Kenali Fungsi Tulang Pergelangan Tangan Anda

infokeluargasehat.com – Kenali Fungsi Tulang Pergelangan Tangan Anda. Faedah tulang pergelangan tangan yang paling primer adalah mendukung konvoi pergelangan tangan. Tapi, tahukah Kamu bahwa tidak cuman untuk menopang konvoi pergelangan tangan, tulang-tulang ini juga menopang konvoi tulang jemari.

Manfaat tulang pergelangan yang primer adalah untuk menopang konvoi pergelangan tangan dan jari. Ini juga bermanfaat untuk menghubungkan jari bersama dengan jaringan dan tulang-tulang lainnya.
Di dalam anatomi tulang, keberadaan tulang pergelangan ini sebenarnya mesti dijaga supaya Kamu dapat konsisten lakukan kesibukan sehari-hari.

Berikut adalah klarifikasi berkaitan anatomi, faedah, sampai gangguan tulang pergelangan tangan.

Anatomi tulang pergelangan tangan

Kenali Fungsi Tulang Pergelangan Tangan Anda

Mengutip berasal dari Healthline, pergelangan tangan terdiri berasal dari 8 tulang kecil yag disebul sebagai tulang karpal atau karpus. Ini menyatu bersama tulang panjang yang berada di lengan, jari-jari dan ulna.
Bentuk tulang pergelangan tangan atau karpal adalah persegi kecil, bulat telur, dan segitiga. Gugusan di pergelangan tangan membuatnya kuat dan fleksibel.

Berikut adalah delapan tipe tulang karpal, di antaranya adalah:

  • Scaphoid, tulang panjang di bawah ibu jari.
  • lunate, berbentuk bulan sabit di samping skafoid.
  • trapesium, berbentuk bujur sangkar di atas skafoid dan di bawah ibu jari.
  • trapezoid, di samping trapezium yang berbentuk baji.
  • capitate, berbentuk bulat telur di sedang pergelangan tangan.
  • hamate, di bawah sisi jari kelingking tangan.
  • triquetrum, berbentuk piramida di bawah hamate.
  • pisiform, tulang bulat kecil di atas triquetrum.

apa saja manfaat tulang pergelangan tangan?

Bukan sebatas sebagai penopang, tulang pergelangan tangan fungsinya juga untuk menopang kesibukan harian, layaknya kemampuan mengetik, berolahraga, maupun lakukan gerakan lainnya.
Ini juga gara-gara tulang pergelangan tangan terhitung ke di dalam sendi geser, sendi yang paling kerap digunakan manusia.

Berikut adalah sebagian kegunaan tulang pergelangan tangan terhadap anatomi tubuh manusia, yaitu:

1. Menunjang konvoi pergelangan tangan

Manfaat tulang pergelangan tangan adalah menolong konvoi pergelangan tangan.
Kamu bisa menggerakkannya ke belakang dan depan, ke samping kiri dan kanan, ke atas dan bawah, dan juga memutar dikarenakan adanya tulang ini.
Untuk tersebut, Kamu kudu menjaganya supaya bukan kesulitan laksanakan aktivitas yang berhubungan bersama dengan koordinasi jari dan telapak tangan.
Sebagai contoh, berusaha melempar bola, mengangkat gelas, menuangkan minuman, menutup tutup kaleng, dan sebagainya.
Manfaat pergelangan tangan adalah menunjang jemari untuk bergerak

2. Menunjang konvoi jari-jari tangan

Bukan sebatas menopang konvoi pergelangan tangan, tulang pergelangan tangan fungsinya juga turut menolong konvoi jari-jari tangan.
Tulang pergelangan tangan menolong konvoi jempol dan jemari lainnya untuk sanggup bergerak ke depan dan belakang, dan juga ke samping kiri dan kanan.

3. Penghubung tulang lengan bawah bersama tulang jari

Berikutnya, faedah tulang pergelangan tangan adalah sebagai penghubung antara tulang tangan bersama tulang lengan bawah.
Tulang tangan yang terdiri berasal dari tulang-tulang jemari, sedangkan tulang lengan bawah terdiri berasal dari tulang hasta dan tulang pengumpil.
Faedah pergelangan tangan lainnya adalah area melekatnya jaringan

4. Daerah melekatnya jaringan tubuh terhadap tangan

Pergenlangan tangan juga befungsi sebagai area melekatnya otot dan jaringan-jaringan halus, layaknya tendon, saraf, pembuluh darah, dan ligamen.
Jaringan-Jaringan itu berperan di dalam menunjang konvoi, sensasi, dan penyaluran nutrisi ke tangan.
Gangguan terhadap kegunaan pergelangan tangan
Tulang pergelangan tangan terlampau kerap digunakan. Oleh dikarenakan tersebut, tergolong benar-benar rentan untuk mengalami cedera atau pun gangguan.
Suasana atau gangguan terhadap manfaat pergelangan tangan mampu diakibatkan oleh beraneka hal, layaknya:

1. Patah tulang pergelangan tangan

Cedera berupa keretakan terhadap tulang pergelangan tangan merupakan gangguan terhadap manfaat tulang pergelangan tangan yang paling generik berjalan.
Keretakan atau patah tulang pergelangan tangan dapat berlangsung gara-gara adanya tekanan atau pukulan yang keras, layaknya dikarenakan kecelakaan, dan sebagainya.
Kamu juga mampu mengalami keretakan tulang ini dikarenakan jatuh bersama dengan posisi lengan yang terlentang.
Keadaan ini sanggup meningkat kecuali tulang pergelangan tangan bergeser dan juga mengalami osteoporosis.
Faedah pergelangan tangan sanggup terganggu sebab tekanan berulang

2. Tekanan berulang

tekanan atau gerakan yang dilaksanakan secara berulang mampu mengganggu manfaat tulang pergelangan tangan bersama dengan sebabkan terjadinya sindrom terowongan karpal (Cts).&Nbsp;
Carpal tunnel adalah sekumpulan tendon dan saraf yang berada di tulang pergelangan tangan.
Ini&Nbsp;Mampu menebal dan berjalan peradangan apabila mengalami tekanan atau melaksanakan gerakan eksklusif secara berulang, layaknya mengetik, olahraga eksklusif, dan sebagainya.

3. Cedera terhadap otot

selain keretakan, cedera otot di tulang pergelangan tangan adalah cedera generik lainnya yang mampu mengganggu kegunaan tulang pergelangan tangan.
Cedera otot atau tangan keseleo mampu memicu rasa sakit terhadap tulang pergelangan tangan. Penyebabnya adalah sebab rusaknya terhadap ligamen.

4. Artritis

Suasana medis berupa artritis atau peradangan terhadap sendi dapat berlangsung terhadap tulang pergelangan tangan. Karakteristik-Karakteristik atau gejala berasal dari artritis adalah rasa sakit dan kekakuan terhadap persendian.
Type artrtis yang generik berlangsung terhadap tulang pergelangan tangan adalah osteoartritis, rheumatoid arthritis, dan posttraumatic arthritis.
Tulang pergelangan tangan rentan mengalami sakit atau gangguan, tapi Kamu dapat menghindarinya bersama melaksanakan peregangan secara rutin.
Kamu juga dapat tingkatkan energi tangan dan pergelangan tangan bersama dengan melaksanakan latihan energi eksklusif.
Tidak benar satu olahraga yang mampu menunjang fleksibilitas dan daya tangan dan juga pergelangan tangan adalah yoga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.