15 Prospek Kerja Jurusan kesehatan masyarakat kerja apa dan Dimana

Jurusan kesehatan masyarakat kerja apa? Tentunya muncul banyak pertanyaan di benak anda. Namun, perlu anda ketahui bahwa ketika kuliah di jurusan kesehatan anda tidak hanya mempelajari mengenai ilmu kesehatan di masyarakat saja. Namun, anda juga akan mempelajari mengenai ilmu-ilmu dalam bidang sosial. Contohnya saja seperti advokasi, ekonomi kesehatan, hukum, antropologi dan sosiologi. Tapi tetap didasarkan sesuai kebutuhan yakni tetap terkait dengan kesehatan pada manusia.  Mahasiswa pada jurusan kesehatan akan mempelari berbagai hal seperti promosi kesehatan di tengah masyarakat serta berbagai langkah untuk mencegah suatu penyakit di suatu wilayah. Saat mengambil kuliah jurusan ini anda akan diberikan bekal tentang kampanye kesehatan di masyarakat. Dengan demikian, setelah lulus dari jurusan ini anda dapat terjun langsung untuk menaikkan angka harapan hidup pada masyarakat dan juga memperbaiki kualitas dalam pelayanan kesehatan.

1 Jurusan kesehatan masyarakat kerja apa?

Jurusan kesehatan masyarakat kerja apa?

Jurusan kesehatan masyarakat kerja apa? Simak berbagai pemaparan berikut:

  • Menjadi seorang Epidemiologis

Bagi anda yang tengah menempuh jurusan kesehatan masyarakat, saat lulus nanti anda bisa menjadi seorang epidemiologis. Pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang memfokuskan diri pada pembahasan mengenai pola kesehatan dan penyakit serta berbagai faktor penyebab penyakit tersebut. Seseorang yang bekerja sebagai epidemiologis akan bertugas untuk melakukan sebuah analisa mengenai sebuah penyakit yang terjadi di suatu wilayah. Biasanya epidemiologis akan mengombinasikan berbagai ilmu seperti antropologi, sosiologi, statistika dan ilmu kedokteran untuk melakukan sebuah analisa. Seorang epidemiolgis biasanya memiliki gaji setara dengas pegawai negeri sipil lainnya.

  • Menjadi dosen

Bagi anda lulusan sarjana kesehatan masyarakat yang ingin menjadi seorang dosen anda perlu mengambil kuliah pada tingkat S2 serta mempunyai keahlian dalam mengajar. Saat melanjutkan kuliah S2 anda akan dibekali dengan cara berkomunikasi yang baik sehingga kedepannya bisa mentransfer ilmu mengenai kesehatan masyarakat pada mahasiswa anda dengan baik dan benar. Gaji seorang dosen tergantung pada kebijakan setiap perguruan tinggi. Anda tidak perlu lagi khawatir mengenai prospek kerja dari lulusan kesehatan masyarakat.

  • Menjadi seorang direktur kesehatan lingkungan

Sebagai lulusan sarjana kesehatan masyarakat, anda memiliki kesempatan untuk meniti karir sebagai seorang direktur kesehatan lingkungan. Pekerjaan ini memiliki tanggung jawab untuk memberikan sebuah pelatihan mendidik serta mengontrol praktik lingkungan yang berasal dari pemerintah terhadap operasional di ruang publik ataupun swasta. Untuk gaji yang ditawarkan sesuai dengan kebijakan setiap perusahaan.

  • Menjadi ahli gizi kesehatan masyarakat

Sebagai lulusan kesehatan masyarakat, anda bisa menjadi ahli gizi. Seorang ahli gizi memiliki tanggung jawab untuk memastikan kandungan gizi dan nutrisi yang ada pada makanan. Anda bisa bekerja sebagai ahli gizi di rumah sakit, perhotelan ataupun sebuah perusahaan. Untuk kisaran gaji seorang ahli gizi sebanyak 3 juta hingga 5 juta. Anda tidak perlu lagi khawatir mengenai prospek kerja dari lulusan kesehatan masyarakat.

