23 Makanan yang Baik untuk Penderita Ginjal dan Batu Ginjal

Makanan yang baik untuk penderita ginjal hendaknya mengandung banyak gizi dan nutrisi. Meski anda bukan penderita penyakit ginjal, namun ada baiknya selalu mengonsumsi makanan sehat. Sebab, ginjal merupakan bagian organ yang sangat penting. Setiap orang memiliki dua buah ginjal dalam tubuhnya. Ginjal memiliki peran untuk menyeimbangkan mineral, menyaring darah, membuang racun dari urin, memproduksi hormon dan menjaga keseimbangan cairan. Kelainan pada ginal yang sering ditemui pada penderita diabetes dan hipertensi yang tidak terkontrol. Selain dua hal tersebut, konsumsi alkohol, penderita hepatitis, penderita HIV/AIDS dan penderita penyakit jantung dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Cairan akan banyak menumpuk di tubuh dan menjadi limbah di dalam darah apabila ginjal tidak bekerja secara normal.

 

Makanan yang baik untuk penderita ginjal

Terdapat banyak makanan yang baik untuk penderita ginjal. Saat seseorang didiagnosa menderita penyakit ginjal sebaiknya mulai merubah pola hidup dan gaya makan. Sebab terdapat beberapa makanan yang justru membuat kondisi anda semakin buruk. Simak beberapa makanan yang baik untuk penderita ginjal berikut:

  • Blueberry

Buah yang satu ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Kandungan antioksidan tersebut bahkan dapat menjauhkan kita dari kanker, penyakit jantung dan diabetes. Blueberry terkenal sebagai buah yang rendah kalium, fosfor dan natrium membuatnya bagus bagi ginjal.

  • Kembang kol

Sayuran yang memiliki bentuk mirip brokoli tersebut mengandung banyak vitamin, diantaranya asam folat, vitamin B9, vitamin K dan vitamin C. Selain itu kembang kol mengandung serat yang tinggi dan juga mengandung zat antiinflamasi yang bermanfaat bagi tubuh. Kembang kol dikenal juga sebagai sayuran yang rendah kalium sehingga sangat cocok dikonsumsi penderita ginjal.

  • Putih telur

Ternyata putih telur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan ginjal kita. Protein yang terkandung di dalam putih telur sangat melimpah. Penderita ginjal membutuhlkan asupan protein tinggi namun dengan tetap membatasi fosfor. Sehingga putih telur dianggap cocok dikonsumsi bagi penderita ginjal.

Makanan yang baik untuk ginjal

Makanan yang baik untuk ginjal selanjutnya sangat mudah didapatkan. Untuk menjaga kesehatan tubuh tidak memerlukan harga mahal dan sulit. Kita dapat memanfaatkan apapun yang ada di sekitar kita. Contohnya saja seperti makanan berikut:

  • Bawang putih

Natrium merupakan kandungan dalam makanan yang harus dijauhi oleh penderita ginjal. Sehingga dalam menggunakan garam pada makanan hendaknya dibatasi. Anda dapat menggunakan bawang putih sebagai alternatif pilihan yang dapat anda gunakan sebagai pengganti garam. Bawang putih juga memiliki banyak kandungan vitamin seperti vitamin B6, vitamin C, mangan dan kandungan antiinflamasi. Bawang putih juga dipercaya memiliki kandungan fosfor dan kalium yang rendah. Sehingga baik untuk kesehatan ginjal anda.

  • Kubis

Kubis merupakan sayuran yang memiliki vitamin C, vitamin B, dan vitamin K serta serat tidak larut. Kubis juga memiliki kandungan natrium, fosfor dan kalium yang rendah. Sehingga sayuran yang satu ini baik untuk kesehatan ginjal.

  • Ayam tanpa kulit

Ayam yang dikonsumsi tanpa kulitnya sangat bermanfaat bagi tubuh. Protein yang ada dalam ayam bermanfaat bagi kesehatan ginjal. Selain itu, mengonsumsi ayam tanpa kulit dipercaya lebih baik karena kandungan kalium, fosfor dan natriumnya sangat sedikit. Hindari juga konsumsi ayam yang sudah di panggang, pilihlah ayam tanpa kulit yang masih segar.

