9 Makanan rendah protein yang baik untuk tubuh

Makanan rendah protein merupakan salah satu metode yang harus dilakukan oleh seseorang yang memiliki masalah dengan ginjalnya. Seseorang yang menderita gagal ginjal akan kesulitan dalam menyaring protein, dengan begitu anda harus mengonsumsinya dalam jumlah yang sedikit. Kandungan protein memang memiliki manfaat yang sangat penting dalam merawat kesehatan tubuh manusia. Namun, bagi seseorang yang memiliki riwayat medis tertentu contohnya saja seperti gangguan metabolisme, penyakit sirosis hati dan gagal ginjal harus menerapkan terapi ini. Diet rendah protein pada umumnya adalah memberikan batasan asupan protein sehingga tidak mengonsumsinya dalam jumlah tinggi. Dalam melakukan diet rendah protein haruslah dengan perencanaan agar tidak memunculkan masalah medis baru.

Diet rendah protein

Makanan rendah protein akan dijelaskan pada pemaparan di bawah ini, berikut Diet rendah protein:

  • Mengonsumsi ikan sebagai Makanan rendah protein

Bagi beberapa orang mengonsumsi ikan merupakan hal yang tidak begitu disukai. Namun, anda perlu tahu bahwa ikan mempunyai kandungan lemak yang rendah. Dengan begitu, anda bisa menjadikan ikan sebagai pilihan lauk yang bisa anda konsumsi setiap harinya. Ikan merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan protein yang tidak terlalu banyak.

  • Daging tanpa kulit ayam sebagai Makanan rendah protein

Anda bisa mengonsumsi daging ayam namun dalam batas wajar dan tidak berlebihan. Kulit ayam mempunyai kandungan lemak yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. pilihlah bagian dada ayam karena dianggap memiliki kandungan lemak yang rendah. Selain itu, daging ayam dipercaya memiliki kandungan protein yang rendah. Anda bisa mengolahnya dengan cara ditumis atau dipanggang bukan digoreng. Setiap makan anda boleh mengonsumsi setengah potong daging ayam saja.

  • Daging sapi sebagai Makanan rendah protein

Anda bisa mengonsumsi daging sapi. Pilihlah daging sapi tanpa gajih sebab gajih memiliki kandungan lemak yang banyak. Konsumsi hanya bagian dagingnya saja dan dalam batas yang wajar.

  • Putih telur sebagai Makanan rendah protein

Anda boleh mengonsumsi putih telur saat menjalani diet rendah protein. Putih telur ayam memiliki kandungan protein yang baik dan bisa menjaga massa otot dan membantu memperbaiki sel-sel tubuh manusia. Namun, dalam mengonsumsinya haruslah dalam batas yang wajar. Jangan mengonsumsi kuning telurnya karena terdapat kandungan kolesterol yang tinggi. Anda boleh memakan satu putih telur saja.

  • Kacang-kacangan sebagai Makanan rendah protein

Kacang-kacangan merupakan salah satu makanan yang boleh anda konsumsi. Namun konsumsilah dalam batas yang wajar. Mengonsumsi kacang-kacangan membantu menjaga massa otot anda. Protein nabati bisa anda dapat dari kacang merah, kacang hijau, tempe dan tahu.

  • Yoghurt rasa tawar sebagai Makanan rendah protein

Saat menjalankan diet rendah protein anda masih diperbolehkan mengonsumsi yoghurt. Namun pilihlah yoghurt yang mempunyai varian rasa tawar. Yoghurt merupakan salah satu produk olahan susu yang menjadi sumber protein yang memiliki kandungan lemak rendah. Bakteri baik yang ada pada yoghurt bisa menjaga kesehatan usus anda. Mengonsumsi yoghurt juga bisa mencegah terjadinya sembelit.

  • Ikan salmon sebagai Makanan rendah protein

Ikan yang satu ini memiliki kandungan protein yang tidak terdapat lemak. Ikan salmon memiliki kandungan omega 3 yang sangat baik untuk tubuh manusia. Kandungan tersebut bisa membantu membuat jantung manusia menjadi sehat serta ikan salmon bisa membuat tubuh anda bisa melawan peradangan atau infeksi.

  • Tahu dan tempe sebagai Makanan rendah protein

Kedua jenis lauk pauk ini merupakan lauk yang sangat digemari oleh berbagai kalangan. Tahu dan tempe memiliki kandungan protein nabati yang tentunya baik untuk kesehatan anda. Anda bisa menghindari kolesterol jika mengonsumsi lauk ini, namun sebaiknya jangan mengonsumsinya dengan cara digoreng.

Makanan rendah protein sudah dijelaskan oleh berbagai pemaparan di atas. Beberapa orang dengan kondisi medis tertentu harus melakukan diet rendah protein. Protein merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. namun, asupannya setiap hari harus diperhatikan. Tidak boleh terlalu banyak dan tidak boleh terlalu sedikit. Namun bagi penderita gagal ginjal sebaiknya mengonsumsi protein dalam jumlah sedikit. Anda bisa mencukupi nutrisi yang lainnya yakni seperti vitamin, mineral, zat besi dan sebagainya. Dengan mengonsumsi jumlah protein yang sedikit maka anda tidak akan membebani kerja ginjal. Sehingga dengan begitu penderita gagal ginjal bisa menjaga kesehatan dengan mencukupi kebutuhan protein dalam jumlah yang sesuai batas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.