Kaki Bayi Bengkok Apakah Normal?

Keluarga Sehat, pasti pernah khawatir melihat kaki bayi bengkok? Apalagi saat anak belajar berjalan. Ketahuilah bahwa tak selamanya kaki bayi yang terlihat bengkok itu buruk. Sebab pada usianya itu tidak berbahaya. Tetapi sayangnya, seiring waktu kaki yang bengkok bisa jadi masalah pada tulang kaki bayi kita.

Ada mitos yang dipercaya oleh masyarakat kita, bahwa kaki bayi yang bengkok disebabkan tidak dibedong. Padahal kenyataannya semua bayi memang lahir dengan kaki yang akan bengkok. Itu disebabkan tungkai mereka tertekuk selama dalam rahim ibu.

Kondisi Kaki Bengkok yang Normal

Ada empat jenis kaki bayi yang bengkok dan termasuk normal, yakni :

Kaki berbentuk huruf O

Untuk kaki bentuk O atau genu varum (bowlegs) bisa terjadi jika kedua pergelangan kaki saling bersentuhan, namun lutut terbuka. Cukup sering dialami oleh bayi atau balita dengan usia 18 bulan ke bawah. umumnya kaki akan jadi lurus sendiri setelah usia tiga tahun.

Kaki berbentuk huruf X

Untuk kaki dengan bentuk X atau genu valgum, adalah kebalikan dari kaki bentuk O. Ditandai dengan kedua lutut yang bersentuhan, namun kedua pergelangan kaki melebar. Biasanya terjadi saat anak usia empat tahunan, kemudian setelah usia enam atau tujuh tahun akan lurus dengan sendirinya.

In-toeing atau pigeon toes

Pada umumnya posisi jari kaki bayi akan lurus ke depan ketika berdiri atau saat berjalan. Tetapi pada kondisi in-toeing, malah jari-jari kaki bayi menekuk ke dalam. Mayoritas akan kembali lurus di usia 8 tahun, walau tidak melakukan perawatan apapun. Akan tetapi jika di usia itu tidak membaik. maka lakukan terapi ke dokter.

Out-toeing

Merupakan kebalikan dari in-toeing adalah out-toeing, saat jari atau telapak kaki menekuk ke luar sata berdiri dan berjalan. Memang pada kebanyakan kasus, kondisi kaki bayi ini akan sembuh sendiri dan tak perlu perawatan. Tetapi kondisi out-toeing harus ditangani oleh dokter apabila saat anak semakin besar kondisinya tak lebih baik. Hal itu bisa disebabkan adanya kelainan pada sendi panggul atau tulang paha bahkan cerebral palsy, lho.

Kondisi Kaki Bayi yang Bahaya

Jika anak mengeluh sakit atau terlihat kesakitan saat berjalan, atau kondisi bengkok yang tak simetris, maka bisa jadi hal serius. Apalagi jika bayi hanya lebih dominan menggunakan satu kaki, bentuk kaki anak terlalu melengkung atau bahkan rata pun harus diwaspadai. kaki yang bengkok disertai tubuh yang pendek pun harus diwaspadai ya.

Jika lebih dari usia tiga tahun kondisi kaki bayi bengkok belum normal kembali, baiknya segera periksakan ke dokter spesialis ortopedi. Supaya bisa mendapat penanganan yang lebih lanjut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.