Kandungan Zat Gizi pada Daun Kenikir

Keluarga Sehat, pernah mendengar daun kenikir? ternyata ada penelitian tentang daun ini. Kemudian didapatkan data bahwa daun kenikir mengandung banyak kandungan hebat. Di antaranya protein, karbohidrat, serat dan vitamin, contohnya vitamin B, vitamin C, dan beta karoten. Zat gizi pada kenikir juga banyak sekali, sehingga manfaatnya sangat bagus.

Menariknya lagi, daun kenikir mengandung senyawa aktif quercetin dan asam fenolat serta asam klorogenat dalam jumlah yang besar. FYI, mereka merupakan zat yang memiliki sifat antioksidan serta memiliki efek antiradang, antidiabeter, antihipertensi dan antibakteri. Bahkan baik untuk menjaga kesehatan tulang juga.

Manfaat Daun Kenikir

Zat gizi pada kenikir memang beragam, itulah kenapa tanaman ini dipercaya memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Nah, di bawah ini beberapa manfaatnya :

Bisa mencegah dan mengobati diabetes

Pernah dengar diabetes tipe 2? Itu terjadi ketika kadar gula darah terlalu tinggi di dalam tubuh, sebab insulin tidak efektif bekerja. Dari beberapa penelitian, zat gizi pada kenikir bisa memperbaiki kinerja insulin dalam tubuh. Juga menghambat penyerapan glukosa dalam sistem pencernaan kita.

Bisa mencegah osteoporosis

Ternyata zat gizi pada kenikir juga bisa mencegah osteoporosis, sebab kandungan antioksidannya tinggi. Kalsiumnya juga tinggi dan dalam penelitian terbukti jika daun ini efeknya bisa merangsang pembentukan tulang kita. Dugaan bisa mencegah tulang keropos alias osteoporosis.

Mencegah pertumbuhan sel kanker

Sudah ada kajian ilmiah membuktikan kandungan antioksidan kenikir bisa menghambat pertumbuhan sel kanker. Hanya saja, belum ada penelitian medis lanjutan yang bisa membuktikan bahwa daun kenikir efektif untuk pengobatan kanker. Konsumsinya pun harus tepat untuk dapat zat gizi pada kenikir yang maksimal.

Walaupun sudah diketahui memiliki zat gizi pada kenikir yang melimpah, namun tak boleh dikonsumsi dalam jumlah besar sekaligus. Tetapi harus dikonsumsi sewajarnya dan tunggu penelitian lebih lanjut mengenai hal ini. Pastikan daun ini dicuci terlebih dahulu sebelum dimasak atau dilalap.

Leave A Reply

Your email address will not be published.