Kenali 8 Jenis Kista Dalam Tubuh, yang perlu kamu ketahui

Kenali 8 Jenis Kista Dalam Tubuh, yang perlu kamu ketahui

infokeluargasehat.com – Kenali 8 Jenis Kista Dalam Tubuh, yang perlu kamu ketahui. Berbagai jenis kista dapat terbentuk atau tumbuh di berbagai area tubuh, mulai dari wajah hingga ovarium. Tidak seperti penyakit lain, kista seringkali tidak diketahui penyebabnya dan jarang menimbulkan gejala.

Kista adalah kantung berisi cairan, gas, atau bahan padat yang terbentuk di mana saja di tubuh, termasuk wajah, kulit kepala, punggung, lengan, kaki, dan organ dalam seperti hati, ovarium, rahim, ginjal, atau otak.

Kebanyakan kista umumnya tidak berbahaya atau bukan kanker. Namun, ada juga kista yang bisa berkembang menjadi kanker.

Kenali 8 Jenis Kista Dalam Tubuh

Ada berbagai jenis kista, dan bagaimana mereka terbentuk. Berikut ini adalah jenis-jenis kista yang perlu Anda ketahui:

1. Kista ovarium

Kista ovarium adalah benjolan atau cairan yang tumbuh di indung telur atau indung telur. Kondisi ini cukup umum di kalangan wanita. Kebanyakan kista ovarium tidak berbahaya dan akan hilang sendiri tanpa perawatan khusus.

Kista ovarium cenderung tanpa gejala. Namun, jika kista ovarium tumbuh menjadi ukuran besar dan pecah, dapat menyebabkan gejala serius, seperti pembengkakan perut, demam, pingsan, pusing, napas cepat, dan nyeri panggul atau perut yang parah.

2. Kista epidermoid

Kista epidermoid adalah benjolan jinak yang dapat tumbuh di bagian kulit mana pun, seperti wajah, leher, kepala, punggung, dan alat kelamin. Kista epidermoid biasanya jarang terjadi. Namun, dalam beberapa kasus, jenis kista ini bisa tidak menyenangkan, menyakitkan, atau terinfeksi.

3. Kista payudara

Kista payudara adalah benjolan berisi cairan yang tumbuh di jaringan payudara. Kista jenis ini umumnya jinak atau tidak berkembang menjadi sel kanker. Dalam beberapa kasus, kista payudara tidak memerlukan perawatan khusus, kecuali jika kista menjadi lebih besar dan menimbulkan rasa sakit.

4. Kista ganglion

Kista ganglion adalah benjolan jinak yang muncul di sepanjang sendi. Biasanya kista ini tumbuh di pergelangan tangan atau buku. Meski jarang, kista ganglion bisa muncul di tempat lain, seperti ujung jari, lutut bagian luar, pergelangan kaki, dan punggung kaki.

5. Kista Dermoid

Kista dermoid adalah pertumbuhan abnormal kantong di dalam tubuh yang berisi berbagai struktur jaringan, seperti folikel rambut, kelenjar keringat, gigi, dan jaringan saraf.

Kista dermoid dapat muncul di permukaan kulit atau organ lain di dalam tubuh, seperti tulang belakang, otak, rongga sinus, rongga perut, dan ovarium.

6. Kista baker

Kista baker adalah kantong berisi cairan yang menyebabkan benjolan muncul di belakang lutut. Rasa sakit akibat kondisi ini bisa bertambah parah jika lutut sering digerakkan.

Kista baker umumnya disebabkan oleh penumpukan berlebihan cairan pelumas sendi (cairan sinovial) di jaringan lutut. Kondisi ini dipicu oleh sejumlah masalah pada lutut, seperti radang sendi atau robeknya tulang rawan di lutut.

Dalam beberapa kasus, kista baker tidak menyakitkan dan seringkali tidak diketahui. Namun, sebaiknya segera periksakan ke dokter jika kista baker menyebabkan rasa sakit dan bengkak di belakang lutut yang mengganggu aktivitas.

7. Kista Bartholin

Kista bartholin adalah pembengkakan atau benjolan pada salah satu atau kedua kelenjar lubrikasi vagina atau kelenjar bartholin yang terletak di sisi vagina. Kista ini dapat terbentuk ketika kelenjar tersumbat.

Infeksi kista bartholin dapat disebabkan oleh infeksi bakteri penyebab penyakit menular seksual (PMS), seperti gonore dan klamidia. Kista bartholin bisa menyakitkan saat terinfeksi.

8. Kista ginjal

Kista ginjal adalah kantung berisi cairan yang terbentuk di ginjal. Kista ginjal dibagi menjadi 2 jenis, yaitu kista ginjal sederhana dan penyakit ginjal polikistik.

Jenis kista yang paling umum adalah kista ginjal sederhana. Kista jenis ini merupakan kista jinak dan tidak berkembang menjadi kanker, serta jarang menimbulkan komplikasi yang serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published.