  • Menjadi staff K3

Sebagai seorang lulusan kesehatan masyarakat, anda bisa bekerja sebagai staff keselamatan dan kesehatan kerja atau yang disingkat K3. Sebagai seorang staf K3 anda akan bertanggung jawab untuk membangun sebuah sistem atau prosedur untuk pekerja agar mereka dapat terhindar dari penyakit ataupun bencana saat sedang menjalankan pekerjaan. Selain itu, staff K3 juga bertanggung jawab untuk melakukan evaluasi pada kebijakan atau pada program keselamatan kerja, serta melakukan identifikasi suatu kemungkinan bencana atau bahaya yang bisa saja terjadi saat bekerja. Staff K3 juga bertanggung jawab untuk melakukan investigasi pada sebuah peristiwa yang terjadi di lingkungan kerja. Bagi staf K3 yang sudah profesional gajinya bisa mencapai hingga 10 juta.

  • Menjadi staff perusahaan asuransi kesehatan

Bagi lulusan kesehatan masyarakat bisa bekerja di sektor perusahaan asuransi kesehatan. Saat anda memutuskan bekerja dalam bidang ini, maka anda harus siap jika harus menjalin komunikasi dengan berbagai orang. Tugas staf perusahaan asuransi kesehatan yakni melakukan promosi dan memberikan penjelasan tentang keterkaitan asuransi dengan kesehatan di masyarakat. Jumlah gaji yang ditawarkan pun sesuai dengan posisi dan kebijakan sebuah perusahaan. Anda tidak perlu lagi khawatir mengenai prospek kerja dari lulusan kesehatan masyarakat.

  • Menjadi seorang biostatistician

Lulusan jurusan kesehatan masyarakat bisa bekerja di sektor laboratorium dan melakukan berbagai analisa kesehatan. Seseorang yang bekerja di bidang ini akan bertugas untuk menciptakan desain dalam pengumpulan data di lapangan. Lalu, biostatistician akan melakukan sebuah analisa untuk kegiatan pengembangan dalam dunia kesehatan. Seseorang yang bekerja di bidang ini memungkinkan untuk menerima gaji sampai puluhan juta.

  • Bekerja di puskesmas atau juga rumah sakit

Seorang lulusan sarjana kesehatan masyarakat bisa memilih untuk bekerja di puskesmas atau rumah sakit. Anda bisa bekerja sebagai promotor kesehatan atau ahli gizi. Untuk besaran gaji yang ditawarkan tergantung dari posisi dan kebijakan setiap tempat kerja.

  • Menjadi seorang PNS

Seorang lulusan kesehatan masyarakat bisa menjadi seorang pegawai negeri sipil. Mengingat bahwa berbagai posisi di bidang kesehatan masyarakat masih banyak dibutuhkan. Sedangkan untuk kisaran gajinya sesuai dengan jabatan dan posisi yang ditawarkan.

  • Menjadi seorang pengusaha

Bagi anda lulusan jurusan kesehatan masyarakat yang memiliki minat dalam dunia usaha bisa saja menjadi seorang konsultan kehatan. Jenjang karir seorang pengusaha tentunya memungkinkan anda untuk terus berkembang begitupun dengan gaji atau penghasilan.

  • Menjadi administrator kebijakan kesehatan

Bagi anda lulusan jurusan masyarakat bisa bekerja sebagai administrator kebijakan kesehatan. Saat bekerja di bidang ini anda bisa menciptakan program manajemen serta organisasi yang bisa digunakan untuk sarana dalam menentukan berbagai pekerjaan umum. Tentu saja tujuannya untuk memberikan berbagai pelayanan yang optimal pada masyarakat. Anda bisa bekerja pada dinas kesehatan seperti kantor BPJS atau instansi lainnya.

