Macam-Macam Alergi Pada Anak

alergi pada anak

Keluarga sehat, alergi menjadi salah satu hal yang ditakuti akan terjadi pada anak-anak. Pada saat anak mengalami alergi pada kulitnya, maka kita bisa tahu ada paparan allergen, baik itu sentuhan langsung pada kulitnya, pada udara yang ia hirup, atau makanan yang disantap. Ada banyak macam-macam alergi pada anak dan akan dijelaskan di bawah ini.

Jenis Alergi Kulit pada Anak

Telah dikatakan sebelumnya, kulit akan menunjukkan reaksi alergi saat anak terkena zat pemicu alergi atau alergen. Adapun paparan alergen ini tak selalu bersentuhan pada kulit saja, seringkali juga masuk lewat saluran pencernaan atau pernapasan anak.

Lalu akan dijelaskan lebih lanjut lagi perihal beberapa jenis alergi kulit yang biasa terjadi pada anak kita, silahkan disimak :

Dermatitis Kontak Alergi

Yang satu ini akan muncul jika kulit anak terpapar oleh alergen secara langsung, contohnya terkena getah, losion, perhiasan dan bahkan juga minyak wangi. Biasanya hal itu ditandai dengan ruam kemerahan yang muncul di kulit, dibarengi dengan gatal dan bengkak di kulit yang terpapar oleh alergen. Bisa juga berupa kulit bersisik dan mengering.

Biduran

Sementara itu yang satu ini adalah dipicu oleh banyak faktor, contohnya gigitan atau sengatan serangga, karena bahan lateks dan juga air liur atau bulu hewan. Bisa juga infeksi virus dan obat antibiotik, bahkan karena aneka makanan, misalnya kacang, atau seafood dan susu.

Umumnya dapat ditandai dengan bentol merah yang muncul dan terasa gatal di beberapa bagian tubuh anak. Bahkan bentol merah akibat biduran ini juga bisa muncul secara spontan, lalu mereda dengan cepat atau butuh waktu beberapa jam.

Eksim

Dermatitis atopik ini adalah sebuah reaksi peradangan pada kulit, dengan ciri munculnya ruam kemerahan yang akan terasa makin gatal bila digaruk. Kemudian muncul kulit kering, serta terjadi penebalan kulit yang kasar juga. Hal ini muncul karena kulit yang terus digaruk.

Umumnya, eksim akan terjadi pada anak balita dan muncul di pipi, punggung, perut, belakang leher dan dadanya. Untuk jenis alergi kulit yang satu ini dipicu oleh udara kering, debu dan keringat. Bahkan serbuk sari dan bulu hewan, serta sabun juga konsumsi makanan khusus, misalnya susu sapi, seafood dan lainnya.

Demikian adalah beberapa jenis alergi kulit pada anak yang paling banyak terjadi. Apabila si kecil sering mengalami gatal dan ruam, serta terjadi bengkak setelah menyentuh, menghirup atau mengonsumsi sesuatu, maka usahakan hindarkan dia dari penyebab alergi itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.