Kenali 5 Jenis Ikan yang Mengandung Merkuri dan Bahayanya

infokeluargasehat.com – Kenali 5 Jenis Ikan yang Mengandung Merkuri dan Bahayanya. Merkuri adalah homogen logam berat yang terbukti berbahaya untuk kebugaran. Tak hanya berasal dari polusi, paparan merkuri sanggup didapatkan berasal dari konsumsi ikan. Kemudian, apa saja tipe ikan yang memiliki kandungan merkuri?

Sekilas bahaya mengkonsumsi ikan yang mempunyai kandungan merkuri

merkuri yang tersedia di didalam ikan berbentuk metilmerkuri. Senyawa ini berasal berasal dari endapan dasar bahari.

Ikan menyerap metilmerkuri lewat insang selagi berenang dan mealui saluran pencernaan sementara makan.
Paparan merkuri dosis rendah di dalam jangka panjang yang diserap lewat saluran pencernaan bisa sebabkan gangguan platform kekebalan tubuh dan gejala rusaknya saraf.

Merkuri juga larut didalam lemak agar gampang masuk ke otak supaya mengganggu fungsinya.
Merkuri yang masuk ke di dalam tubuh lewat pembuluh darah juga sanggup sebabkan emboli paru.

Terhadap wanita hamil, merkuri mampu menembus plasenta dan berdampak buruk terhadap bayi pas lahir, layaknya kasus kemampuan berpikir, keterlambatan pembelajaran bahasa, dan halangan memori.

Daftar ikan yang mempunyai kandungan merkuri

Kenali 5 Jenis Ikan yang Mengandung Merkuri dan Bahayanya

kementerian Kelautan dan Perikanan (Kkp) memperlihatkan ambang batas kondusif merkuri terhadap ikan dan makanan lainnya adalah 1 ppm.
Berikut lebih dari satu style ikan yang memiliki kandungan tinggi merkuri, apalagi melebihi ambang batas yang ditentukan.

1. Ikan tilefish

mengutip Food and Drug Administration Amerika Perkumpulan (Fda), ikan yang satu ini memiliki kandungan merkuri yang lumayan tinggi, yaitu 1,123 ppm.

Pasti, ini melebihi ambang batas yang udah ditentukan Kementerian. Ikan ini miliki citarasa khas yang manis dan lembut, sama bersama dengan lobster.

Tilefish punya kandungan merkuri yang tinggi sebab usia hidupnya nisbi lebih lama, apalagi sanggup mencapai sebagian dasa warsa.
Hal ini memicu merkuri berkumpul lebih segudang daripada style ikan lainnya.

2. Swordfish atau todak

ikan yang mempunyai “Pedang” di bagian moncongnya ini juga merupakan ikan yang tinggi merkuri.
Memang, kandungan merkuri yang terdeteksi terhadap ikan ini masih di bawah ambang batas, yakni 0,995 ppm. Tapi, konsisten saja ini tinggi merkuri.

Serupa layaknya ikan tilefish, ikan todak ini punya umur yang lebih panjang agar merkuri mampu menumpuk di dalam selagi yang lama.
Tak sekedar tersebut, ikan todak terhitung ikan predator atau ikan yang memakan ikan lainnya.
Hal ini membawa dampak ikan todak berada terhadap puncak rantai makanan dan mampu konsumsi ikan tinggi merkuri lainnya.

3. Hiu

sirip hiu segudang diburu gara-gara diklaim punya kegunaan untuk kebugaran. Sayangnya, beragam belajar mengatakan sebaliknya.
Ikan ini juga nisbi tinggi merkuri, yakni kurang lebih 0,979 ppm.

Serupa layaknya todak, hiu merupakan predator yang mampu mengkonsumsi ikan atau organisme lain yang menyimpan merkuri. Tak heran bila hiu merupakan tidak benar satu ikan yang punya kandungan merkuri tinggi.