  • Menjadi promotor kesehatan

Bagi anda yang bekerja di bidang ini akan bertanggungjawab untuk melakukan berbagai promosi kesehatan. Anda yang memiliki public speaking yang bagus dan bisa mempromosikan suatu hal pasti akan merasa tepat jika bekerja di bidang ini. Anda tidak perlu lagi khawatir mengenai prospek kerja dari lulusan kesehatan masyarakat.

Lulusan kesehatan masyarakat kerja dimana

lulusan kesehatan masyarakat kerja dimana, simak berbagai posisi berikut:

  • Bekerja di ranah kesehatan reproduksi

Bagi anda lulusan jurusan kesehatan masyarakat, akan dibekali dengan peminatan kesehatan reproduksi. Peminatan ini diadakan dengan tujuan supaya mahasiswa-mahasiswanya bisa mengaplikasikan berbagai prinsip kesehatan reproduksi di tengah masyarakat. Selain itu, agar bisa berpikir dengan empiris dan bisa mendiagnosa sebuah permasalahan dalam dunia kesehatan reproduksi masyarakat. Anda bisa bekerja di ranah kesehatan reproduksi di BKKBN, Lembaga Swadaya Masyarakat, dan dinas kesehatan. Anda tidak perlu lagi khawatir mengenai prospek kerja dari lulusan kesehatan masyarakat.

  • Bekerja di bidang administrasi kebijakan kesehatan

Peminatan yang satu ini memiliki tujuan supaya mahasiswa bisa memahami masalah dan bisa memecahkan masalah di bidang administrasi, organisasi, manajemen dan kebijakan di dunia kesehatan. Lulusan sarjana kesehatan masyarakat bisa melakukan pengelolaan dan penelitian dalam bidang manajemen pelayanan kesehtan di organisasi kesehatan seperti di perusahaan swasta ataupun pemerintah. Anda bisa bekerja di perusahaan asuransi kesehatan swasta, BPJS, dinas kesehatan dan puskesmas.

Pekerjaan jurusan kesehatan masyarakat

Pekerjaan jurusan kesehatan masyarakat yakni sebagai berikut:

  • Staff keselamatan dan kesehatan kerja

Peminatan yang satu ini nantinya akan membekali mahasiswa saat lulus supaya bisa memahami berbagai faktor yang memiliki hubungan dengan pekerjaan, kondisi pekerjaan serta lingkungan kerja yang dapat menyebabkan penyakit atau kecelakaan. Anda tidak perlu lagi khawatir mengenai prospek kerja dari lulusan kesehatan masyarakat.

  • Promosi di bidang kesehatan

Bagi anda lulusan kesehatan masyarakat bisa bekerja dalam bidang promosi kesehatan masyarakat. Bagi anda yang memiliki jiwa innovator dan public speaking bisa bekerja di bidang yang satu ini. Anda tentunya akan bertemu dengan banyak orang dan menjadi inisiator. Anda bisa bekerja di dinas kesehatan, kementerian kesehatan dan juga rumah sakit.

  • Biostatistik

Mahasiswa kesehatan masyarakat akan dibekali dengan pengetahuan yang bisa membawa anda menjadi seseorang yang bisa berpikir dan bertindak secara empiris. Dengan demikian, anda bisa melakukan diagnosa suatu permasalahan di bidang kesehatan masyarakat. Anda bisa bekerja di lembaga riset, LSM dan rumah sakit. Selain itu anda juga bisa bekerja di perusahaan yang berhubungan dengan pengolahan dan pengelolaan air kotor, sampah, pemukiman, AMDALdan lingkungan. Anda tidak perlu lagi khawatir mengenai prospek kerja dari lulusan kesehatan masyarakat.

