Kandungan Berbahaya Pada Kosmetik

Keluarga sehat, jika dilihat berdasarkan penelitian, ada bahan-bahan tertentu yang terkandung dalam kosmetik dan berisiko membahayakan kesehatan kita. Oleh karena itu, berbagai kosmetik yang selama ini bisa membuat jelita, ternyata perlu dicermati lagi apa saja kandungannya. Mungkin saja di dalam produk tersebut mengandung kandungan berbahaya yang bisa mencelakakan diri.

Bahkan dalam sebuah penelitian terhadap efek samping produk kecantikan, ternyata rata-rata wanita menggunakan sebanyak 10 produk kosmetik tiap hari. Penemuan ini membuat mereka jadi rentan terpapar sekitar 126 jenis bahan kimia lho. Nah, beberapa bahan kimia tersebut ternyata berisiko bisa menyebabkan gangguan sistem reproduksi, bahkan kanker juga.

Kandungan Berbahaya dalam Kosmetik

Sangat disarankan untuk mengetahui sekaligus juga memahami bahan-bahan yang terkandung di dalam kosmetik kita, supaya dapat lebih berhati-hati ketika memilih produk kecantikan yang akan digunakan. Di bawah ini beberapa bahan kosmetik berbahaya yang bisa berbahaya, apa saja sih?

Merkuri

Kandungan berbahaya merkuri kerap ditambahkan pada bedak, eye shadow dan perona wajah sebagai pengawet. Juga bisa ditemukan dalam pemutih. Apabila diserap ke dalam tubuh maka menyebabkan munculnya kerusakan otak dan juga saraf, bahkan penyakit ginjal dan penyakit lainnya.

Formalin

Kita tahu jika formalin biasa digunakan untuk mengawetkan jenazah. Perlu diketahui bahwa zat ini bersifat karsinogen, alias bisa memicu kanker di tubuh. Ada beberapa jenis kosmetik yang kemungkinan mengandung formalin, contohnya lem bulu mata, kuteks, sabun mandi dan gel rambut. Apabila terlalu lama dan terlalu sering terpapar formalin, maka dapat menyebabkan tenggorokan sakit dan batuk, lalu mata terasa gatal dan jadi mimisan, sampai terserang kanker lho. Kemudian jika terpapar formalin dengan kadar yang lebih tinggi lagi, mampu menyebabkan ruam kulit, mengi juga mengalami gangguan pernapasan juga.

Phthalates

Yang dimaksud Phthalates adalah zat tambahan pada kosmetik yang biasa ditemui pada cat kuku, parfum, sampo, sabun, juga hair spray. Apabila sedang hamil, sangat disarankan supaya berhati-hati dalam menggunakan kosmetik yang bisa saja mengandung phthalates ya. Karena dalam penelitian menunjukkan bahwa phthalates tersebut bisa meningkatkan risiko keguguran dan juga diabetes gestasional juga.

Timbal

Zat kimia timbal adalah jenis logam beracun yang bisa memicu kanker dan bisa menyebabkan gangguan pada sistem saraf kita. Jenis logam yang satu ini seringkali terdapat pada gincu. Sangat disarankan supaya menjauhkan kosmetik dari anak-anak, ya.

Memang kosmetik akan membuat kita tampil lebih cantik, tetapi disarankan supaya menggunakannya seminimal mungkin dan pastikan pilihlah dengan cermat ya. Adapun langkah ini bertujuan supaya bisa menurunkan risiko bahaya yang bisa ditimbulkan dari kosmetik berbahaya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.