Makanan yang Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Untuk membentuk keluarga sehat, harus dimulai dari perseorangannya terlebih dahulu. Menjaga daya tahan tubuh adalah gerbang untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan ketahui makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh, ya!

Macam-Macam Makanan yang Baik untuk Imun

Imun tubuh adalah barrier alami untuk mencegah berbagai macam bakteri dan virus masuk ke dalam tubuh kita, dan akibat gaya hidup yang tak sehat, maka imun tubuh kita semakin lemah dari hari ke hari.

Maka karena itu, kembali pada gaya hidup sehat adalah salah satu cara untuk memperkuat lagi sistem kekebalan tubuh, dan berikut ini adalah berbagai makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh :

Jambu

Kita semua tahu jika kandungan vitamin C di dalam buah jambu sangat tinggi dan vitamin C menjadi booster imun yang sangat baik. Supaya khasiatnya terasa dengan maksimal, maka konsumsi buah jamu tanpa diproses dulu, ya!

Daging dan Kacang-Kacangan

Zinc yang terkandung di dalam dua jenis makanan ini juga sangat tinggi dan perannya penting dalam meningkatkan imun tubuh. Sehingga jika kita mengonsumsi makanan ini dengan harapan bisa memperkuat imunitas.

Pastikan tidak dikonsumsi mentah, ya? Apalagi daging merah yang rentan akan bakteri dan kuman. Daging ikan dan telur juga mengandung zinc yang tinggi juga.

Kaldu Tulang

Perlu diketahui bahwa dalam kaldu tulang terkandung L Glutamine yang termasuk asam amino esensial yang tidak diproduksi tubuh, dan hanya bisa didapatkan dari makanan saja.

Nah, L Glutamine ini bisa memperkuat dinding usus kita dan usus yang kuat baik sekali untuk kekebalan tubuh, karena banyak sekali penyakit yang muncul dari usus kita.

Jamur

Jamur memiliki citarasa gurih saat dimasak, sehingga banyak yang membuat kaldu dari jamur untuk menambah rasa nikmat pada makanan. Nah, selain punya citarasa yang gurih, ternyata jamur juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Beta Glucan terkandung di dalam jamur, dan baik sekali untuk kekebalan tubuh, sehingga bisa lebih tahan terhadap infeksi.

Demikian adalah beberapa jenis makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh, konsumsi sesuai dengan anjuran dari ahli gizi atau dokter supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal untuk tubuh.

Misalnya untuk mengonsumsi buah-buahan, lebih baik jika dikonsumsi langsung tanpa diolah terlebih dahulu, supaya kandungan gizinya bisa kita serap secara utuh.

Sayuran boleh dikonsumsi mentah, asal dicuci dengan menggunakan cairan pencuci buah dan sayur, kalaupun dimasak jangan terlalu lama supaya kandungan gizinya tidak hilang. Untuk daging, lebih baik kita mengonsumsinya dengan kondisi matang supaya bisa terbebas dari bakteri.

Biasakan gaya hidup sehat dan mengonsumsi makanan yang sehat, olahraga minimal 15 hingga 30 menit sehari dan jangan malas untuk mencuci tangan, supaya keluarga sehat dapat terwujud.

Leave A Reply

Your email address will not be published.