meminimalkan jumlah cahaya yang mereka terima saat tidur,” ujar Phyllis Zee, peneliti utama studi tersebut.

Resistensi insulin lebih mungkin terjadi ketika seseorang tidur dengan pencahayaan redup, seperti cahaya yang dipancarkan oleh TV.

Resistensi insulin adalah kondisi di mana sel otot, lemak, dan hati tidak merespon insulin dengan baik yang umumnya dikaitkan dengan diabetes tipe 2, hipertensi, dan penyakit kardiovaskular. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa 17,8 persen dari peserta penelitian yang tidur ditemani oleh cahaya sekitar di malam hari mengidap diabetes.

Namun, mereka yang tidur dalam keadaan gelap gulita dan mengidap diabetes hanya sekitar 9,8 persen dari all out peserta. Tak hanya itu, sekitar 40,7 persen peserta yang tidur ditemani oleh cahaya sekitar mengalami obesitas, sedangkan hanya 26,7 persen yang tidur dalam keadaan gelap gulita mengalami hal yang sama.

Penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa mereka yang tidur dengan cahaya sekitar lebih mungkin untuk tetap terjaga dan tetap merasa mengantuk keesokan harinya. Cahaya sekitar yang dimaksud dalam penelitian tersebut bukan hanya televisi, namun benda lain yang memiliki cahaya sejenis, seperti cell phone.

Studi tahun 2019 menemukan bahwa 36 persen remaja dan 26 persen orang dewasa memeriksa ponsel mereka setidaknya sekali dalam satu malam. Padahal, seorang ahli tidur menyarankan untuk meletakkan ponsel mereka setidaknya tiga jam sebelum tidur, karena cahaya yang dipancarkan oleh layar ponsel dapat menipu pikiran bahwa saat itu adalah siang hari meskipun di luar gelap.

Leave a Reply

Your email address will not be published.