Kesehatan masyarakat kerja dimana

Kesehatan masyarakat kerja dimana? Jurusan kesehatan masyarakat kerja apa? Mungkin itu menjadi pertanyaan yang sering anda dengar. Simak berbagai prospek kerja lulusan kesehatan masyarakat berikut:

  • Ahli gizi kesehatan masyarakat

Bagi anda lulusan sarjana kesehatan masyarakat bisa memilih untuk bekerja sebagai ahli gizi. Ahli gizi sangat dibutuhkan oleh berbagai rumah sakit dan juga perusahaan F&B. Saat anda bekerja di bidang ini, anda akan bergabung dan bekerja sama dengan tim manajemen kualitas untuk memastikan sajian gizi yang terdapat pada semua produk agar sesuai dengan standar perusahaan. Selain itu, dunia perhotelan juga sangat memerlukan seorang ahli gizi. Sehingga anda tidak perlu khawatir dengan lapangan pekerjaan bagi lulusan sarjana kesehatan masyarakat.

  • Epidemiologis

Bagi anda lulusan sarjana kesehatan masyarakat bisa bekerja menjadi seorang epidemiologis. Seorang epidemilogis bertanggung jawab dengan tugas yang berkaitan dengan sebuah insiden, penyebaran hingga cara mengendalikan sebuah penyakit dalam suatu populasi. Anda tidak perlu lagi khawatir mengenai prospek kerja dari lulusan kesehatan masyarakat.

  • Menjadi pengajar

Seorang sarjana kesehatan masyarakat bisa pula menjadi seorang pengajar. Untuk bisa menjadi seorang pengajar, anda harus melanjutkan studi S2. Di tingkat S2 anda bisa memilih berbagai jenis peminatan seperti vaksinasi, kesehatan mental, perilaku sosial, dan bioterrorism. Selain itum anda juga harus melakukan berbagai penelitian mutakhir yang memberikan manfaat untuk kesehatan masyarakat. Pada jenjang S2 anda juga akan dibekali oleh ilmu komunikasi yang nantinya anda terapkan saat mengajar menjadi dosen. Hal tersebut bertujuan agar gaya dan tutur bahasa anda bisa dicerna oleh mahasiswa anda.

  • Menjadi peneliti

Bagi anda lulusan kesehatan masyarakat, anda bisa pula menjadi seorang peneliti. Anda bisa menjadi epidemiologis seperti yang telah dijelaskan di atas juga bisa pula menjadi biostatistician. Anda tidak perlu lagi khawatir mengenai prospek kerja dari lulusan kesehatan masyarakat.

  • Menjadi pegawai negeri sipil

Lulusan kesehatan masyarakat juga bisa bersaing untuk menjadi pegawai negeri sipil. Bekerja di sektor pemerintahan memberikan gaji dan masa depan yang cukup stabil. besaran gaji yang akan anda terima tergantung pada posisi yang anda tempati.

  • Bekerja di puskesmas atau rumah sakit

Bagi anda lulusan kesehatan masyarakat bisa bekerja di puskesmas ataupun rumah sakit. Anda bisa bekerja sesuai dengan posisi yang dibutuhkan. Besaran gajinya berkisar hingga 3 juta.

Jurusan kesehatan masyarakat UI

Jurusan kesehatan masyarakat ui yakni sebagai berikut:

  • Mata kuliah, peminatan dan kurikulum kesehatan masyarakat UI

Bagi anda yang hendak memasuki dunia perkuliahan, anda perlu mengetahui bahwa terdapat jurusan kesehatan masyarakat di UI. Terdapat 11 peminatan yang dapat anda pilih jika berhasil menjadi mahasiswa di UI. Di antaranya yakni informatika kesehatan, epidemiologi, manajemen asuransi kesehatan, biostatistik, manajemen informasi kesehatan, manajemen pelayanan kesehatan, kesehatan lingkungan, manajemen rumah sakit, kesehatan reproduksi, promosi kesehatan, dan mutu layanan kesehatan. Anda tidak perlu lagi khawatir mengenai prospek kerja dari lulusan kesehatan masyarakat.

