Kenali Penyakit Karena Gigitan Nyamuk

Keluarga sehat, waspada dengan nyamuk ya! Walau berukuran kecil, namun nyamuk bukanlah hewan yang dianggap sepele. Sebab karena melalui gigitan nyamuk saja, banyak penyakit dan masalah kesehatan bisa menyerang kita. Bahkan pada buah hati kita!

Daftar Penyakit yang Disebabkan oleh Gigitan Nyamuk

Nyamuk yang sering menggigit manusia hanya nyamuk betina. Sebab nyamuk betina membutuhkan protein dan zat besi dalam darah supaya bisa memproduksi telur.

Hal yang muncul karena gigitan nyamuk adalah rasa gatal dan bentol-bentol di permukaan kulit. Selain itu, ada beberapa penyakit bahaya yang menyebar lewat gigitan nyamuk, yaitu:

Demam berdarah

DBD atau demam berdarah dengue adalah penyakit yang tak asing lagi. Disebabkan oleh virus Dengue yang bisa masuk ke tubuh karena gigitan nyamuk. Nyamuk itu Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Gejala dan keluhan saat terserang DBD adalah demam tinggi dan sakit kepala berat.

Selain itu juga merasa nyeri di belakang mata, muncul bintik kemerahan dan mual muntah. Penyakit ini memerlukan pemantauan seksama dari tim medis. Bila tanpa perawatan yang tepat, maka DBD ini sangat fatal akibatnya.

Malaria

Sementara itu parasit Plasmodium menjadi penyebabnya, dan disebarkan melalui gigitan nyamuk Anopheles. Ketika si kecil terkena infeksinya, maka muncul gejala seperti demam dan menggigil, sakit kepala dan berkeringat. bahkan ada juga anak yang sulit bernapas dan anemia berat.

Saat terinfeksi parasit ini, Si Kecil bisa mengalami gejala, seperti demam, menggigil, berkeringat, dan sakit kepala. Bahkan, sebagian anak bisa mengalami anemia berat juga gangguan pernapasan.

Chikungunya

Merupakan infeksi virus karena gigitan nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus. Adapun penyakit ini ditandai dengan demam dan nyeri sendi mendadak. Alhasil penderitanya sulit bergerak dengan normal.

Biasanya gejala itu berlangsung sekitar satu minggu saja. Tetapi sebagian lainnya merasakan nyeri sendi sampai lebih dari dua bulan.

Virus zika

Virus zika juga ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Gejala yang bisa timbul adalah sakit kepala, seluruh tubuh gatal, muncul ruam di kulit. Selain itu nyer sendi dan mata merah, juga nyeri di belakang mata. Jika pada ibu hamil. maka bayi bisa saja terlahir cacat.

Cara Melindungi Anak dari Gigitan Nyamuk

Karena banyak penyakit yang bisa ditularkan melalui gigitan nyamuk, ada beberapa langkah untuk mencegah gigitan. Khususnya bagi anak-anak kita, seperti berikut :

Gunakan kelambu untuk mencegah nyamuk
Selalu aplikasikan losion anti nyamuk khusus anak
Pakaian anak harus nyaman dan bisa menutupi semua tubuh anak jika akan dibawa keluar
Jangan ada wadah terbuka yang menampung genangan air, sebab jadi tempat bersarang nyamuk.

Terakhir, jangan ragu membawa anak ke dokter apabila mengalami keluhan seperti yang disebutkan. Keluarga sehat pasti bijak menyikapi gigitan nyamuk.

Leave A Reply

Your email address will not be published.