Kenali Gejala Asam Urat di Tangan

Kenali Gejala Asam Urat di Tangan

Infokeluargasehat.com – Kenali Gejala Asam Urat di Tangan. Asam urat biasanya menyerang pergelangan kaki, tetapi bisa juga di tangan. Gejala asam urat tangan bisa muncul di siku, pergelangan tangan, dan jari tangan. Jika tidak diobati, gejala asam urat dapat memburuk dan menyulitkan orang yang terkena untuk berjalan.

Saat asam urat kambuh, gejalanya, baik di tangan dan kaki, biasanya berlangsung beberapa hari dan hilang dengan sendirinya. Namun, jika menimbulkan keluhan yang mengganggu, seperti nyeri hebat atau kesulitan menggerakkan sendi yang terkena, sebaiknya dokter mengobati asam urat.

Berbagai gejala asam urat di tangan

Gejala asam urat bisa terjadi ketika jumlah asam urat dalam tubuh meningkat terlalu banyak. Berikut beberapa gejala asam urat di tangan yang harus Kamu ketahui:

1. Jari dan pergelangan tangan bengkak dan sakit

Gejala asam urat yang paling umum di tangan adalah tangan, termasuk kekakuan pada pergelangan tangan dan jari, bengkak, kemerahan dan nyeri, kesemutan dan kehangatan. Gejala ini bisa muncul kembali secara tiba-tiba di malam hari atau di pagi hari setelah bangun tidur.

Saat gejala muncul, penderita mungkin kesulitan melakukan aktivitas tertentu, seperti mengangkat atau memegang benda, membuka pintu, menulis, atau mencuci piring.

2. Kesulitan berpegangan tangan

Ketika gejala asam urat di tangan sudah parah dan berlangsung lama, penderita mungkin akan kesulitan menggerakkan jari atau pergelangan tangan. Mereka juga mengalami kesulitan memegang tangan, yang mengganggu aktivitas sehari-hari mereka.

3. Tulang keras di beberapa jari atau siku

Gejala asam urat di tangan juga bisa dilihat dari munculnya benjolan keras berwarna putih di kulit. Benjolan ini disebut tahu. Lepuh tophus biasanya muncul di sebagian besar jari atau siku.

Dalam kebanyakan kasus, tulang-tulang ini tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi seiring waktu, mereka dapat menyebabkan tangan membengkak, bergerak atau membuatnya sulit untuk bergerak. Munculnya tahu di tangan disebabkan oleh akumulasi kristal asam urat ketika jumlah asam urat dalam tubuh terlalu tinggi dan tidak terkontrol.

Cara Mengatasi Gejala Asam Urat

Untuk mengurangi gejala nyeri dan bengkak pada tangan akibat asam urat, Kamu bisa mengoleskan kompres dingin pada tangan selama kurang lebih 15 menit, istirahat, minum obat pereda nyeri dan banyak minum air putih. Selain itu, untuk membantu mengurangi dan mencegah gejala asam urat, sebaiknya juga membatasi makanan penyebab peningkatan asam urat atau makanan yang mengandung purin, seperti daging dan alkohol, serta olahraga. tubuh sepanjang waktu.

Jika Kamu melihat gejala asam urat di tangan seperti yang disebutkan di atas, apalagi jika keluhannya parah, memburuk, berulang dan disertai demam, sebaiknya Kamu segera mencari pertolongan medis untuk ditangani dengan baik.

Perawatan yang tepat penting untuk mengurangi gejala dan mencegah kambuhnya serangan asam urat. Penting juga untuk mencegah komplikasi dari asam urat, seperti kerusakan sendi permanen atau pembentukan batu ginjal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

x