16 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Diabetes

Makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes tetap memiliki rasa yang enak. Anda tetap bisa memilih makanan yang enak tapi memiliki kandungan gula dan natrium yang sangat rendah. Selain itu, anda juga perlu menjaga pola makan agar tidak membuat gula darah naik. Jika gula darah melonjak naik, ditakutkan bisa terjadi komplikasi penyakit berbahaya lainnya. Sehingga pastikan setiap asupan makanan yang masuk ke tubuh anda aman. Kadar gula darah yang naik dan tidak terkontrol bisa menyebabkan rusaknya syaraf, rasa lelah berlebih, mudah terkena infeksi dan bisa koma. Anda bisa melakukan terapi khusus yakni terapi nutrisi medis. Hal tersebut bertujuan untuk mengontrol gula darah dengan memakan makanan yang memiliki nutrisi dan pastinya rendah kalori dan lemak.

Makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes

Makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes yakni sebagai berikut:

  • Mengonsumsi karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh anda. Sebab karbohidrat kompleks terbukti lebih bergizi dan sehat bahkan sangat aman bila dikonsumsi penderita diabetes. Karbohidrat kompleks dapat ditemui pada makanan seperti kentang, ubi jalar, pisang, tomat dan beri. Nasi putih dan roti putih menjadi makanan yang dijadikan sebagai makanan pokok. Namun, bagi anda penderita diabetes sebaiknya mengurangi makan makanan rafinasi tersebut. Sebab kadar gula anda dapat melonjak dengan cepat dan bisa memicu penyakit yang lainnya.

  • Mengonsumsi makanan yang tinggi serat

Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama bagi penderita diabetes. Makanan tersebut dapat menjaga kadar gula dalam darah anda. Anda bisa menemukan serat yang tinggi pada pepaya, pir, apel, brokoli, bayam, almond, dan kacang tanah.

  • Mengonsumsi makanan yang memiliki protein tinggi

Bagi penderita diabetes sebaiknya mengonsumsi protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Protein yang masuk ke dalam tubuh akan diubah menjadi sumber kekuatan dan memperbaiki jaringan yang rusak serta menjaga sistem imun seseorang. Namun, anda harus tetap mengontrol makanan yang mengandung protein tinggi tersebut. Sebab, bagi anda yang menderita diabetes jika mengonsumsi makanan yang memiliki kandung protein tinggi biasanya juga memiliki kandungan karbo dan lemak jenuh di dalamnya. Anda bisa mengonsumsi makanan seperti dada tanpa kulit, ikan dengan daging warna putih, dan juga telur. Selain itu anda juga bisa mengonsumsi tahu dan kacang polong.

Makanan yang baik untuk penderita diabetes

Makanan yang baik untuk penderita diabetes yakni sebagai berikut:

  • Ikan

Jenis ikan yang dianjurkan untuk penderita diabetes yakni ikan yang berlemak. Contohnya saja seperti ikan teri, sarden dan ikan salmon. Ketiga jenis ikan tersebut memiliki kandungan lemak baik yang dibutuhkan oleh penderita diabetes. Ikan-ikan tersebut dipercaya memiliki kandungan lemak omega 3 yang bisa menjaga kesehatan organ jantung anda. Sebab penderita diabetes rentan mengalami komplikasi penyakit jantung dan stroke sehingga penting bagi penderita diabetes untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak baik tersebut secara teratur. Kandungan yang ada pada ikan tersebut bisa membantu anda dalam menjaga kadar gula darah.

  • Bayam

Bagi penderita diabetes ada baiknya sering mengonsumsi bayam. Sebab bayam merupakan jenis sayuran yang non tepung dan sangat dianjurkan untuk penderita diabetes. Selain itu, bayam memiliki kandungan lutein yang bagus untuk kesehatan mata. Sebab, penderita diabetes juga rentan mengalami komplikasi penyakit mata bahkan hingga kebutaan.

  • Beri

Bagi anda penderita diabetes, tenang saja anda masih bisa memakan makanan manis. Anda bisa mengonsumsi buah seperti blackberry, respberry, blueberry dan stroberi sebagai sncak manis. Buah-buah tersebut memiliki kadar gula yang rendah dan aman bagi penderita diabetes. Namun anda tetap harus mengonsumsinya dalam batas wajar. Kandungan glukosan dan serat yang tinggi pada buah jenis ini aman bagi penderita diabetes dan tidak membuat kadar gula darah melonjak naik.

