Kesalahan Saat Diet yang Sering Terjadi

Keluarga Sehat, tahukah apa saja kesalahan saat diet? Ternyata banyak yang salah mengira diet cepat itu diet sehat. Padahal kenyataannya diet sehat dan diet cepat itu berbeda. Diet cepat membuat kita cepat kurus, namun dengan kondisi badan yang menurun drastis. Sementara diet sehat memang membutuhkan waktu lama untuk menurunkan berat badan, namun kondisi badan tetap prima dan sehat.

Kebiasaan yang Ternyata Kesalahan Saat Diet

Berikut adalah merupakan beberapa kebiasaan yang sangat umum dilakukan saat diet, ternyata hal ini bisa mempengaruhi kondisi tubuh kita lho. Apa saja?

Melewatkan Jam Makan Utama

Yang pertama adalah melewatkan jam makan yang utama, jadi tak makan pagi, siang dan malam. Padahal sarapan yang mengandung cukup serat dan protein mampu menjaga tetap merasa kenyang sampai tiba waktu makan berikutnya. Dengan tetap kenyang, maka bisa menghindari ngemil yang notabene menambah berat badan. Maka karena itu, jangan lewatkan makan utama supaya tak terjadi kesalahan saat menurunkan berat badan.

Menyepelekan Kalori Snack

Apakah pernah memperhatikan kira-kira berapa banyak kalori dalam dua potong gorengan? atau dalam sekantong kripik kentang, dan dalam sepotong kue yang lezat? Ternyata jumlah totalnya bahkan bisa melebihi kalori yang seharusnya kita konsumsi lho. Alangkah lebih baiknya jika memeriksa tabel nutrisi dalam kemasan makaan yang akan kita konsumsi. Hal itu berguna untuk menakar kalori yang masuk dalam tubuh.

Sama sekali Tidak Ngemil

Ngemil makanan ringan dengan kalori tinggi memang berisiko membuat diet gagal total. Akan tetapi jika makanan ringan itu jenis yang sehat dan dengan kalori rendah, malah bagus untuk menghalau lapar. Contoh makanan ringan kaya protein adalah kacang almond yang bisa menjaga metabolisme tubuh maksimal dan menghindari kesalahan saat diet.

Kesalahan Saat Diet Karena Minuman yang Berkalori Tinggi

Karena orang yang melakukan diet banyak yang menghindari konsumsi makanan dengan kalori tinggi, tapi masih bandel dengan minuman kalori tinggi. Sebenarnya jumlah kalori yang ada dalam minuman seperti secangkir kopi dengan krim atau minuman bersoda justru sama banyak dengan makanan. Bahkan minuman kalori tinggi ini bisa membuat perut jadi lebih lapar, akhirnya makan lebih banyak dan berat badan pun tak turun.

Kurang Minum

Banyak yang mengira jika minum bisa menambah berat badan, padahal tidak. Sebab yang kita minum adalah air mineral yang memang tanpa ada kalori. Kita butuh minum supaya tubuh terhidrasi dengan baik.

Menimbang Badan Terus-Terusan

Hindari melakukan timbang badan tiap hari, sebab diet tidak akan menurunkan berat badan drastis dalam hitungan harian. Lakukan setiap dua atau tiga minggu sekali dan diet sehat umumnya memperlihatkan hasil pada minggu kelima atau keenam.

Target yang Tak Realistis jadi Kesalahan Saat Diet

Bukan hanya membuat frustasi karena keinginan tidak tercapai, dengan menargetkan untuk menurunkan berat badan hingga 5 kilogram seminggu alias tak realistis dapat membuat kita salah kaprah. Akhirnya malah stres karena target yang tidak tercapai, dan malah makan lebih banyak.

Oleh sebab itu, lebih baik perlahan ubah gaya hidup yang buruk menjadi gaya hidup sehat. Lebih banyak bergerak dan berolahraga, hindari junkfood dan gorengan. Maka perlahan tapi pasti berat badan akan turun dengan ideal.

Leave A Reply

Your email address will not be published.