  • Prospek kerja bagi lulusan kesehatan masyarakat UI

Bagi anda lulusan kesehatan masyarakat di universitas Indonesia tentunya sudah menjadi incaran banyak institusi dan perusahaan. Saat anda lulus, anda bisa meniti karir seperti manajer pemasaran RS, manajer rekam medik, manajer rumah sakit, manajer perusahaan farmasi, atau berbagai posisi lainnya di institusi kesehatan seperti klinik, dinas kesehatan dan puskesmas. Anda juga bisa bekerja di perusahaan yang memiliki posisi sebagai staff kesehatan dan keselamatan kerja yang memiliki tugas untuk membangun sebuah sistem agar bisa meminimalisasi kecelakaan di saat bekerja atau di area kerja. Perusahaan-perusahaan yang membutuhkan staff K3 yakni biasanya perusahaan konstruksi, perusahaan tambang dan perusahan minyak. Banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan kesehatan masyarakat untuk bekerja di perusahaan tersebut. Sebab banyak perusahaan yang telah menerapkan sistem K3 untuk melindungi pekerja.

  • Bekerja di ranah pemerintahan

Pemerintah juga telah membuat kebijakan bahwa akan menerapkan dan menomorsatukan upaya promotif dan preventif. Dengan membuat masyarakat bisa menjalankan gaya hidup yang sehat, harapannya tingkat penyebaran suati penyakit bisa menurun. Hal tersebut diwujudkan oleh pemerintah melalui pengadaan BPJS. Sehingga, banyak lulusan kesehatan masyarakat yang diperlukan untuk membantu mewujudkan kebijakan pemerintah yang lebih baik lagi. Anda tidak perlu lagi khawatir mengenai prospek kerja dari lulusan kesehatan masyarakat.

Kuliah jurusan kesehatan masyarakat kerjanya apa

Kuliah jurusan kesehatan masyarakat kerjanya apa? Simak ulasan berikut ini:

  • Menjadi peneliti

Bagi anda lulusan kesehatan masyarakat bisa memilih pekerjaan sebagai seorang peneliti. Contohnya saja menjadi biostatistician yang bertugas untuk melakukan sebuah analisis informasi yang memiliki hubungan dengan permasalahan kesehatan masyarakat. Sedangkan seorang epidemiologis memiliki tanggung jawab untuk menganalisa sebuah permasalahan di bidang kesehatan masyarakat agar sebuah penyakit tidak menyebar dan menjadi pandemi. Anda bisa mendapat penghasilan hingga puluhan juta sebagai seorang peneliti.

  • Bekerja sebagai administrator layanan kesehatan

Bagi anda lulusan jurusan kesehatan masyarakat bisa bekerja sebagai administrator di layanan kesehatan masyarakat. Anda bisa bekerja di puskemas atau rumah sakit. Tugas utama anda adalah memberikan pelayanan administrasi terhadap semua masyarakat yang datang ke layanan kesehatan tersebut. Anda tidak perlu lagi khawatir mengenai prospek kerja dari lulusan kesehatan masyarakat.

  • Menjadi seorang pebisnis

Bagi anda lulusan kesehatan masyarakat yang memiliki minat sebagai pebisnis di bidang kesehatan bisa memulainya dengan usaha kecil. Anda bisa mengaplikasikan ilmu yang anda pelajari di jurusan kesehatan masyarakat untuk mengembangkan bisnis anda.

  • Memulai bekerja di sebuah perusahaan asuransi kesehatan

Lulusan kesehatan masyarakat bisa memilih untuk bekerja di perusahaan asuransi kesehatan. Anda bisa menjadi konsultan kesehatan, account officer atau marketing. gaji yang dijanjikan pun biasanya cukup besar, terutama jika anda bisa mencapai target yang ditentukan oleh perusahaan.

