Kenali 5 Manfaat Kesehatan dari Bermain Catur, Salah Satunya Mencegah Pikun

 

Kenali 5 Manfaat Kesehatan dari Bermain Catur, Salah Satunya Mencegah Pikun

infokeluargasehat.com – Kenali 5 Manfaat Kesehatan dari Bermain Catur, Salah Satunya Mencegah Pikun. Ada berbagai manfaat bermain catur, terutama untuk kesehatan otak dan mental. Salah satu permainan yang banyak disukai orang dikenal dapat meningkatkan konsentrasi untuk meningkatkan kreativitas dan kecerdasan.

Catur adalah jenis permainan strategi yang dimainkan di papan catur, biasanya dimainkan oleh 2 orang. Meskipun tidak memerlukan aktivitas fisik yang intens, catur dianggap sebagai olahraga yang dapat memberikan manfaat kesehatan.

5 Manfaat Kesehatan dari Bermain Catur

Tidak hanya bermain catur yang menyenangkan, ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari melakukannya secara teratur, yaitu:

1. Menjaga kesehatan dan fungsi otak

Salah satu manfaat bermain catur adalah menjaga fungsi dan kesehatan otak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bermain catur dapat meningkatkan kapasitas memori otak dan melatih kemampuannya untuk berpikir, merencanakan, dan memecahkan masalah.

2. Meningkatkan Kecerdasan

Selain meningkatkan daya ingat, bermain catur juga bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak. Orang yang bermain catur sering kali memiliki kemampuan berpikir dan nalar yang baik, sehingga lebih mudah untuk menemukan solusi dari suatu masalah.

Ada juga penelitian yang menyebutkan bahwa anak yang senang bermain catur rata-rata memiliki prestasi akademik yang lebih baik dan IQ yang lebih baik daripada anak yang jarang bermain catur. Artinya bermain catur bisa membuat anak lebih pintar.

3. Meningkatkan kemampuan berkonsentrasi

Kesulitan berkonsentrasi dapat menyebabkan seseorang membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan pekerjaannya, serta kesulitan memahami pelajaran atau menyerap informasi. Sulit berkonsentrasi dapat memiliki banyak penyebab dan salah satunya adalah proses penuaan pada otak.

Jika Anda sering sulit berkonsentrasi, Anda bisa mulai bermain catur secara rutin. Permainan ini terbukti dapat meningkatkan konsentrasi dan melatih kemampuan otak untuk menyimpan memori jangka pendek.

4. Tingkatkan kreativitas

Tidak hanya bagi seniman, seperti pelukis, musisi atau pelukis, kreativitas penting bagi setiap manusia. Berpikir kreatif berperan penting dalam memecahkan masalah dan memahami situasi dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa orang dilahirkan dengan bakat alami untuk berpikir kreatif, beberapa tidak. Nah, untuk meningkatkan kreativitas Anda, Anda bisa mencoba berbagai aktivitas termasuk bermain catur.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bermain catur dapat melatih imajinasi otak, sehingga kreativitas lebih berkembang.

5. Mencegah Pikun

Pikun adalah gangguan ingatan yang menyebabkan seseorang sering lupa. Dengan demensia atau demensia berat, seseorang bahkan mungkin mengalami kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari dan mungkin tidak dapat mengenali orang-orang terdekatnya. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai penyakit seperti: B. Penyakit Alzheimer.

Untuk mencegah pikun, disarankan untuk melatih daya ingat dan kemampuan berpikir otak Anda secara teratur. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk mencegah pikun, mulai dari sering membaca, mendengarkan musik, hobi hingga bermain catur.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bermain catur bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak, serta melatih ketajaman daya ingat dan konsentrasi. Pada lansia, efek bermain catur juga baik untuk mencegah pikun dan pikun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.