Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Kulit Wajah

Keluarga Sehat, kulit wajahlebih tipis dibandingkan dengan kulit lainnya di tubuh kita. Jadi sangat mudah untuk merusak kulit wajah. Walau tidak sengaja sekalipun. Ada banyak kebiasaan buruk yang dapat merusak kulit wajah, dan tidak selalu berkaitan dengan kebiasaan malas membersihkan wajah. Misalnya karena salah memilih produk perawatan pun bisa menimbulkan masalah serius lho.

Kebiasaan yang Merusak Kulit Wajah

Jangan menganggap sepele beberapa hal di bawah ini, sebab bisa menjadi salah satu alasan kulit wajah kita menjadi rusak :

Kosmetik Dengan Alkohol yang Berlebihan

Cobalah untuk memilih kosmetik dengan kandungan yang sesuai dengan jenis kulit saja. Misalnya kulit kering atau sensitif, harus menghindari pemakaian produk dengan alkohol, pewangi, juga retinoid (alpha hydroxy acid). Karena zat-zat tersebut akan membuat kulit jadi semakin kering bahkan sampai iritasi lho.

Namun produk dengan kandungan cetearyl alcohol masih boleh. Sebab cetearyl alcohol memiliki struktur kimia yang lain dibanding alkohol yang biasa beredar. Yang satu ini justru bisa melembapkan wajah kita.

Tidur Sebelum Cuci Muka dengan Benar

Hal lainnya yang merusak kulit wajah adalah tidur dengan makeup dan kotoran sisa beraktivitas. Hal itu menyebabkan pori tersumbat dan jerawat pun tumbuh. Makanya, bersihkan kosmetik dan cuci muka dengan bersih sebelum tidur malam.

Kuas dan Spon Bedak yang Penuh Bakteri

Ternyata kuas atau spon kosmetik yang kotor dan tidak dibersihkan rutin, bisa menjadi tempat berkumpulnya bakteri lho. Akhirnya malah menyebabkan infeksi di kulit wajah saat dipakai. Supaya bisa menghindari infeksi ini, sebaiknya bersihkan kuas atau spon make up rutin tiap minggu. Gunakan air hangat dan sabun khusus.

Terlalu Sering Menggunakan Scrub Kulit

Menggunakan scrub memang menyenangkan karena bisa menggosok kulit mati, dan membuat kulit menjadi lebih lembut. Namun jika dipakai terlalu sering, bisa membuat kulit dapat kehilangan minyak alami dan mengalami lecet.

Baiknya scrub wajah hanya dilakukan satu sampai dua kali dalam seminggu. jangan pakai scrub saat kulit wajah sedang kering, apalagi sedang iritas dan terluka.

Durasi Mandi yang Terlalu Lama

Mandi memang menyegarkan, tetapi jika terlalu lama maka akan merusak kulit wajah. Durasi mandi cukup 5 sampai 10 menit saja. Gunakan air hangat atau dingin saat membasuh wajah.

Selain beberapa hal di atas, kebiasaan merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, sering stres, suka ngemil makanan manis, dan kurang tidur juga dapat membuat kulit wajah terlihat kusam dan menua.

Jangan sampai melakukan hal yang bisa merusak kulit wajah di atas, ya? Biasakan gaya hidup sehat sehingga kulit wajah selalu bersih dan juga berseri.

Leave A Reply

Your email address will not be published.