Lulusan kesehatan masyarakat kerja apa

Lulusan kesehatan masyarakat kerja apa? Simak penjelasan berikut:

  • Bekerja sebagai healthcare administrator

Lulusan kesehatan masyarakat dapat bekerja sebagai administrator pelayanan kesehatan. Tugasnya yakni memberikan memastikan bahwa pelayanan kesehatan yang diberikan oleh tenaga medis telah memenuhi kualitas dan efektif. Anda akan bertugas pula untuk melakukan analisis ekonomi lingkungan serta fasilitas kesehatan. Selain itu anda juga bertanggung jawab untuk membuat program perencanaan kesehatan. Anda bisa memperoleh gaji sebesar 3 juta sampai 5 juta saat bekerja di institusi pemerintah dan rumah sakit.

  • Menjadi biostatistician

Lulusan sarjana kesehatan masyarakat bisa bekerja di posisi ini dengan menerapkan berbagai ilmu seperti biologi, statistika dan matematika. Anda yang bekerja di profesi ini akan melakukan pekerjaan menggunakan data dari data yang telah dikumpulkan di lapangan lalu melakukan analisa terhadap data tersebut hingga pada tahap pengembangan.  Anda yang gemar melakukan pekerjaan di laboratorium dan melakukan analisis dalam waktu yang lama bisa mencoba pekerjaan yang satu ini. Perusahaan farmasi, rumah sakit dan lembaga pemerintah bisa menjadi pilihan anda. Untuk gajinya berkisar dari 5 juta sampai 7 juta.

  • Menjadi administrator rumah sakit

Lulusan kesehatan masyarakat bisa memulai karir sebagai administrator rumah sakit. Tugasnya adalah membantu administrasi semua pasien yang telah menyelesaikan pemeriksaan. Anda bisa mendapat pengasilan 3juta hingga 5 juta setiap bulannya. Anda akan menjadi garda utama yang pasien cari untuk melakukan pendafaran dan keperluan administrasi lainnya. Anda juga akan memberikan rincian biaya dan memberikan gambaran biaya pada pasien sejak awal.

  • Menjadi pekerja sosial

Bagi anda lulusan kesehatan masyarakat yang tertarik dengan pekerjaan yang berkaitan dengan advokasi bisa memilih berkarir sebagai pekerja sosial. Pekerjaan ini memiliki tugas untuk memberikan pelayanan dan bantuan pada seseorang, kelompok ataupun masyarakat yang memerlukan bantuan. Anda akan bekerja dengan permasalahan seperti menanggulangi bencana, menangani orang dengan disabilitas, perlindungan anak, penanganan kemiskinan dan pengembangan masyarakat. Namun, tentunya anda harus memiliki komitmen yang kuat untuk mewujudkan masyarakat dan lingkungan yang aman serta nyaman. Selain itu, pekerja sosial juga hendaknya aktif untuk memberikan dukungan pada perubahan sosial. Anda bisa menjadi relawan pada projek-projek sosial dan selanjutnya bergabung dengan lembaga swadaya masyarakat, institusi atau organisasi nirlaba. Jenjang karirnya pun dinilai cukup menjanjikan. Anda bisa memperoleh penghasilan sekitar 3juta hingga 4 juta tergantung tempat anda bekerja.

Jurusan kesehatan masyarakat kerja apa? Pertanyaan tersebut telah terjawab dengan berbagai pemaparan-pemaparan di atas. Berbagai prospek kerja yang ditawarkan oleh jurusan kesehatan masyarakat diharapkan mampu membantu anda dalam memberikan pandangan tentang jurusan yang sebaiknya anda pilih. Anda bisa bekerja di berbagai sektor publik, baik di instansi pemerintah ataupun di perusahaan swasta. Semoga berbagai pemaparan di atas bisa menambah referensi pengetahuan anda mengenai berbagai prospek kerja dari sarjana kesehatan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.