Macam Manfaat Probiotik untuk Ibu Hamil

manfaat probiotik

Keluarga Sehat, tahukah ada manfaat probiotik yang luar biasa untuk ibu hamil? Memang seorang ibu hamil dianjurkan untuk lebih selektif dalam memilih makanan dan minuman sehari-hari, karena apapun yang dikonsumsi berpengaruh pada si kecil. Sangat wajar jika akhirnya ibu agak ragu dalam memilih probiotik yang identik dengan bakteri. Betul, bukan?

Ada banyak sekali manfaat probiotik untuk ibu hamil yang luar biasa, apa saja? Silahkan disimak di bawah ini :

Untuk Cegah Gangguan Cerna

Yang pertama adalah menjaga sistem pencernaan supaya tetap sehat. Adanya kandungan bakteri baik di dalam probiotik mampu mengalahkan bakteri jahat yang ada dalam tubuh ibu hamil. Jadi risiko infeksi dan gangguan kesehatan karenanya bisa diatasi. Bahkan bagi ibu hamil yang sering mangalami sembelit atau kolik. dianjurkan untuk konsumsi probiotik juga. Bakteri yang ada di dalamnya mampu membuat usus bergerak dengan lancar dan feses pun bisa terbuang sempurna dan tidak susah BAB.

Menghindari Risiko Preeklampsia dan Prematur

Manfaat lainnya dari probiotik untuk ibu hamil adalah menghindari risiko preeklampsia dan prematur. Preeklampsia adalah gangguan kejamilan yang memiliki ciri tekanan darah tinggi, juga pada urin terdapat kebocoran protein. Bukan hal sepele, sebab bisa berakibat pada kematian janin dan ibu. Ternyata menurut penelitian, seorang ibu yang biasa konsumsi probiotik bisa mengurangi risiko preeklampsia dan prematur lho.

Bisa Turunkan Risiko Diabetes Gestasional

Yang dimaksud diabetes gestasional merupakan diabetes yang baru muncul pada masa kehamilan. Diabetes tersebut umumnya pada usia kehamilan 24–28 minggu dan bisa hilang setelah bersalin. Bahkan diabetes gestasional bisa meningkatkan risiko bumil mengalami diabetes tipe dua, tetapi jika tak ditangani benar bisa berakibat juga pada janin kita. Dengan konsumsi probiotik. maka bisa menurunkan risiko itu, lho.

Kesehatan Vagina Terjaga

Dengan mengonsumsi probiotik saat hamil, bisa meningkatkan jumlah bakteri baik yang ada pada vagian kita lho. Jadinya kesehatan vagina pun bisa terjaga. Jika jumlah bakteri baik dalam vagina terjaga, maka kehamilan bisa terjaga dari berbagai risiko yang disebabkan bakteri jahat dari vagina.

Kecil Risiko Bayi Alergi

Dalam beberapa penelitian telah membuktikan bahwa manfaat probiotik yang dikonsumsi selama hamil, khasiatnya untuk menurunkan risiko alergi pada bayi. Sebab janin yang dikandung memiliki risiko alergi tinggi jika salah satu orangtua mengalami hal serupa. Maka dengan mengonsumsi probiotik bisa mengurangi risikonya dan lanjutkan kebiasaan itu selama menyusui si kecil kelak.

Setelah tahu apa saja manfaat probiotik untuk ibu hamil yang luar biasa, maka ibu bisa menyantap aneka probiotik dengan leluasa. Tentu saja dengan jumlah yang normal dan jangan berlebihan, ya? Kita bisa mengonsumsi yoghurt, kombucha, susu kefir, cokelat hitam dan juga kimchi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.