Lidah Merah Dengan Lapisan Kuning – Ini Mungkin Tanda Penyakit Jantung

Infokeluargasehat.com – Lidah Merah Dengan Lapisan Kuning – Ini Mungkin Tanda Penyakit Jantung. Ingin tahu bagaimana kondisi jantung Anda? Hanya menjulurkan lidah dan melihat apa warnanya. Menurut sebuah penelitian, lidah Anda bisa mengetahui apakah Anda memiliki masalah jantung atau tidak. Lidah merah dengan lapisan kuning dapat menunjukkan bahwa Anda berisiko lebih besar terkena penyakit jantung, menurut penelitian tersebut.

Dr Tianhui Yuan dari Hospital of Guangzhou University of Chinese Medicine, salah satu peneliti, mengklaim bahwa pasien dengan gagal jantung kronis memiliki lidah yang lebih merah dengan lapisan kuning dan penampilan berubah seiring penyakitnya menjadi lebih lanjut. Lidah normal atau lidah orang sehat berwarna merah pucat dengan lapisan putih pucat, katanya.

Mereka juga menemukan bahwa komposisi, jumlah dan bakteri dominan pada lapisan lidah bervariasi antara pasien gagal jantung dan orang sehat.

Mengapa lidah paten gagal jantung memiliki warna yang lebih gelap?

Lidah Merah Dengan Lapisan Kuning – Ini Mungkin Tanda Penyakit Jantung

Dalam studi tersebut, para peneliti memeriksa lidah relawan dengan dan tanpa gagal jantung kronis. Tak satu pun dari peserta memiliki masalah mulut atau gigi, telah menggunakan antibiotik atau imunosupresan dalam seminggu terakhir atau sedang hamil atau menyusui – para peneliti menunjukkan.

Sampel dari lapisan lidah diambil sebelum partisipan menyikat gigi atau sarapan. Mereka menemukan bahwa pasien gagal jantung memiliki mikroorganisme yang sama di lapisan lidah mereka, yang membuat lidah mereka berwarna lebih gelap.

Berdasarkan temuan mereka, Dr Yuan menyarankan bahwa mikroba lidah, yang mudah didapat, dapat membantu skrining skala luas, diagnosis, dan pemantauan gagal jantung jangka panjang. Namun, dia mencatat bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengidentifikasi mekanisme mendasar yang menghubungkan mikroorganisme di lapisan lidah dengan fungsi jantung. European Society of Cardiology telah menerbitkan studi baru.

Lidah Anda dapat memberi tahu lebih banyak tentang kesehatan Anda

Dari ketidakseimbangan nutrisi hingga penyakit serius, penampilan lidah Anda bisa memberi tahu banyak tentang kesehatan Anda. Berikut adalah beberapa kondisi kesehatan yang dapat diberitahukan oleh dokter Anda hanya dengan melihat warna, ukuran, dan tekstur lidah Anda:

Lidah yang tampak hitam dan berbulu: Ini mungkin disebabkan oleh infeksi jamur, diabetes, terapi kanker, dan kebersihan mulut yang buruk.

Lidah yang berwarna merah cerah seperti stroberi: Ini mungkin merupakan tanda kekurangan asam folat, vitamin B12, atau zat besi. Ini juga merupakan tanda radang tenggorokan, atau demam.

Lidah penuh dengan bintik-bintik merah dan putih: Ini menunjukkan bahwa indra perasa Anda melemah. Tidak perlu khawatir, ini cukup umum dan Anda tidak perlu mengobatinya. Kuncup pengecap memang beregenerasi.

Lidah dengan bercak putih: Ini mungkin karena kandidiasis oral, yang merupakan pertumbuhan berlebih dari ragi atau sariawan. Jika bercak tetap ada bahkan setelah menyikat lidah secara teratur selama seminggu, pertumbuhan berlebih dari candida kemungkinan menjadi penyebabnya. Maka Anda mungkin memerlukan obat antijamur.

Lidah yang memiliki tampilan berselaput atau bergaris: Ini sering menunjukkan kondisi peradangan yang dikenal sebagai lichen planus oral, yang terjadi ketika sistem kekebalan Anda menyerang sel. Ini dapat menyebabkan kanker mulut. Bila Anda kondisi ini, Anda harus mempraktikkan kebersihan gigi yang benar, menghindari tembakau, dan makanan yang dapat mengiritasi mulut Anda.

Benjolan di lidah: Kemungkinan besar adalah sariawan atau herpes (luka dingin). Ini mungkin disebabkan oleh gigitan, merokok, dan borok stres. Pengobatan sederhana di rumah seperti berkumur dengan air asin hangat, mengunyah daun mint, dan makan makanan yang lembut dan dingin (seperti yogurt) dapat membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.