Makanan yang Dihindari Saat Diet

makanan yang dihindari saat diet

Keluarga Sehat, tahukah apa saja makanan yang dihindari saat diet? Memang prinsip dasar dari diet menguruskan badan adalah mengurangi kalori yang masuk. Ketahui bahwa makanan yang dikonsumsi dapat berkontribusi untuk rencana menurunkan berat badan kita, jika dipilih dengan tepat.

Jangan tertipu makanan dengan label sehat atau berlabel rendah gula, sebab belum tentu efektif dan sesuai dengan program diet yang dijalankan.

Hindari Makanan ini Saat Diet

Silahkan simak berbagai makanan dan minuman yang harus dihindari saat sedang melakukan diet,

Jus dalam kemasan

Memang jus dapat digunakan sebagai minuman yang sehat, sebab diolah dari buah atau sayur. Tetapi jus instan yang dijual di supermarket, jus dengan susu pabrikan mengandung gula dan kalori yang sama saja dengan sekaleng soda lho.

Jadi demi diet yang sukses, maka konsumsilah jus yang diolah langsung dan tanpa tambahan gula. Dengan mengonsumsi buah dan sayur akan mencukupi kebutuhan serat. Karena serat dapat membuat kenyang lebih lama, makan pun bisa dikontrol. Selain itu baik untuk kesehatan pencernaan, bisa mengontrol gula darah, serta menurunkan kolesterol juga.

Keripik dan Kentang goreng

Saat diet tetap makan karbo, dan kentang adalah salah satu rekomendasinya. Sebab kalori pada kentang tergolong rendah, cuma sekitar 90 per 100 gram kentang saja. Pastikan cara penyajian kentang tetap aman.

Hindari mengonsumsi kentang goreng dan keripik kentang, sebab mengandung kalori tinggi. Sebuah studi menunjukkan bahwa dalam satu porsi kentang goreng bisa memengaruhi peningkatan berat badan lho! Tak hanya itu, menggoreng dapat memunculkan senyawa acrylamides sebagai pemicu kanker. Lebih baik diolah dengan direbus dan dikukus.

Aneka kue-kue

Makanan yang dibuat dari campuran tepung, mentega dan gula. Tak hanya mengandung lemak jenuh, juga mengandung kalori tinggi dan nutrisinya rendah. Makan kue malah membuat lapar, dan akhirnya makan lebih banyak.

kalaupun ingin makan manis, pilih saja cokelat hitam yang aman untuk diet kita. Jadi semakin tinggi kadar cokelat, maka memang semakin baik kandungan nutrisinya untuk tubuh. Bahkan cokelat hitam memiliki antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan coklat susu.

Ice cream

Yang satu ini memang menggoda, namun ada kandungan kalori dan gula yang sangat tinggi. Itulah bahayanya, rasanya yang lezat membuat kita ingin mengonsumsinya lagi dan lagi. Boleh mengonsumsi es krim, tapi buat dengan bahan yang sehat, misalnya buah dan yogurt.

Setangkup roti putih

Sarapan dengan menyantap roti putih dengan selai sangat mudah dan mengenyangkan. Namun jika sedang diet, maka disarankan mengganti menu sarapan ini dengan oats saja. Sebab dalam sebuah studi ditemukan bahwa setangkup roti bisa meningkatkan risiko kenaikan berat badan sampai 40 persen.

Aneka minuman dalam kemasan

Berbagai minuman dalam kemasan kandudngan kalorinya tinggi. Apabila dikonsumsi berlebihan, maka minuman manis dapat berdampak buruk pada kesehatan dan obesitas. Adapun minuman dalam kemasan ini misalnya minuman berenergi, soda, minuman isotonik, teh dalam kemasan dan kopi kalengan.

Ketahuilah bahwa makanan dengan label rendah lemak atau bebas lemak tidak selalu sehat. Karena tambahan gula memang diperlukan supaya meningkatkan kelezatan akibat lemak yang dihilangkan itu.

Demikian adalah makanan yang dihindari saat diet, hindari juga produk daging olahan ya, karena pakai lemak tambahan dan gula.

Leave a Reply

Your email address will not be published.