10 Makanan rendah protein untuk penderita gagal ginjal

Makanan rendah protein untuk penderita gagal ginjal merupakan hal yang perlu diperhatikan. Seseorang yang menderita gagal ginjal sangat penting untuk memperhatikan dan menjaga setiap makanan yang ia konsumsi. Sebab jika tidak menjaga pola makan dengan baik dan justru masih mengonsumsi makanan yang semabrangan maka bisa memperburuk kondisi anda. Kondisi gagal ginjal merupakan sebuah penyakit yang diakibatkan oleh berkurangnya kinerja ginjal, sehingga ginjal tidak mampu lagi melakukan kinerjanya dengan baik. Organ ginjal memiliki tugas yang sangat penting yakni dalam membersihkan aliran darah dari berbagai racun dalam tubuh. selain itu, organ ginjal juga memiliki tugas dalam mengontrol mineral dan juga garam yang ada pada aliran darah, menjaga agar tekanan darah tetap seimbang, memproduksi sel darah merah serta memproduksi vitamin D aktif. Seseorang yang menderita gagal ginjal sebaiknya melakukan diet yang rendak protein, dengan demikian anda harus menjalankan diet rendah protein. Seseorang yang menderita gagal ginjal dan menerapkan diet rendah protein akan sangat membantu ginjal sebab dengan begitu organ ginjal tidak perlu bekerja lebih keras sebab protein yang anda konsumsi hanya dalam jumlah sedikit.

Makanan rendah protein untuk ginjal

Makanan rendah protein untuk penderita gagal ginjal tentunya sangat beragam.  Makanan rendah protein untuk ginjal yakni sebagai berikut:

  • Timun Makanan rendah protein untuk penderita gagal ginjal

Timun merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan kalium yang rendah. Dengan demikian penderita gagal ginjal diperbolehkan mengonsumsi timun. Anda bisa mengonsumsi timun dengan menjadikannya sebagai jus ataupun sebagai lalapan sebagai teman makan di siang hari. selain itu anda bisa menjadikannya sebagai acar dan juga salad. Anda bisa mengombinasikannya dengan lemon untuk menambah kelezatan timun.

  • Kubis Makanan rendah protein untuk penderita gagal ginjal

Anda tentu mengenal sayuran yang satu ini. Bagi penderita gagal ginjal diperbolehkan mengonsumsi sayuran yang satu ini. Sayuran ini memiliki kandungan yang rendah kalium. Anda disarankan juga untuk mengonsumsi kol ungu sebab dianggap mempunyai kandungan fosfor yang jauh lebih rendah. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara disayur atau juga menjadikannya sebagai teman lalapan makanan di siang hari. namun, apabila anda membuatnya sebagai sayuran yang dimasak malah bisa mengurangi jumlah kalium di dalam kol.

  • Kacang panjang Makanan rendah protein untuk penderita gagal ginjal

Sayuran yang satu ini sangat mudah dicari. Penderita gagal ginjal diperbolehkan mengonsumsi kacang panjang. Sayuran yang satu ini dianggap mempunyai kandungan kalium yang rendah, selain itu anda tidak akan kesusahan dalam mencari kacang panjang. Selain itu, cara mengolahnya pun sangat mudah. Anda bisa membuatnya sebagai sayur atau juga menumisnya dengan kombinasi lauk lainnya seperti tempe dan juga tahu.

  • Sayur labu siam Makanan rendah protein untuk penderita gagal ginjal

Labu siam juga merupakan salah satu sayuran yang boleh dikonsumsi oleh seseorang yang menderita gagal ginjal. Sayuran yang satu ini memiliki kandungan fosfor dan kalium yang rendah. Tak hanya itu, labu siam juga memiliki kandungan vitamin c, b,a, albuminoid dan juga niasin.

  • Buncis Makanan rendah protein untuk penderita gagal ginjal

Sekilas sayuran ini memang mirip dengan kacang panjang namun keduanya tentu berbeda. Bagi anda penderita gagal ginjal, anda diperbolehkan untuk mengonsumsi sayuran yang satu ini. Sebab sayur buncis memiliki kandungan kalium yang cukup rendah. Anda bisa membuatnya menjadi sayur tumis. Mengolah sayur buncis ini ternyata bisa membuat kandungan kaliumnya semakin berkurang lho.

  • Tahu dan tempe Makanan rendah protein untuk penderita gagal ginjal

Siapa yang tidak mengenal lauk pauk sejuta umat ini. Orang-orang di Indonesia umumnya sudah mengenal lauk pauk yang satu ini. Meski seorang yang menderita gagal ginjal tidak boleh mengonsumsi protein dalam jumlah banyak, namun ia tetap harus mencukupi kebutuhan protein harian. Anda bisa mengonsumsi tahu atau tempe dengan jumlah yang sedikit. Cara mengolahnya pun cukup mudah, anda bisa menggoreng atau menumisnya.

Makanan rendah protein untuk penderita gagal ginjal seperti apa yang telah dipaparkan di atas diharapkan mampu memberikan informasi. Dengan begitu, penderita gagal ginjal bisa lebih selektif dalam mengonsumsi makanan dan minuman sehari-hari. ketika seseorang telah dinyatakan mengidap gagal ginjal maka ada baiknya jangan mengonsumsi makanan yang tinggi protein sebab bisa memperburuk keadaanya. Selain itu, mempertahankan gaya hidup dan pola makan yang sehat tentunya juga sangat berdampak dalam menjaga dan merawat kesehatan pada penderita gagal ginjal. Rutin dan rajinlah untuk kontrol sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh dokter agar bisa mengontrol kondisi kesehatan anda secara menyeluruh. Konsultasikan pula makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari oleh penderita gagal ginjal.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.