 

Makanan yang baik untuk penderita batu ginjal

Makanan yang baik untuk penderita batu ginjal tidak hanya terbatas pada pilihan di atas. Masih banyak pilihan makanan yang dapat anda konsumsi untuk kesehatan ginjal anda. Berikut makanan yang dapat anda konsumsi:

  • Paprika

Sayuran yang satu ini memiliki kandungan kalium yang rendah. Selain itu, paprika juga mengandung antioksidan, vitamin C, vitamin A yang dapat meningkatkan sistem imun. Sehingga saat anda mengonsumsinya akan sangat bermanfaat karena sangat dibutuhkan penderita batu ginjal.

  • Bawang merah atau bawang bombai

Tak menyangka jika bawang merah atau bawang bombai baik dikonsumsi untuk kesehatan ginjal. Kandungan natrium yang sangat rendah dapat menjadi pengganti garam. Kedua bawang tersebut mengandung vitamin C, vitamin B, serat prebiotik dan mangan yang bagus untuk sistem pencernaan.

  • Lobak

Lobak dikenal sebagai sayuran yang baik untuk diet ginjal. Lobak juga salah satu sayuran yang memiliki kandungan fosfor dan kalium yang rendah. Lobak mengandung antioksidan yang dapat mencegah penyakit jantung.

 

Buah yang baik untuk penderita batu ginjal

Tahukah anda buah yang baik untuk penderita batu ginjal? Buah yang baik untuk penderita batu ginjal adalah buah yang kaya akan vitamin C dan antioksidan. Simak beberapa buah yang dapat anda konsumsi:

  • Anggur merah

Mengonsumsi anggur merah sangat baik untuk kesehatan ginjal. Anggur merah mengandung antioksidan yang dapat menyembuhkan peradangan. Buah sodium yang rendah sangat direkomendasikan untuk kesehatan ginjal anda.

  • Semangka

Semangka menjadi buah yang sangat digemari banyak orang karena harganya murah dan mudah dicari. Semangka memiliki kandungan antioksidan dan rendah lemak yang bagus untuk tubuh. Kandungan air yang tinggi juga membuat buah ini aman dikonsumsi penderita ginjal.

  • Jeruk

Jeruk memiliki kandungan sitrat yang dapat menghancurkan batu ginjal di tubuh anda. Selain itu, sitrat pada jeruk mengurangi keasaman pada urin anda. Sitrat pada jeruk dinilai ampuh untuk menghancurkan batu ginjal daripada lemon.

  • Buah delima

Buah delima dipercaya dapat mencegah munculnya batu ginjal. Namun saat mengonsumsinya anda harus tetap dalam batasan. Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi delima saat sedang minum obat chlorothiazide dan obat rosuvastatin.

 

Makanan yang baik untuk penderita gagal ginjal

Makanan yang baik untuk penderita ginjal seperti di atas dapat anda konsumsi secara rutin. Menjauhi makanan yang memperburuk kondisi penderita ginjal juga sangat diperlukan. Perhatikan beberapa makanan yang baik untuk penderita gagal ginjal seperti di bawah ini:

  • Nanas

Nanas menjadi salah satu buah yang dapat anda konsumsi karena memiliki kandungan kalium yang rendah dan aman bagi kesehatan ginjal. Selain itu, nanas mengandung  vitamin C, bromelain, dan mangan yang bermanfaat menyembuhkan peradangan pada tubuh.

  • Cranberry

Buah yang satu ini memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan ginjal. Bagaimana tidak, buah ini memiliki kandungan fitonutrien yang dapat membunuh bakteri pada saluran kemih. Kandungan fosfor, natrium dan kalium yang rendah baik anda konsumsi.

 

Makanan yang dianjurkan untuk penderita ginjal

Makanan yang dianjurkan untuk penderita ginjal selanjutnya yakni:

  • Ubi jalar

Ubi jalar memiliki serat yang tinggi sehingga mencegah lonjakan insulin. Selain itu, ubi jalar memiliki kandungan mineral dan vitamin yang dapat menyeimbangkan kadar natrium dan baik untuk fungsi ginjal. Namun kalium yang tinggi pada ubi jalar membuat penderita ginjal kronis tetap membatasi konsumsinya.

