Makanan Diet yang Sehat dan Enak

Keluarga sehat, bagi yang ingin melakukan diet untuk menurunkan berat badan, maka perlu konsumsi makanan diet. Apa saja? Semua jenis buah-buahan dengan kandungan gizi yang tinggi adalah makanan yang digunakan untuk diet.

Supaya lebih lezat dan menggugah selera, maka sajikan buah sebagai menu salad setiap hari. tak hanya enak di mulut, namun juga memaksimalkan nutrisinya.

Macam-Macam Buah untuk Diet

Di bawah ini adalah beberapa macam buah yang mengandung nutrisi melimpah, silahkan disimak :

Buah Apel

Buah yang satu ini memiliki khasiat untuk turunkan kolesterol jahat dan naikkan kolesterol baik dalam tubuh. Dengan antioksidan flavonoid yang ada di dalamnya, buah apel bisa turunkan risiko sakitasma dan penyakit paru obstruktif kronis.

Buah Nanas

Kemudian buah nanas kaya akan kandungan vitamin C. Dalam satu cangkir nanas, ternyata sudah melebihi kebutuhan vitamin C harian kita. Bahkan buah nanas juga bisa meredakan radang.

Buah Alpukat

Buah alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal, yang sangat baik bagi jantung sehat. Tak hanya itu, di dalamnya juga ada serat, mangan dan kalium.

Buah Anggur merah dan anggur ungu

Untuk kedua jenis anggur ini kaya akan antioksidan dan zat antiradang. Sangat cocok dikonsumsi tiap hari dan dijadikan cemilan sehat.

Buah delima

Makanan diet lainnya adalah buah delima, dengan kandungan antioksidan yang tiga kali lebih tinggi daripada teh hijau, mengagumkan. Kandungan antioksidan pada buah ini mampu mencegah tekanan darah tinggi dan penyakit jantung juga. Selain itu bisa mencegah terjadinya cacat lahir, apabila ibu hamil mengonsumsinya dengan rutin. Antiradang yang ada di dalamnya mampu turunkan risiko kanker juga.

Buah Stroberi

Ternyata jika dibandingkan buah lainnya, indeks glikemiknya rendah. Jadi dengan mengonsumsi stroberi tidak akan membuat gula darah naik. Buah stroberi juga memiliki antioksidan yang tinggi lho.

Buah Mangga

Jenis buah tropis yang banyak ditemukan ini kaya akan vitamin C, juga mengandung serat, antioksidan, juga mengandung zat antiradang lho.

Buah Semangka

Jenis buah yang sangat kaya vitamin C dan A, bahkan mengandung lycopene yang mampu menurunkan tekanan darah dan juga kolesterol dalam darah kita. Selain itu bisa mencegah kanker juga.

Buah Jeruk

Dalam jeruk mengandung sejumlah besar vitamin C, juga ada kalium, bahkan merupakan sumber vitamin B yang baik lho.

Buah Jambu biji

Jika mengonsumsi sebanyak 30 gram jambu biji dalam sehari, maka sudah cukup dalam memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Dalam buah ini juga mengandung vitamin A, mangan, serat, folat, kalium, dan tembaga.

Buah Pepaya

Banyak yang memilih pepaya untuk melancarkan pencernaan. Dalam buah pepaya juga mengandung vitamin C dan vitamin A, ada juga asam folat, serta kalium.

Tak hanya jenis buah-buahan di atas, kita juga bisa memilih jenis buah lain, contohnya melon, pomelo atau jeruk bali, aprikot dan juga pisang sebagai makanan diet. Gunakan yogurt sebagai saus alih-alih mayones yang mengandung kalori tinggi. Yogurt rendah kalori dan juga baik untuk pencernaan. Jika ingin manis, gunakan saja madu dan jangan gunakan pemanis tambahan dan keju.

Leave a Reply

Your email address will not be published.