14 Makanan rendah protein untuk penderita gagal ginjal yang Sehat

Makanan rendah protein untuk penderita gagal ginjal

Makanan rendah protein untuk penderita gagal ginjal umumnya harus diatur. Seseorang dengan kondisi medis tertentu harus melakukan konsumsi makanan rendah protein. Hal itu untuk membantu kinerja ginjal. Dengan mengonsumsi makanan rendah protein akan membantu meringankan kinerja ginjal. Mengonsumsi makanan rendah protein tentunya juga membantu menjaga kesehatan ginjal anda. Sebaiknya mengonsumsi makanan yang rendah fosfor, kalium, garam dan kolesterol agar membantu ginjal tetap sehat. Ginjal merupakan salah satu organ yang memiliki perang dalam menyaring darah sehingga keberadaannya sangatlah penting. Sehingga seperti organ tubuh yang lain anda harus menjaganya dengan sebaik-baiknya. Anda bisa mengonsultasikan pada dokter dan ahli gizi makanan apa saja yang sebaiknya anda konsumsi.

Daftar makanan rendah protein

Makanan rendah protein untuk penderita gagal ginjal sangat perlu diperhatikan. Daftar makanan rendah protein yakni sebagai berikut:

.

advertisement

  • Bunga kol sebagai Makanan rendah protein untuk penderita gagal ginjal

Anda pastinya sangat mengetahui sayuran yang satu ini. Bunga kol atau kembang kol merupakan jenis sayuran yang memiliki banyak nutrisi di dalamnya. Kembang kol memiliki kandunan vitamin b9, asam folat, vitamin k dan vitamin c. Jenis sayuran yang satu ini juga memiliki kandungan antiinflamasi contohnya saja indoles. Kandungan tersebut menjadi sumber serat yang tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh anda. Dengan mengonsumsi kembang kol ini ternyata mampu menggantikan peran kentang sebagai lauk untuk anda makan sebab kandungan rendah kaliumnya yang baik dikonsumsi oleh penderita gagal ginjal. Kembang kol bisa anda buat sup atau sayur bening. Kembang kol juga memiliki kandungan fosfor dan natrium yang rendah. Hal tersebut tentunya sangat dibutuhkan oleh penderita gagal ginjal.

  • Blueberry

Blueberry menjadi salah satu makanan yang mempunyai kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. sebab dalam sebuah blueberry mempunyai kandungan antioksidan yang tentunya sangat diburuhkan tubuh. buah yang satu ini mempunyai rasa yang manis. Antosianin dalam buah ini memiliki fungsi sebaga pelindung tubuh dari berbagai penyakit seperti diabetes, penurunan daya kognitif, kanker dan jantung. Buah yang satu ini aman untuk dikonsumsi seseorang yang menderita penyakit ginjal. Sebab buah ini memiliki kandungan kalium, fosfor dan natrium yang cukup rendah. Sehingga anda bisa mengonsumsinya setiap hari namun tetap dengan batas konsumsi yang wajar. Anda juga bisa mengombinasikannya dengan berbagai makanan lain yang tinggi nutrisi namun rendah protein.

  • Anggur merah

Buah yang satu ini sudah sangat terkenal di indonesia. Buah ini dianggap baik jika dikonsumsi oleh penderita dengan gangguan ginjal. Buah yang satu ini memiliki rasa yang nikmat dan nutrisi yang lengkap pula. Buah anggur merah ini memiliki kandungan vitamin c dan antioksidan seperti flavonoid. Kandungan tersebut mampu mencegah adanya peradangan yang bisa terjadi pada tubuh anda. Tak hanya itu, buah yang satu ini memiliki kandungan resveratol yang tinggi. Kandungan tersebut bisa menjaga anda dari ancaman penyakit diabetes, jantung dan penurunan daya kognitif. Buah yang satu ini dianggap aman jika dikonsumsi oleh penderita ginjal. Sehingga anda tidak usah khawatir untuk mengonsumsinya.

  • Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang selalu digunakan dalam setiap masakan. Bawang putih aman dan dianjurkan untuk mengonsumsinya karena dianggap bisa menggantikan perang garam pada masakan. Seseorang yang menderita penyakit ginjal sebaiknya mengurangi dan mengganti garam dengan bawang putih. Bumbu dapur yang satu ini dapat menjadi alternatif pilihan anda agar masakan tetap nikmat. Bawang putih dapat memberikan rasa yang enak dan tentunya memiliki kandungan nutrisi. Dalam sebuah bawang putih terdapat kandungan mangan, vitamin b6, sulfur dan vitamin c. Kandungan sulfur dalam bawang putih dapat mencegah terjadinya inflamasi pada tubuh. tak hanya itu, bawang putih juga memiliki kandungan kalium, natrium dan fosfor yang rendah. Dengan begitu bawang putih aman dikonsumsi seseorang yang menderita penyakit ginjal.

  • Minyak zaitun

Minyak yang satu ini memiliki kandungan lemak sehat dan tidak memiliki kandungan fosfor, sehingga dinilai aman untu penderita ginjal. Orang yang mengalami penyakit ginjal hendaknya mengonsumsi makanan yang sehat untuk menjaga badan tetap ideal. Sehingga menggunakan minyak zaitun dianggap sangat penting. Minyak zaitun termasuk lemak jenuh tunggal yang lebih dikenal dengan asam oleat. Kandungan asam oleat tersebut mempunyai sifat yakni antiinflamasi. Kandungan lemak dalam minyak zaitun juga tetap stabil jika berada pada suhu yang tinggi. Sehingga minyak zaitun dapat anda jadikan sebagai minyak untuk memasak. Kandungan dalam minyak ini juga rendah natrium, fosfor dan kalium. Tentunya minyak ini aman dikonsumsi penderita gagal ginjal.

Makanan rendah protein untuk penderita gagal ginjal telah dijelaskan oleh berbagai pemaparan di atas. Pemaparan di atas diharapkan mampu memberikan gambaran kepada pembaca mengenai makanan apa saja yang sebaiknya tidak dikonsumsi. Beberapa orang dengan kondisi medis tertentu diharuskan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan protein yang rendah. Hal tersebut dikarenakan beberapa organ tubuh tidak bisa memproses kandungan protein. Beberapa orang lainnya melakukan diet ini untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Tak hanya itu, mengonsumsi kandungan protein yang rendah memiliki manfaat yang cukup baik untuk kesehatan ginjal anda. Dengan demikian bagi beberapa orang diet rendah protein ini sangatlah penting. Anda bisa mengonsultasikannya dengan dokter dan ahli gizi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Leave A Reply

Your email address will not be published.