Makanan apa saja yang boleh dimakan oleh penderita diabetes

Makanan apa saja yang boleh dimakan oleh penderita diabetes? Simak beberapa ulasan berikut:

  • Buah segar

Bagi penderita diabetes tetap harus mengonsumsi buah segar untuk memenuhi asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Beberapa buah mengandung antioksidan, mineral, serat dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Anda bisa mengonsumsi buah seperti kiwi, beri, alpukat, jeruk, apel dan pir sesuai kebutuhan tubuh anda. Namun, dalam mengonsumsinya harus dengan batas wajar.

  • Cokelat hitam

Anda masih bisa mengonsumsi cokelat yakni jenis coklat hitam. Coklat hitam memiliki kandungan 70% kakao yang didalamnya ada polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kandungan polifenol yang ada pada cokelat hitam bisa membantu anda membuat insulin menjadi lebih sensitif. Dengan demikian, gula dalam darah akan terkontrol. Pastikan setiap anda ingin membeli sesuatu terlebih dahulu melihat informasi gizi dan komposisi yang ada pada kemasan. Sehingga, anda dapat memakan makanan yang sesuai dengan kebutuhan harian anda.

Makanan yang boleh untuk penderita diabetes

Makanan yang boleh untuk penderita diabetes yakni sebagai berikut:

  • Gandum utuh

Whole grain atau dalam bahasa indonesianya disebut biji-bijian utuh adalah makanan yang  sangat direkomendasikan bagi penderita diabetes. Penderita diabetes umumnya menggunakan biji-bijian utuh sebagai menu saat menjalani diet. Jenis biji-bijian utuh yang biasa dipakai untuk menu diet adalah gandum utuh. Gandum utuh memiliki kandungan serat dan juga kadar glikemik yang cukup rendah. Kombinasi kandungan tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh karena bisa membantu memperlambat menyerapnya gula yang ada di dalam darah. Selain itu, gandum utuh juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik dan bisa menjadi pelengkap nutrisi bagi anda yang menderita penyakit diabetes. Anda bisa mengonsumsi beras merah, beras hitam, dan gandum.

  • Konsumsi antioksidan

untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian anda, pastikan anda mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan antioksidan. Akan lebih baik lagi jika anda mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan antioksidan, vitamin dan mineral di dalamnya. Anda bisa memilih makanan seperti stroberi, buah beri, sayuran hijau dan jeruk. Buah-buah tersebut memiliki kandungan antioksidan, vitamin k, polifenol, vitamin c, mangan, seng, vitamin E, kalsium, serat dan folat.

Makanan yang boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes

Makanan yang boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes diantaranya sebagai berikut:

  • Jagung

Kandungan gula pada makanan yang satu ini sangat rendah. Anda bisa mengonsumsi jagung sebagai makanan pokok yang menggantikan nasi. Bagi penderita diabetes mengonsumsi makanan pokok yang rendah gula sangatlah baik untuk tubuh. Bahkan dengan mengonsumsi jagung bisa menjaga anda tetap merasa kenyang dalam waktu yang lama. Sehingga, anda tidak akan memakan cemilan lagi.

  • Ubi jalar

Makanan jenis umbi-umbian dipercaya bisa mengontrol gula darah yang ada pada tubuh. Hal tersebut sangat bermanfaat bagi seseorang yang menderita diabetes. Ubi jalar memiliki kandungan glikemik sebesar 80. Selain itu, ubi jalar memiliki kandungan kalium, vitamin A, vitamin C, dan serat yang dibutuhkan penderita diabetes. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara dikukus, direbus dan dipanggang.

Makanan yang disarankan untuk penderita diabetes

Makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes sangat mudah dikonsumsi. Makanan yang disarankan untuk penderita diabetes adalah apel. Anda bisa memilih apel sebagai salah satu pilihan cemilan yang baik untuk kesehatan tubuh. Apel baik dikonsumsi oleh seseorang yang sedang menjalankan program diet. Apel terbukti mengandung serat yang cukup tinggi yang bisa membantu anda merasa kenyang cukup lama. Anda dianjurkan untuk mengonsumsi apel sesaat sebelum makan agar bisa menjaga kalori tubuh anda.