  • Sayuran yang memiliki daun hijau

Bayam, kangkung, dan lobak memiliki kandungan mineral, serat dan vitamin yang tinggi. Antioksidan dalam sayuran juga melindungi ginjal dari radikal bebas.

 

Makanan yang baik untuk penyakit ginjal

Konsumsilah makanan yang baik untuk penyakit ginjal seperti rekomendasi di bawah ini:

  • Ikan tuna

Ikan tuna memiliki kandungan omega 3 yang tinggi. Tubuh memerlukan omega 3 karena tidak bisa menghasilkannya sendiri. Omega 3 memiliki manfaat mengurangi jumlah lemak dalam darah dan mampu menurunkan tekanan darah. Hipertensi membuat seseorang memiliki resiko penyakit ginjal. Sehingga untuk mencegahnya anda dapat mengonsumsi ikan tuna.

  • Apel

Apel juga menjadi buah yang sangat baik anda konsumsi. Buah apel mengandung pektin yang berfungsi untuk mencegah kerusakan ginjal. Selain itu juga dapat menurunkan gula darah dan kolesterol.

Makanan yang boleh untuk penyakit ginjal

Makanan yang boleh untuk penyakit ginjal tidak harus makanan mahal. Anda dapat mengonsumsi makanan yang ada di sekitar anda yang memiliki manfaat bagi kesehatan ginjal anda. Berikut adalah beberapa makanan tersebut:

  • Jamur shitake

Jamur ini dapat dijadikan sebagai bahan makanan untuk menggantikan daging bagi penderita ginjal yang sedang diet dan membatasi asupan protein. Jamur shitake mengandung vitamin B, protein, selenium dan mangan sehingga ramah untuk ginjal anda. Jika anda tidak begitu menyukai protein hewani, anda dapat memilih jamur shitake sebagai pilihan alternatif asupan protein yang bersumber dari protein nabati.

  • Kakap putih

Ikan yang satu ini memiliki kandungan protein yang tinggi dan omega 3. Sehingga saat anda mengonsumsinya, kandungan pada kakap putih akan membantu anda menyembuhkan peradangan. Selain itu, ikan yang satu ini ternyata dapat membuat anda tenang dan mengurangi kemecasan yang menyerang anda. Ikan kakap putih juga memiliki kandungan fosfor yang rendah sehingga aman dikonsumsi.

Makanan yang baik buat ginjal

Makanan yang baik buat ginjal biasanya memiliki kandungan omega 3 yang tinggi dan rendah natrium. Anda tidak perlu khawatir karena ikan salmon dapat anda konsumsi untuk mendapatkan kandungan omega 3 yang tinggi. Ikan salmon juga mengandung astaxanthin yang sangat bermanfaat bagi syaraf, jantung dan kulit anda. Omega 3 pada salmon sangat baik untuk fungsi ginjal. Selain itu kandungan omega 3 juga dapat menurunkan tekanan darah pada tubuh anda.

Makanan yang baik buat ginjal lainnya yakni kacang merah. Kacang merah juga dikenal sebagai makanan yang mengandung omega 3 yang baik bagi tubuh. Selain itu, kacang merah juga mengandung mineral dan vitamin yang tinggi. Serat sehat yang ada di dalamnya dapat menjaga kondisi usus besar anda. Konsumsilah kacang merah dan salmon dalam batas asupan harian yang dibutuhkan.

Makanan yang baik untuk penderita ginjal hendaknya tetap memperhatikan nutrisi yang ada di dalamnya. Penderita penyakit ginjal pun tak perlu bingung untuk mengonsumsi makanan apa yang baik untuk kesehatan tubuhnya. Namun, dalam mengonsumsi makanan-makanan di atas tetap harus dalam batas wajar dan tidak berlebihan. Apabila kondisi anda tidak kunjung membaik, ada baiknya konsultasikan jenis makanan anda pada ahli gizi atau dokter anda. Selain itu, untuk mencegah penyakit ginjal konsumsilah banyak air putih untuk membantu kinerja tubuh anda. Air putih menjadi pilihan utama yang dapat anda pilih untuk mencegah penyakit ginjal. Jauhi juga konsumsi obat-obatan tanpa resep dokter dan minuman yang mengandung alkohol. Sebab mengonsumsi alkohol dapat membuat kerusakan pada ginjal anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.