Makanan Protein Tinggi yang Luar Biasa

Keluarga Sehat, tahukah apa saja makanan protein tinggi? Lalu apa saja fungsi protein pada tubuh kita ini? Mengapa sangat penting untuk dijaga? Untuk menjaga kondisi tubuh, maka penuhi protein setiap harinya. Secara umum, dengan melakukan pola makan yang seimbang bisa memenuhinya, dan tak perlu tambahan suplemen. Namun perlu tahu juga berbagai makanan yang mengandung protein tinggi untuk memaksimalkan fungsi organ tubuh.

Vegetarian juga bisa mendapatkan protein dari berbagai produk nabati. Sebab mereka tak bisa mengonsumsi protein hewani karena gaya hidup yang mereka jalankan. Tetapi hal ini bukan masalah, sebab protein nabati pun memiliki manfaat yang sama.

Makanan Protein Tinggi Dari Sumber Protein Hewani

Untuk makanan dengan protein tinggi dari produk hewani, beberapa yang paling sering kita temukan adalah sebagai berikut :

Daging Sapi Tanpa Lemak

Berikut beberapa jenis sumber protein hewani:

Daging sapi tanpa lemak

Dalam daging sapi jenis ini terkandung protein sekaligus zat besi, ada juga seng, dan vitamin B12. Kita juga dapat memilih daging unggas putih, misalnya daging ayam. Tetapi hindari kulit ayam karena lemak jenuh yang cukup berbahaya.

Seafood

Makanan laut atau seafood menjadi sumber protein yang umumnya rendah lemak untuk kita konsumsi. Nah, salah satu makanan laut yang kaya akan zat ini misalnya saja ikan tuna. Dalam tuna kaleng (150 g) sekitar 40 gram protein dalamnya.

Telur

Yang satu ini adalah makanan kaya gizi yang termasuk murah meriah. Dalam telur ukuran besar terkandung 4 sampai 5 gram protein sementara telur ukuran besar mengandung 8 gram protein lho.

Aneka Produk Olahan Susu

Olahan susu seperti keju, dan yoghurt kaya asupan protein (whey dan casein), selain itu juga mengandung kalsium dan vitamin D. Supaya memaksimalkan asupan protein bagi tubuh kita, baiknya hanya memilih yang rendah lemak saja.

Makanan Protein Tinggi dari Sumber Protein Nabati

Untuk yang vegetarian atau ingin mendapatkan protein nabati, maka berikut adalah beberapa rekomendasinya :

Biji-bijian Makanan Protein Tinggi

Jenis makanan yang satu ini kandungan serat dan proteinnya tinggi sekali. Jadi bisa memberikan rasa kenyang yang lebih awet. Misalnya saja konsumsi chia seed, manfaatnya baik untuk tubuh dan bisa kita campurkan dengan makanan lainnya.

Kacang-kacangan

Kacang tanah termasuk dalam kacang-kacangan yang proteinnya tinggi, juga kacang almond. Karena dalam kacang tanah terkandung magnesium dan serat, almond juga mengandung vitamin E, mangan dan tentu saja serat.

Kedelai Makanan Protein Tinggi

Kacang kedelai merupakan salah satu sumber protein yang memang mampu membantu kita menekan kolesterol, selain itu juga sangat baik dalam menjaga kesehatan jantung kita. Supaya bervariasi maka dapat memilih berbagai olahan kedelai, misalnya seperti tahu atau tempe yang lezat.

Brokoli

Apabila kita bandingkan dengan sayur jenis lainnya, ternyata brokoli memiliki kandungan protein lebih tinggi lho. Bahkan kandungan lainnya dari brokoli ini yang sama-sama bermanfaat untuk tubuh adalah vitamin C dan vitamin K, juga kalium dan serat.

Jamur

Tak hanya yang sudah tertera, ternyata jamur juga tergolong makanan yang kandungan proteinnya tinggi. Untuk jenis jamur yang kandungan protein serta asam amino yang tinggi adalah shitake, kita bisa tumis atau masukkan dalam sup.

Maka karena itu sangat penting untuk memerhatikan asupan protein sesuai kebutuhan tubuh kita. Pemilhan makanan yang mengandung protein yang tinggi, baiknya selalu memilih yang kalori dan lemaknya rendah. Lebih baik jika melakukan konsultasi pada dokter maupun ahli gizi untuk mendapatkan makanan protein tinggi yang tepat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.