Macam-Macam Masker untuk Virus Covid 19

Keluarga sehat, pasti khawatir dengan perkembangan Covid 19 yang ramai belakangan ini. Macam-macam masker pun dibutuhkan untuk mencegah penularannya.

Berikut ini adalah beberapa macam masker yang bisa digunakan, untuk mencegah Covid 19.

TOPSHOT – People wearing facemasks as a preventative measure following a coronavirus outbreak which began in the Chinese city of Wuhan, line up to purchase face masks from a makeshift stall after queueing for hours following a registration process during which they were given a pre-sales ticket, in Hong Kong on February 5, 2020. – The new coronavirus which appeared late December has claimed nearly 500 lives, infected more than 24,000 people in mainland China and spread to more than 20 countries. (Photo by Anthony WALLACE / AFP) (Photo by ANTHONY WALLACE/AFP via Getty Images)

N95

Adalah sebuah masker yang dapat memfilter 95% partikel dengan ukuran 0.3 um. Juga bisa menahan virus dengan baik. Kemudian masker N95 ini efektif digunakan untuk penyakit di udara. Alias penyakit yang ditularkan melalui airborne.

Surgical mask

Adalah masker yang memiliki tiga lapisan. Yang menjadi lapisan terluar umumnya berwarna biru atau warna hijau. Kain itu bersifat water repellent supaya mencegah percikan atau droplet. Lalu lapis tengah gunanya filtrasi yang mampu menahan 90% partikel yang ukurannya 5 um. Sementara yang terakhir, lapisan dalam untuk mengabsorpsi bagian yang lembap.

Masker kain

Yang terakhir adalah masker dengan bahan katun atau kain. Dilihat dari segi efisiensi, memang masker ini terbilang rendah untuk menangkal virus ataupun bakteri. Bahkan selain itu, pemilihan bahan katun atau kain yang kurang tepat atau relatif tebal akan membuat penggunanya pengap. Maka karena itu pilih masker kain yang paling nyaman untuk dikenakan.

Macam-macam masker itu bisa digunakan untuk melindungi tubuh dari serangan virus. Jadi kita bisa beraktivitas dengan nyaman dan aman tanpa perlu mengkhawatirkan penyebaran virus lewat udara.

Tahap penggunaan masker, diantaranya:

Masker harus dipastikan pas dengan wajah kita

Cucilah tangan sebelum menyentuh masker yang akan dipakai

Pastikan kita menentukan sisi atas dan luar masker, umumnya ditandai warna dan garis

Biasakan menggunakan masker secara benar. Misal untuk masker tali, maka posisikan kawat di atas hidung dengan menggunakan jari. Kemudian untuk masker karet, lebih baik kaitkan tali di belakang telinga dengan benar.

Lalu panjangkan masker hingga menutupi bagian yang vital.

Dengan menggunakan macam-macam masker dengan tepat, maka kita bisa terlindungi dari virus dan bakteri.

Leave A Reply

Your email address will not be published.