Makanan yang boleh dimakan untuk penderita diabetes

Makanan yang boleh dimakan untuk penderita diabetes selanjutnya adalah yoghurt dengan kandungan probiotik di dalamnya. Penderita diabetes membutuhkan bakteri baik untuk dapat menolong anda untuk merawat kesehatan organ pencernaan dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Sehingga penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi yoghurt yang memiliki kandungan probiotik. Kandungan probiotik dapat menolong anda untuk menurunkan kadar gula darah yang naik dan membantuk menaikkan sensitivitas hormon insulin yang ada pada tubuh. Sebuah penelitian membuktikan bahwa yoghurt jenis ini bisa menolong seseorang untuk menaikkan jumlah kolesterol yang baik terutama pada penderita diabetes tipe 2.

Makanan yang tidak dianjurkan untuk penderita diabetes

Makanan yang tidak dianjurkan untuk penderita diabetes yakni:

  • Kayu manis

Anda dianjurkan menambahkan rempah yang satu ini ke dalam masakan atau minuman anda. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kayu manis bisa membantu menurunkan jumlah gula dalam darah dan juga meningkatkan hormon insulin. Dengan demikian, jumlah insulin yang dibutuhkan akan semakin sedikit dan membuat jumlah gula dalam darah terkontrol

  • Nasi merah

Makanan yang satu ini sudah sangat terkenal aman dikonsumsi penderita diabetes. Kadar gula dalam nasi merah tidak sebanyak dibandingkan nasi putih. Sehingga, anda bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah untuk menyeimbangkan kandungan gula dalam darah pada tubuh anda.

Makanan yang di perbolehkan untuk penderita diabetes

Makanan yang di perbolehkan untuk penderita diabetes diantaranya yakni:

  • Chia seed puding

Snack yang satu bisa menjadi pilihan camilan yang bisa anda konsumsi dan mudah dalam pembuatannya. Anda cukup mengombinasikan chia seed dengan susu. Chia seed memiliki manfaat yang cukup baik untuk penderita diabetes. Chia seed dipercaya memiliki kanudngan nutrisi yang bisa mengontrol kadar gula yang ada di dalam darah. Kandungan yang ada di dalam chia seed seperti omega 3, serat, dan protein. Chia seed juga memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga sangat bermanfaat baik bagi kesehatan pencernaan penderita diabetes. Sehingga, kadar gula di dalam darah akan terkontrol. Saat mengombinasikannya dengan susu, anda harus memilih susu yang rendak lemak agar gula darah tetap stabil.

  • Popcorn

Ternyata penderita diabetes diperbolehkan mengonsumsi camilan yang satu ini. Popcorn memiliki kandungan kalori yang cukup baik bagi penderita diabetes. Sebaiknya anda membuat popcorn sendiri di rumah agar bisa mengontrol jumlah gula dan garam pada popcorn tersebut. Dengan memilih camilan yang rendah kalori membuat anda bisa menjaga berat badan agar tetap ideal. Dengan demikian, kadar gula yang ada di dalam tubuh bisa dikontrol dengan baik. Anda juga bisa memasukkan rempah-rempah seperti kayu manis dan bubuk pala. Hal tersebut dinilai sangat baik untuk dijadikan camilan yang sehat bagi penderita diabetes.

Makanan yang dianjurkan penderita diabetes

Makanan yang dianjurkan penderita diabetes diantaranya yakni:

  • Zat pengganti gula

Bagi anda yang menderita diabetes sebaiknya mulai mengganti konsumsi gula dengan pemanis yang lebih aman. Anda bisa mulai mengganti gula dengan sukralosa, stevia dan aspartam. Namun anda tetap harus membatasi konsumsi hariannya agar tidak menyebabkan gula darah naik.

  • Rempah

Sebuah penelitian membuktikan bahwa anda bisa memilih rempah-rempah dan bahan herbal untuk mengontrol jumlah gula yang ada di dalam darah. Beberapa rempah bahkan dianggap sebagai bahan alami yang bisa mengobati diabetes. Cita rasa alami yang dimunculkan oleh rempah-rempah tersebut bahkan bisa menggantikan peran penyedap makanan, garam dan gula. Anda bisa memilih rempah-rempah seperti bawang putih, kayu manis, daun ada, kunyit dan rosemary.