4. Tenggiri

ikan yang kerap digunakan untuk pempek ini ternyata mempunyai kandungan merkuri yang lumayan tinggi, yakni kira-kira 0,73 ppm. Memang, jauh di bawah sebagian ikan sebelumnya. Tapi, FDA mencantumkan tenggiri terhadap 5 urutan teratas ikan yang tinggi merkuri.

Ikan ini juga miliki usia yang nisbi panjang, yakni 20 th. Menjadi, bukan heran bila merkuri mampu menumpuk di didalam tubuh tenggiri berasal dari saat ke kala.
Meski tinggi merkuri, Kamu terus dapat mengonsumsinya bersama kondusif bila memilih tenggiri yang dibudidaya bersama kontrol eksklusif disesuaikan baku Kkp.

5. Tuna mata besar

memang, ikan tuna merupakan keliru satu asupan sehat dan kaya gizi. Tapi, hati-hati kalau Kamu inginkan konsumsi tuna mata besar.
Ikan ini mempunyai kandungan merkuri sebesar 0,689 ppm. Jikalau Kamu mengidamkan memilih model tuna yang rendah merkuri, pilihlah tuna skipjack atau cakalang.

Ikan ini hanyalah punya kandungan merkuri sebesar 0,144, jauh lebih rendah daripada ikan tuna besar.

Makanan yang punya kandungan merkuri lainnya

selain ikan-ikanan, tersedia lebih dari satu model makanan yang ternyata mempunyai kandungan merkuri. Ini lebih-lebih tersedia di di dalam asupan harian Kamu. Apa saja?

1. Sirup jagung tinggi fruktosa

sirup jagung tinggi fruktosa atau high-fructose corn syrup (Hfcs) merupakan pemanis protesis yang generik digunakan didalam makanan kemasan atau minuman gampang.
Tak hanya menambah risiko Kamu mengalami diabetes dan obesitas, sirup jagung tinggi fruktosa ternyata juga terhitung bahan makanan punya kandungan merkuri tinggi.

Mengapa style gula ini juga sanggup tinggi merkuri?
Hal ini gara-gara tahapan pembuatan sirup jagung memakai bahan bernama soda kaustik yang terbuat berasal dari pemrosesan merkuri.

2. Beras

beras merupakan keliru satu sumber makanan mempunyai kandungan merkuri.
Ladang padi terhadap umumnya berlokasi di area yang dekat bersama dengan industri penghasil limbah merkuri.

Beras menyerap merkuri lebih gampang daripada product pertanian lainnya sebab ditanam di dalam suasana huma yang tergenang air.

Di segudang tempat, air irigasi pertanian dapat terkontaminasi oleh merkuri. Hal ini menyebabkan takaran merkuri yang tersedia di dalam tanah menjadi lebih terkonsentrasi supaya lebih enteng terserap ke didalam bulir padi.

Tak sekedar tersebut, bakteri yang hidup di sawah bisa mengubah merkuri jadi metilmerkuri.
Meski begitu, merendam dan memasak beras dapat kurangi kandungan merkuri secara vital.

Cara menghindari ikan yang memiliki kandungan merkuri

untuk menghindari ikan ini, tersedia sebagian hal yang perlu Kamu pahami. Kamu dapat memilih ikan air tawar alih-alih ikan bahari, layaknya sungai dan danau.

Lingkungan air tawar cenderung lebih rendah kontaminasi merkuri daripada bahari. Tak sekedar tersebut, Kamu sanggup menghindari lebih dari satu ikan predator berukuran besar.

Sudah diketahui sebelumnya, ikan predator merupakan ikan yang punya kandungan merkuri tinggi.
Tak sekedar berasal dari ukuran tubuhnya, Kamu mampu melihatnya berasal dari gigi di didalam mulutnya yang runcing dan sebagian mempunyai geraham besar.

Tersedia sebagian tipe ikan yang punya kandungan merkuri terlalu tinggi.
Kadarnya lebih-lebih melewati atau mendekati ambang batas maksimal yang udah ditentukan kementerian.untuk tersebut, batasi mengonsumsi ikan ini semata-mata seminggu 2 kali. Bila kudu, selingi bersama dengan ikan tinggi omega-3.

Leave a Reply

Your email address will not be published.