Kenali Gejala Tipes Kambuh dan Cara Penanganannya

Kenali Gejala Tipes Kambuh dan Cara Penanganannya

infokeluargasehat.com – Kenali Gejala Tipes Kambuh dan Cara Penanganannya. Tipes atau demam tifoid adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi. Penyakit ini umumnya ditularkan melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi oleh kuman tersebut. Selain itu, Tipes juga lebih sering terjadi di lingkungan yang tidak higienis.

Obat Tipes berupa antibiotik biasanya diresepkan oleh dokter untuk mengatasi Tipes. Namun, gejala Tipes bisa kambuh kembali setelah pengobatan selesai.

Penyebab Gejala Tipes Berulang

Meski sudah merasa lebih baik, penyakit Tipes bisa kambuh dan gejalanya bisa muncul kembali. Hal ini dikarenakan bakteri Salmonella masih berada di dalam tubuh pasien.

Kekambuhan gejala Tipes umumnya terjadi sekitar seminggu setelah pengobatan antibiotik selesai. Namun, pada beberapa kasus, gejala Tipes bisa kambuh sekitar 2 bulan setelah penderita sembuh.

Gejala Khas Kambuh

Gejala Tipes yang kambuh biasanya lebih ringan dan berlangsung lebih singkat dari gejala Tipes sebelumnya. Gejala Tipes kambuh meliputi:

  • Demam yang meningkat secara bertahap dan dapat mencapai 40°C
  • Sakit kepala
  • Sakit perut
  • lemah
  • Diare atau sembelit
  • Kehilangan nafsu makan
  • Sakit otot
  • Ruam merah di perut dan dada
  • Sakit tenggorokan atau batuk kering

Penanganan Gejala Tipes Berulang

Obat yang digunakan untuk mengatasi gejala Tipes kambuh tidak berbeda dengan obat Tipes atau demam tifoid. Beberapa obat yang mungkin diresepkan dokter adalah:

Antibiotik

Pengobatan utama Tipes adalah pemberian antibiotik, seperti ciprofloxacin, azithromycin, dan ceftriaxone. Gejala Tipes umumnya akan membaik dalam waktu 3–5 hari setelah memulai pengobatan. Lamanya pengobatan Tipes berlangsung selama 7-14 hari, namun dapat diperpanjang hingga 28 hari.

Antibiotik harus dihabiskan sesuai petunjuk dokter untuk mencegah bakteri menjadi kebal di kemudian hari dan gejala Tipes berulang.

Kortikosteroid

Dexamethasone adalah obat kortikosteroid yang digunakan untuk gejala Tipes berat. Pemberian obat ini juga dapat mengurangi risiko gejala Tipes berulang di kemudian hari.

Jika kamu menderita Tipes, hindari menyiapkan makanan untuk orang lain dan merawat anak kecil sampai hasil laboratorium menunjukkan bahwa kalian bebas dari infeksi Salmonella. Selain itu, untuk mencegah penyebaran penyakit Tipes, pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun setelah dari toilet.

Tipes dapat dicegah dengan melakukan vaksinasi Tipes, mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat, higienis, dan membiasakan mencuci tangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *