Kenapa Lidah Terasa Pahit Saat Anda Sedang Sakit?

Infokeluarga.com -Kenapa Lidah Terasa Pahit Saat Anda Sedang Sakit?.  Lidah yang pahit kerap membuat makanan dan minuman apa joke terasa tak enak di mulut saat Anda sakit. Lalu, mengapa kondisi ini bisa terjadi dan bagaimana cara untuk menghilangkannya? Simak jawaban selengkapnya di bawah ini.

Penyebab lidah terasa pahit saat sakit

Kenapa Lidah Terasa Pahit Saat Anda Sedang Sakit?

Indra pengecap akan jadi lebih peka terhadap rasa pahit saat Anda sedang sakit. Ambil contoh saat Anda terinfeksi infection flu atau bakteri streptokokus penyebab radang tenggorokan.

Ketika terjadi infeksi, jumlah protein bernama TNF-α (Tumor Necrosis Factor-α) akan meningkat untuk melawan kuman penyebab penyakit.

Meningkatnya protein ini juga memicu gangguan pada lidah dengan mengaktifkan sel yang bertanggung jawab untuk mengecap rasa pahit. Akibatnya, makan atau minum akan terasa lebih pahit dari biasanya.

Selain disebabkan oleh peradangan dan infeksi, mulut dan lidah yang terasa pahit juga bisa disebabkan oleh berbagai masalah kesehatan lainnya.

Gangguan pencernaan, gejala penyakit gusi dan gigi, hingga ketidakseimbangan hormon bisa menjadi beberapa penyebabnya.

1. Penyakit gigi dan gusi

Timbulnya penyakit gigi dan gusi kemungkinan besar disebabkan oleh perawatan mulut yang tidak sesuai, seperti tidak malas menyikat gigi secara rutin.

Mengabaikan anjuran tersebut tentu akan meningkatkan infeksi bakteri, infection, dan jamur pada rongga mulut. Hal inilah yang bisa memicu gigi berlubang (karies), radang gusi (gum disease), hingga infeksi gusi (periodontitis).

2. Mulut kering (xerostomia)

Kondisi mulut kering (xerostomia) dipicu oleh berkurangnya produksi air liur dari kelenjar spit. Hal ini mempermudah perkembangan bakteri, yang mana juga akan menimbulkan rasa lengket di dalam rongga mulut.

Xerostomia bisa terjadi akibat efek samping obat-obatan atau terapi tertentu, gangguan tubuh, hingga merokok dan minum alkohol yang menyebabkan mulut dan lidah terasa pahit.

3. Gangguan asam lambung

Gangguan asam lambung seperti GERD (gastroesophageal reflux infection) terjadi saat cairan asam dari lambung bocor dan mengalir naik ke kerongkongan.

Lidah pahit saat sakit lambung ini umumnya juga disertai dengan timbulnya bau mulut tidak sedap dan sensasi nyeri terbakar pada dada (acid reflux).

4. Kehamilan dan menopause

Wanita hamil biasanya mengeluhkan sensasi pahit pada mulut dan lidah selama trimester 1. Rasa pahit pada lidah ditimbulkan oleh ketidakseimbangan hormon yang akan berangsur membaik selama kehamilan hingga melahirkan nanti.

Selain itu, wanita yang masuk fase menopause juga berpotensi mengalami kondisi ini akibat hormon estrogen yang kian menurun. Hal ini juga bisa dipengaruhi kondisi lain, seperti consuming mouth condition pada wanita saat menopause.

5. Kekurangan nutrient dan mineral

Lidah yang terasa pahit saat sakit juga bisa disebabkan karena tubuh kekurangan nutrient dan mineral tertentu, terutama vitamin B12 (kobalamin) dan mineral zinc.

Kurangnya vitamin B12 dan zinc dalam tubuh memicu berbagai gangguan rongga mulut, seperti bau mulut tak sedap dan perubahan rasa. Kondisi ini umumnya cenderung ringan dan bisa diatasi dengan menambahkan suplemen.

Ikhtisar
Infeksi dan peradangan pada tubuh menjadi penyebab utama lidah pahit saat sakit. Namun, hal ini juga bisa terjadi akibat penyakit gigi dan gusi, mulut kering, gangguan asam lambung, kehamilan dan menopause, hingga kekurangan nutrient dan mineral.

Bagaimana lidah pahit bisa memengaruhi nafsu makan?

Lidah yang pahit saat sakit membuat makanan dan minuman terasa tak enak sehingga Anda jadi tidak nafsu makan. Namun, jika ditilik lebih dalam, mekanismenya sebenarnya jauh lebih rumit dari itu.Dalam sebuah studi terbitan jurnal Brain, Behavior, and Immunity (2015), diketahui bahwa menurunnya nafsu makan dipicu oleh produksi protein dalam tubuh yang bernama sitokin.

Bersama dengan protein TNF-α (Tumor Necrosis Factor-α), sitokin bertugas melawan penyakit yang menyerang tubuh. Akan tetapi, sitokin menimbulkan efek samping berupa berkurangnya nafsu makan.

Penurunan nafsu makan saat sakit juga dipengaruhi oleh fungsi tubuh Anda. Saat Anda makan banyak, sistem pencernaan harus bekerja keras untuk mencerna makanan.

Padahal, tubuh memerlukan banyak energi untuk melawan penyakit. Oleh sebab itu, saat sakit tubuh Anda hanya menggunakan energi untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

Akibatnya, kerja sistem pencernaan untuk mencerna makanan melemah dan Anda play on words tidak merasakan dorongan untuk makan seperti biasanya.

Bagaimana cara mudah mengatasi mulut terasa pahit?

Walaupun nafsu makan bisa hilang karena lidah terasa pahit saat sakit, Anda tetap membutuhkan berbagai asupan zat gizi agar tubuh lebih kuat dan cepat pulih.

Supaya selera makan bertambah, terdapat beberapa cara alami untuk mengatasi mulut pahit yang bisa Anda perhatikan seperti berikut ini.

1. Makan sering dalam porsi kecil

Tak perlu memaksakan untuk menghabiskan satu porsi besar makanan Anda. Cobalah untuk mengurangi porsi makanan hingga setengah atau seperempat dari biasanya.

Untuk mendapatkan asupan gizi yang cukup, Anda juga bisa makan lebih dari tiga kali sehari dengan porsi yang lebih sedikit.

Dengan begitu, sistem pencernaan tidak akan bekerja terlalu keras setiap kali Anda makan. Anda juga tidak perlu menahan rasa pahit untuk waktu yang terlalu lama saat makan.

2. Konsumsi makanan bergizi

Meski tidak banyak makan, pastikan bahwa zat gizi yang tubuh perlukan terpenuhi untuk mencegah sensasi lidah pahit, terutama vitamin B12 dan zinc.

Beberapa makanan yang cocok untuk lidah pahit saat sakit antara lain ayam, daging sapi, telur, susu, sayuran, dan buah-buahan.

Di samping memperbanyak asupan makanan tersebut, Anda juga bisa memperolehnya melalui suplemen sesuai saran dokter.

3. Perbanyak makan buah jeruk

Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan, seperti jeruk, lemon, atau jeruk bali merah (grapefruit) bila merasakan kondisi ini.

Selain rasanya yang segar, buah yang satu ini dapat memicu produksi air liur sehingga baik dikonsumsi saat mulut terasa pahit.

Air liur atau ludah akan membantu mulut membersihkan rasa pahit pada lidah. Anda bisa memakannya langsung atau memeras sarinya agar lebih mudah dicerna oleh tubuh.

4. Tambahkan rempah

Untung mengurangi rasa pahit pada lidah, Anda dapat memperkuat rasa makanan dengan rempah alami.

Rempah yang menambah cita rasa masakan ternyata juga berkhasiat meningkatkan nafsu makan. Anda dapat mencoba menambahkan jahe, lada, dan kayu manis dalam masakan, seperti sup dan semur.

Selain itu, Anda juga bisa menyeduh teh dengan jahe dan kayu manis sebagai alternatif air putih. Ini karena jahe bisa mengurangi sensasi lidah terasa pahit yang Anda alami.

5. Berhenti merokok

Apabila Anda seorang perokok, sebaiknya segera hentikan kebiasaan buruk ini. Merokok bisa menyebabkan mulut kering sehingga meningkatkan risiko masalah gigi dan mulut.

Berhenti merokok sekaligus mengurangi risiko Anda terkena penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, stroke, hingga kanker.

Sensasi lidah pahit saat sakit merupakan hal yang umum terjadi. Namun, bila hal ini mengganggu dan terjadi dalam waktu lama, tentu Anda perlu menangani penyebab utamanya.

Jika berkaitan dengan kesehatan mulut dan gigi, Anda disarankan untuk melakukan perawatan oral yang benar, terutama menyikat gigi dengan benar dua kali sehari.

Agar lebih efektif dalam menghilangkan plak dan sisa makanan pada sela gigi, tambahkan juga perawatan dengan benang gigi (flossing) dan menggunakan obat kumur.

Sementara bila lidah pahit bersumber dari masalah kesehatan lain, segera berkonsultasi dan lakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.