Makanan yang dianjurkan bagi penderita diabetes

Makanan yang dianjurkan bagi penderita diabetes adalah sebagai berikut:

  • Alpukat

Buah alpukat bisa menjadi buah pilihan yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes. Buah alpukat memiliki kandungan 1gr gula dan karbohidrat dalam jumlah yang sedikit. Anda tidak perlu khawatir, apabila mengonsumsi dalam batas wajar tidak akan membuat gula darah anda melonjak naik. Alpukat memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan lemak sehat yang bisa menyehatkan organ pencernaan dan menyerap karbohidrat lebih lama  gula sehingga tidak membuat gula darah naik. Bahkan buah yang satu ini sering dikonsumsi oleh seseorang yang sedang diet. Sehingga, anda dapat memilih alpukat sebagai camilan dan aman bagi penderita diabetes. Sebab bisa menjaga berat badan ideal anda.

  • Kacang almond

Jenis kacang yang satu ini dapat anda pilih sebagai camilan yang aman bagi penderita diabetes. Saat anda mengonsumsi kacang almond, anda tak perlu khawatir karena tidak akan membuat gula darah menjadi naik. Selain itu, kacang almond bisa menjadi sumber magnesium yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan magnesium tersebut bisa membuat insulin lebih sensitif sehingga mencegah kadar gula darah menjadi naik.

Makanan yang baik untuk penyakit diabetes

Makanan yang baik untuk penyakit diabetes selanjutnya adalah:

  • Telur rebus

Siapa yang tidak mengenal khasiat yang dimiliki sebutir telur rebus. Telur terkenal dengan berbagai kandungan dan manfaat yang baik bagi tubuh anda. Telur bisa menjadi salah satu pilihan karena memiliki kandungan protein yang baik. Sebutir telur memiliki kandungan 7gr protein yang dibutuhkan oleh tubuh anda. Selain itu, dalam sebutir telur juga memiliki kandungan kalium yang bisa merawat kesehatan syaraf, otot, dan menjaga kesehatan jantung anda. Namun, ada baiknya anda mengonsumsi putih telur, sebab kuning telur memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Kolesterol yang berlebihan tidak dianjurkan bagi penderita diabetes.

  • Keripik dari kubis

Keripik tidak hanya berasal dari kentang saja. Bagi anda penderita diabetes bisa mengonsumsi keripik yang berasal dari kubis. Kubis merupakan salah satu sayuran yang bisa anda pilih menjadi cemilan sebab memiliki kandungan serat yang tinggi dan sangat membantu tubuh lebih lambat dalam menyerap gula. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi kubis dapat membantu anda untuk menurunkan gula di dalam darah, menurunkan berat badan yang berlebihan, dan mengembalikan fungsi ginjal anda. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengn cara memanggangnya dengan minyak zaitun dan diberi penyedap dari rempah-rempah yang aman bagi penderita diabetes.

Makanan yang dianjurkan untuk diabetes

Makanan yang dianjurkan untuk diabetes harusnya memiliki jumlah gula dan garam yang rendah. Simak beberapa makanan berikut:

  • Kacang kedelai

Penderita diabetes sangat dianjurkan memilih camilan seperti kacang-kacangan. Contohnya saja seperti edamame yang memiliki kandungan protein dan serat yang baik anda konsumsi sebagai camilan. Sebuah penelitian mengatakan bahwa kacang kedelai bisa membantu anda menurunkan gula darah dan membantu memperbaiki resistensi insulin. Pilihlah kacang-kacangan yang memiliki kadar gula yang rendah sehingga aman apabila anda konsumsi. Contohnya saja seperti kacang tanah dan hazelnut.

  • Trail mix

Anda bisa membuat trail mix sendiri di rumah dari bahan-bahan yang aman dikonsumsi penderita diabetes. Anda hanya perlu mengombinasikan sereal gandum utuh dengan kismis dan kacang almond. Kemudian aduk hingga menyatu. Anda juga dapat mengombinasikannya dengan almond panggang, kelapa tawar dan kacang panggang. Anda bisa menyantapnya kapan saja. Cemilan ini dianggap lebih aman anda konsumsi daripada produk-produk yang dijual di luar sana.

Makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes sebaiknya anda konsumsi secara rutin. Jangan sekali-kali melanggar makanan dan minuman yang menjadi sumber pantangan anda. Gula darah yang tidak terkontrol akan memicu komplikasi dan bisa mengancam jiwa. Jika diperlukan, anda juga bisa berkonsultasi pada dokter atau ahli gizi untuk mengatur makanan dan camilan apa saja yang aman untuk anda konsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.